30 Manfaat Vitamin B Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan - CakTekno

30 Manfaat Vitamin B Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

Manfaat Vitamin B

Vitamin dibutuhkan untuk berfungsinya tubuh manusia dengan baik. Meskipun Vitamin B dibutuhkan dalam jumlah sangat kecil, kekurangan Vitamin sangat mencerminkan kesehatan kita! Tubuh kita tidak mampu memproduksi vitamin sendiri, oleh karena itu kita perlu bergantung pada sumber eksternal untuk memastikan kebutuhan terpenuhi. Disini kita membahas manfaat vitamin b terbaik dan masih banyak lagi.

Vitamin B sebelumnya dianggap hanya satu vitamin saja. Tapi kemudian ditemukan bahwa ini adalah vitamin yang berbeda secara kimiawi yang hidup berdampingan dalam sumber makanan yang sama. Vitamin berbeda yang ada bersama adalah:

Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin B2 (riboflavin)
Vitamin B3 (niasin)
Vitamin B5 (asam pantotenat)
Vitamin B6 (piridoksin dan piridoksamin)
Vitamin B7 (biotin)
Vitamin B9 (folat atau asam folat)
Vitamin B12 (cobalamin)

Vitamin B dibutuhkan untuk berfungsinya hampir setiap proses yang terjadi di tubuh kita. Ini sangat penting untuk metabolisme, sistem saraf, organ vital, mata, otot, kulit dan rambut. Tubuh kita menggunakan energi yang berbeda yang menghasilkan sumber makanan seperti karbohidrat, lemak dan protein untuk bahan bakar. Vitamin B membantu tubuh memanfaatkan bahan bakar itu. Mereka memainkan peran utama dalam aktivitas enzim dan protein yang mengatur reaksi kimia di dalam tubuh, yang penting untuk mengubah makanan menjadi energi. Tubuh kita, bagaimanapun, memiliki kapasitas penyimpanan vitamin B yang terbatas, sehingga konsumsi Vitamin B sangat tinggi diperlukan untuk berfungsinya proses tubuh. Kekurangan vitamin B seringkali dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan sebagai reaksi berantai.

Sumber Vitamin B:

Vitamin B larut dalam air dan halus dan mudah rusak terutama dengan alkohol dan proses memasak. Pengolahan makanan juga mengurangi kandungan Vitamin B dalam makanan seperti yang kita lihat dalam roti olahan jika dibandingkan dengan rekan gandum.

  • Ikan: Kandungan vitamin B tertinggi ditemukan pada ikan. Salmon, trout, tuna dan cod adalah beberapa varietas yang mengandung sejumlah besar vitamin B.
  • Daging: Domba, daging sapi, unggas, telur dan makanan olahan susu juga mengandung kandungan Vitamin B.
  • Sayuran: Buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan tertentu adalah sumber vitamin B yang baik. Alpukat, buah delima, kurma, semangka, dan beberapa buah beri mengandung vitamin B kompleks. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kentang, dan squash juga mengandung jumlah yang signifikan. Kacang polong seperti kacang kedelai, kacang merah dan kacang lentil juga mengandung vitamin B dalam jumlah yang banyak.

Sebuah. Tiamin membantu mengubah glukosa menjadi energi dan memiliki peran penting dalam fungsi syaraf. Biji gandum gandum biji-bijian, kacang polong, kuman gandum, kacang, ragi dan babi mengandung sejumlah besar tiamin.
B. Riboflavin terlibat dalam produksi energi dan membantu memperbaiki penglihatan. Ini juga memperbaiki kesehatan kulit. Produk susu seperti susu, yogurt, keju cottage, roti gandum, sereal, telur, sayuran berdaun hijau, daging, hati dan ginjal mengandung jumlah riboflavin tertinggi.

C. Niacin membantu mengisolasi karbohidrat, lemak dan alkohol menjadi energi. Ini membantu dalam menjaga kulit dan alat bantu dalam fungsi sistem pencernaan dan saraf. Sumber Niacin yang baik adalah daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, jamur dan semua protein yang mengandung makanan.

D. Asam pantoten diperlukan untuk memobilisasi karbohidrat, protein, lemak dan alkohol dan membantu menghasilkan sel darah merah dan hormon steroid. Asam pantotenat ditemukan dalam berbagai macam makanan seperti hati, susu, ginjal, telur. Daging, ragi, kacang polong dan kacang tanah.

E. Biotin juga dibutuhkan untuk metabolisme energi seiring dengan sintesis asam amino, glikogen dan glikogen. Kembang kol, kuning telur. Kacang tanah, hati, ayam dan ragi mengandung asam pantotenat dalam jumlah tinggi.

F. Pyridoxine dibutuhkan untuk metabolisme protein dan karbohidrat seiring dengan terbentuknya sel darah merah dan bahan kimia otak tertentu. Oleh karena itu, membantu perkembangan otak dan mempertahankan aktivitas hormon steroid. Sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, Daging, ikan kerang, kacang-kacangan, hati dan buah-buahan memiliki kadar Pyridoxine yang tinggi.

G. Folat juga dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke organ berbeda di tubuh. Hal ini juga diperlukan dalam pengembangan sistem saraf janin. Wanita hamil membutuhkan jumlah folat dalam makanan mereka. Asam folat banyak digunakan dalam bentuk suplemen dan fortifikasi makanan. Sumber folat yang baik adalah sayuran berdaun hijau, kacang polong, biji, hati, sereal dan makanan sitrus. Sebenarnya tepung yang digunakan dalam pembuatan roti juga diperkaya dengan asam folat.

Dosis biasa untuk orang dewasa adalah sekitar 100mg untuk Vitamin B dan 100mcg utama untuk vitamin B kecil. Anak-anak harus mengkonsumsi sekitar 2/3 dari dosis yang disebutkan di atas dan anak-anak di bawah 5 tahun harus menerima 1/3 dari dosis yang disebutkan di atas.

Facebook Comments