ISIS Kuasai Tora Bora di Afghanistan - CakTekno

ISIS Kuasai Tora Bora di Afghanistan

ISIS Kuasai Tora Bora di AfghanistanJalalabad, Afghanistan. ISIS, yang mendapat tekanan dari pasukan Afghanistan dan AS, telah merebut benteng baru di Tora Bora, daerah pegunungan yang dikelilingi gua-gua di sepanjang perbatasan Afghanistan dengan Pakistan, kata beberapa pejabat pada hari Kamis (15/06).

Wilayah terpencil di provinsi Nangarhar paling terkenal digunakan oleh pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden pada akhir 2001, dalam upaya untuk melawan pasukan AS dan sekutu Afghanistan yang menggulingkan rezim Taliban.

Sekarang pejabat Afghanistan mengatakan militan ISIS telah menangkap kompleks gua di Tora Bora, setelah beberapa hari pertempuran melawan Taliban yang telah berbasis di sana.

“Daerah di sekitar Tora Bora adalah benteng Taliban, tapi sekarang gerilyawan Daesh menguasai mereka saat berperang,” komandan polisi di daerah tersebut, Shah Wali, mengatakan kepada Reuters, dengan menggunakan istilah Arab untuk ISIS.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengakui bahwa pasukan ISIS berhasil menguasai beberapa desa, namun dia membantah telah merebut Tora Bora.

Jenderal John Nicholson, komandan tertinggi AS di Afghanistan, telah berjanji untuk mengalahkan ISIS di sana tahun ini, dan pada bulan April menggunakan salah satu bom konvensional terbesar yang pernah dijatuhkan dalam pertempuran untuk menargetkan kompleks gua yang digunakan oleh ISIS di distrik terdekat Achin .

“Setelah Achin, Daesh mencari benteng kedua dan sekarang mereka memilikinya,” kata Wali.

Abu Omar Khorasani, seorang komandan negara Islam di Afghanistan, mengatakan kepada Reuters bahwa pejuangnya telah menguasai Tora Bora dan juga memerangi tentara pemerintah, yang didukung oleh pasukan darat dan pesawat AS.

“Kami berada di Tora Bora tapi ini bukan akhir,” kata Khorasani. “Rencananya adalah untuk mengambil lebih banyak wilayah dari pemerintah dan Taliban.”

Pejabat komando militer AS di Kabul mengatakan bahwa pasukan ISIS “dalam pelarian” dan “berusaha untuk berlindung” di wilayah Tora Bora.

“Tidak peduli di mana mereka berada, tidak ada tempat yang aman bagi mereka di Afghanistan,” kata pejabat tersebut dalam sebuah pernyataan. “Kami akan terus membasmi ISIS di Afghanistan tahun ini dan mengakhiri kampanye barbar tentang kematian, penyiksaan dan kekerasan terhadap orang-orang Afghanistan.”

Pasukan pemerintah telah meluncurkan operasi baru yang menargetkan ISIS, namun lebih banyak pejuang sedang direkrut atau menyeberangi perbatasan dari Pakistan, kata Attahullah Khogyani, juru bicara kantor gubernur Nangarhar.

Facebook Comments