10 Makanan Yang Mengandung Banyak Yodium - CakTekno

10 Makanan Yang Mengandung Banyak Yodium

makanan kaya yodium

Yodium adalah mineral yang sangat penting untuk fungsi tiroid yang tepat. Hal ini juga penting untuk produksi hormon tiroid yang membantu pertumbuhan dan metabolisme. Kekurangan yodium dapat menyebabkan keterbelakangan mental, gangguan mental dan fisik pada orang dewasa, dan peningkatan risiko kanker tiroid, penyakit payudara fibrokistik, kelambatan mental, kolesterol tinggi, kelesuan, kelelahan, depresi, penambahan berat badan, dan gondok (pembengkakan kelenjar tiroid pada leher).

Baca Juga 10 Makanan Kaya Asam Lemak Omega 3

Jadi kita harus memastikan bahwa kita mengkonsumsi makanan kaya yodium dalam jumlah yang cukup. Sumber makanan terbesar yang kaya akan yodium ditemukan di laut / laut.

10 Makanan Yang Mengandung Banyak Yodium

1. Seafood:

Samudra memiliki kelimpahan makanan yang kaya akan yodium. Berbagai jenis makanan laut seperti cod, udang, lobster, tiram, dll adalah sumber yodium yang baik. Yodium bahkan ditemukan di rumput laut, dulse, dilli, dan sea kelp dianggap sebagai sumber yodium terbaik di seluruh dunia.

2. Selada air:

Ini adalah salah satu sayuran berdaun tertua yang dikonsumsi manusia. Selain menyediakan banyak vitamin dan nutrisi kesehatan, ia juga memiliki yodium. Ini adalah sumber yodium yang paling terkenal untuk vegan.

3. Telur:

Telur merupakan sumber makanan yodium yang kaya. Mereka mudah didapat di rumah seseorang dan semua orang mencintai mereka.

4. Produk susu:

Ya, Anda tidak salah dengar? Produk susu seperti susu, buttermilk, paneer, curd, keju adalah sumber yodium yang sangat bagus. Makanan seperti telur dan daging hamburger juga merupakan sumber yodium yang baik. Keju Mozzarella adalah sumber yodium yang kaya.

4. Garam:

Sekarang-a-hari yodium ditambahkan ke dalam garam meja. Yodium dalam garam membantu mengatasi tiroid dan banyak masalah kesehatan lainnya. Tidak semua garam di pasaran beryodium; Lakukan pengecekan label kemasan garam untuk kandungan yodiumnya.

5. Sayuran:

Sayuran seperti artichoke, bayam, kedelai, lobak, kentang, kacang polong, kacang polong, kacang-kacangan, jagung, brokoli dan kembang kol dll mengandung yodium yang mereka ambil dari tanah. Kuantitas yodium dalam sayuran ini bergantung pada kandungan yodium tanah di daerah tersebut. Memasak sayuran ini tidak mengurangi jumlah yodium di dalamnya.

6. Buah-buahan:

Buah merupakan sumber yodium yang besar. Buah mengandung antioksidan, vitamin, mineral bersama dengan yodium, yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah yang termasuk yodium adalah stroberi, cranberry, ara, nanas, apel, kelapa, jeruk bali, kiwi, kelembak, mangga, kurma, aprikot, dll.

7. Rempah-rempah:

Beberapa rempah juga termasuk yodium. Makanya, pemakaiannya dalam makanan setiap hari bisa memberi yodium ke tubuh. Bumbu ini adalah kayu manis, lada hitam dan putih.

8. Herbal:

Ramuan tertentu juga mengandung yodium di dalamnya. Herbal seperti adas, hisop dll mengandung yodium.

9. Minuman:

Minuman seperti teh hitam, teh, kopi, bir; Anggur memiliki sejumlah kecil yodium yang ada di dalamnya. Meskipun mereka dapat memenuhi kebutuhan yodium dalam tubuh, mereka harus dikonsumsi dalam jumlah kecil karena kafein di dalamnya.
10. Garam Kristal Himalaya:

Garam ini juga dikenal sebagai garam abu-abu. Ini adalah sumber yodium yang sangat bagus.

Facebook Comments