PBB Mendukung Indonesia untuk Brantas Illegal Fishing - CakTekno

PBB Mendukung Indonesia untuk Brantas Illegal Fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menunggu detik-detik peledakan kapal nelayan asal Thailand di Selat Dempo, Kepri, Senin (9/2). Kapal bersama 12 nelayan asing itu ditangkap oleh Kapal Patroli (KP) Hiu 009 Bakorkamla saat menangkap ikan dengan jaring pukat harimau (trawl) di perairan Tambelan, Kepri bulan November 2014 lalu . ANTARA FOTO/Joko Sulistyo/ed/ama/15

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti mendesak anggota negara PBB untuk memasukkan praktik penangkapan ikan ilegal sebagai kejahatan terorganisir transnasional. Dia mengatakan halo tersebut di konferensi Persatuan Bangsa-Bangsa.

“Kita harus mengakui bahwa penangkapan ikan ilegal yang tidak dilaporkan dan tidak diatur (IUU) terkait dengan kejahatan transnasional yang terorganisir. Ini biasanya didukung oleh kelompok yang terorganisir, “kata Susi Kamis 15 Juni.

Dia berpendapat bahwa Indonesia telah menjadi saksi beberapa pelanggaran hak asasi manusia seperti kasus perdagangan manusia, perbudakan anak, hingga pelanggaran fisik dan seksual yang terjadi di kapal nelayan.

Menteri Susi mengingatkan agar anggota PBB tidak membiarkan praktik penangkapan ikan ilegal dilakukan dengan bebas di seluruh dunia. Praktik tersebut tidak hanya secara signifikan mengurangi pasokan ikan global, namun juga menunjukkan ancaman nyata kepunahan laut, katanya.

Presiden Majelis Umum PBB Peter Thompson mendukung seruan Susi. “Kami mencoba yang terbaik melalui konferensi laut (UN) ini, namun keputusan ini juga bergantung pada dukungan semua orang.”

Norwegia dan Interpol juga mendukung seruan Menteri Susi untuk memberantas penangkapan ikan secara ilegal.

Facebook Comments