8 Makanan Kaya Vitamin D - CakTekno

8 Makanan Kaya Vitamin D

8 Makanan Kaya Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin penting yang larut dalam lemak yang jarang tersedia. Ini lebih dari sekedar vitamin dengan membantu penyerapan vitamin dan mineral lain seperti kalsium, besi, fosfat, seng dan magnesium dari usus. Vitamin D bertindak sebagai hormon pro kadang-kadang dan membantu dalam menjaga keseimbangan hormon dan mengatur sistem kekebalan tubuh kita dengan meningkatkan multiplikasi sel. Vitamin D memiliki berbagai sub kelas seperti vitamin D1, D2, D3, D4 dan D5, di mana D2 (ergocalciferol) dan D3 (cholecalciferol) paling penting pada manusia. Vitamin ini bisa ditambah dengan diet atau obat-obatan. Tapi hanya sedikit makanan yang kaya akan vitamin ini. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan osteomalacia (pelunakan tulang) pada orang dewasa, rakhitis pada anak-anak, melemahkan mekanisme kekebalan tubuh, depresi, penyakit auto immune (asma), penyakit kulit dan kanker.

Baca Juga 6 Tips untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah memberi nilai harian vitamin D 400 IU / hari. Untuk meningkatkan kadar vitamin D dan menghindari banyak kekurangan, kita harus tahu tentang sumber yang kaya akan vitamin D dan untuk meningkatkan makanan ini dalam makanan sehari-hari. Meskipun obat dan suntikan vitamin D tersedia, sangat penting untuk memperbaiki sumber makanan Anda untuk menghindari komplikasi dan efek samping yang tidak perlu.

8 Makanan Kaya Tinggi Vitamin D

Makanan Kaya Yang Tinggi Dari Vitamin D Adalah Sebagai berikut:

1. Salmon (ikan berlemak / berminyak)
Salmon adalah sumber vitamin D yang sangat baik. 100 gram salmon setiap hari memberi sekitar 522 IU, yang lebih banyak dari KEbutuhan Harian.  Hal ini juga kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E. Baik salmon liar maupun salmon organik kaya akan vitamin D. Ini dapat dikonsumsi sebagai salmon asap, kaleng, salmon panggang

2. Minyak Hati Ikan

Minyak Hati Ikan juga merupakan sumber vitamin D. 1 sendok teh (4,5 g) minyak hati dapat memberi Anda sekitar 440- 450 IU yang lebih banyak dari kebutuhan Harian. Tersedia dalam bentuk tablet juga.
3. Sarden
Ikan kaleng seperti ikan sarden dan tuna juga merupakan sumber vitamin D yang baik 100 g ikan sarden dapat meningkatkan  IU vitamin (41% kebutuhan Harian) Setiap 100 g tuna memberi Anda sekitar 269 IU (57% dari kebutuhan Harian).

4. Produk Makanan Susu
Vitamin D susu dan produk susu yang diperkaya, minyak goreng, susu kedelai, jus dan sereal dapat memberi Anda kandungan vitamin D yang tinggi. Beberapa negara memberikan produk yang diperkaya Vitamin D kepada masyarakat. Di A.S., susu komersial diperkaya vitamin D. Empat ons susu yang diperkaya bisa memberi Anda sekitar 62 IU vitamin D.

5. Telur
Asupan harian satu telur rebus (terutama kuning telur) memberi Anda sekitar 10% dari Kebutuhan Harian.
6. Jamur

Jamur memberi Anda kandungan vitamin D tinggi. Hanya mungkin jika jamur terkena sinar matahari saat kultivasi. Sejumlah besar jamur dalam makanan Anda akan menambahkan 5% untuk Kebutuhan Harian Anda dari vitamin D.

7. Hati sapi
Vitamin D tinggi dalam daging babi tapi Anda harus berhati-hati dengan kolesterol. Sekitar 100 gram hati sapi dapat meningkatkan 49 IU vitamin D.

8. Keju

Keju Ricotta memberi Anda lebih banyak vitamin D. Terutama keju Ricotta memberi Anda 2% kandungan vitamin D. Dengan demikian vitamin D dapat ditingkatkan dengan diet teratur dengan makanan yang disebutkan di atas. Di Amerika Serikat, tingkat asupan vitamin D yang lebih tinggi pada orang dewasa adalah 4.000 IU per hari. Overdosis vitamin D (toksisitas vitamin D) sangat jarang terjadi tapi hati-hati. Anda bisa mengenali ini dengan tanda dan gejala sebagai nafsu makan meningkat, kurang minat pada makanan, merasa mual, muntah, meningkatkan output urin, merasa sangat lemah, tidak bisa tidur dan merasa gugup. Overdosis ini dapat diidentifikasi dengan meningkatnya kadar kalsium dalam darah sehingga menyebabkan gagal ginjal.

Facebook Comments