Panglima TNI: Islamic State Bangun Basis di 16 Daerah di Indonesia - CakTekno

Panglima TNI: Islamic State Bangun Basis di 16 Daerah di Indonesia

 

Islamic State Bangun Basis di 16 Daerah di IndonesiaPanglima TNI mengatakan bahwa sebanyak 16 lokasi di Indonesia diindikasikan menjadi basis sel-sel Islamic State (IS).

“Ini hanya masalah waktu saja,” kata komandan militer Indonesia Jenderal Gatot Nurmantyo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Menurutnya, potensi risiko IS yang membangun kekuatannya di Indonesia akan semakin tinggi jika pintu masuk Marawi, Filipina, tidak ditutup. Gatot mengungkapkan bahwa TNI telah melakukan patroli dan menutup saluran ke pulau-pulau yang dekat perbatasan, seperti Pulau Marore dan Pulau Mianggas.

“Kami menutup rute pelarian ke Tarakan dan Bitung via Marore, Mianggas, Tahuna dan Talaud. Kami juga menutup rute ke Maluku Utara, “tambahnya.

Panglima TNI menjelaskan bahwa pihaknya juga telah mengerahkan kapal selam untuk menahan IS di teluk.

Gatot mengatakan bahwa dia telah mengeluarkan sebuah peringatan yang mengatakan bahwa IS sedang membangun pangkalan di Asia Tenggara dan Filipina Selatan. Dia mengungkapkan rasa syukur bahwa Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersedia mengesampingkan isu hak asasi manusia untuk melindungi warga dari serangan teror.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan bahwa pemerintah Indonesia akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Malaysia dan Filipina pada tanggal 19 Juni di Tarakan, Kalimantan Utara, untuk membahas langkah-langkah untuk mencegah IS memasuki Asia Tenggara.

Facebook Comments