KPK Mengambil Sikap Resmi atas Hak Penyelidikan - CakTekno

KPK Mengambil Sikap Resmi atas Hak Penyelidikan

kpk

Jakarta – Kepala Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan, pihaknya akan mengeluarkan keputusan resmi mengenai hak penyelenggara panitia penyelenggara dalam waktu dekat. KPK sebelumnya telah menerima masukan dari ahli hukum konstitusional mengenai masalah ini.

“Kami akan memeriksa situasi, besok pagi [hari ini] kami bertiga, pimpinannya, telah sepakat untuk mengambil sikap.” Agus Rahardjo mengatakan kepada Tempo kemarin setelah berbagi makanan cepat saji dengan Komisi Hukum DPR di Jakarta.

Baca juga: Rizieq Syihab dan Amien Rais Bertemu di Arab Saudi

Agus menjelaskan bahwa, mengikuti masukan dari para ahli, pimpinan KPK akan mengadakan pembicaraan apakah akan menghadiri pertemuan dengan panitia khusus atas undangan.

Panitia khusus untuk hak penyelidikan terhadap KPK telah diluncurkan dan pertemuan telah diadakan. Pada pertemuan terakhir kemarin, panitia telah merencanakan untuk memanggil saksi kasus cicilan kartu identitas elektronik (e-KTP) bernama Miryam S. Haryani.

Menurut Agus Raharjo, panggilan tidak perlu dilakukan. Dia menyarankan agar panitia menunggu proses persidangan untuk mendengarkan rekaman interogasi mengenai intimidasi terhadap Miryam yang diduga dilakukan oleh anggota Komisi Hukum DPR.

Panitia khusus memandang bahwa pernyataan Miryam akan dibutuhkan sebagai kesaksian pendahuluan. Menurutnya, pernyataan Miryam yang disampaikan ke KPK adalah alasan di balik usulan hak penyelidikan. Dalam pertanyaannya sebagai saksi dalam kasus korupsi e-KTP, Miryam mengklaim bahwa dia diintimidasi oleh enam anggota keluarganya. Dia kemudian membantah kesaksiannya meski bersaksi di bawah sumpah sebagai tersangka.

Hak ketua panitia khusus penyelidikan Agun Gunanjar mengatakan bahwa penyelidikan tersebut tidak hanya akan mempertanyakan rekaman interogasi. Ini juga akan menyelidiki dugaan penyimpangan anggaran berdasarkan laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Facebook Comments