KPAI Tak Setuju Adanya Full-Day School - CakTekno

KPAI Tak Setuju Adanya Full-Day School

Full-Day SchoolJakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepala Asrorun Ni’am Sholeh telah mendesak pemerintah untuk merevisi atau mencabut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23/2017 tentang Hari Sekolah, yang lebih dikenal sebagai kebijakan sekolah sehari penuh (full-day school).

Dia mengklaim bahwa peraturan tersebut menimbulkan potensi masalah saat diterapkan.

“KPAI telah memeriksa peraturan tersebut secara ketat dan kami akan mengajukan judicial review ke Mahkamah Agung,” kata Asrorun di Jakarta, Sabtu (17/6).

Masalahnya, Asrorun menjelaskan, peraturan tersebut tidak secara jelas menyajikan sekolah atau siswa dengan pilihan untuk menerapkan pendidikan karakter. Ia percaya bahwa paradigma kebijakan ini cenderung menguntungkan daerah perkotaan.

“Keterlibatan masyarakat minimal,” tambahnya.

Menanggapi KPAI, juru bicara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ari Santoso mengatakan bahwa kementerian tersebut akan melaksanakan rekomendasi dari Komisi Pendidikan DPR. Berdasarkan hasil pertemuan dengan Komisi X, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dituntut untuk mengkaji peraturan tersebut.

“Kami akan meninjau ulang peraturan lebih lanjut. Ada banyak kemungkinan,” kata Ari.

Ari menjelaskan bahwa Kementerian Pendidikan dan Agama akan merumuskan panduan teknis pelaksanaan peraturan tersebut. Kementerian Pendidikan, lanjutnya, terbuka untuk saran dalam perumusan panduan teknis.

Facebook Comments