27 Manfaat Tersembunyi Vitamin D Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan - CakTekno

27 Manfaat Tersembunyi Vitamin D Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

vitamin-d

Apa itu Vitamin D?

Vitamin D adalah kelompok steroid yang larut dalam lemak yang membantu penyerapan kalsium dan fosfat oleh usus.
Tidak seperti vitamin lainnya, kita tidak perlu mendapatkan vitamin D dari makanan. Sumber utama Vitamin D dibuat oleh tubuh kita sendiri dengan bantuan sinar matahari. Tubuh kita bisa mensintesis vitamin D dengan paparan sinar matahari yang cukup.
Orang yang terpapar sinar matahari dalam jumlah normal tidak memerlukan suplemen vitamin D karena sinar matahari meningkatkan sintesis Vitamin D dalam tubuh.

  • Vitamin D1 adalah senyawa molekul ergocalciferol dengan lumisterol.
  • Vitamin D2 terbuat dari ergosterol. Ini diproduksi di invertebrata, jamur, dan tumbuhan sebagai respons terhadap sinar matahari. Manusia dan vertebrata lainnya tidak menghasilkan vitamin D2.
  • Vitamin D3 dibuat di kulit saat 7 dehyrocholestrol bereaksi dengan sinar ultra violet. Seorang pria membutuhkan 10 sampai 15 menit paparan sinar matahari setidaknya dua kali seminggu pada wajah, lengan dan punggung tanpa tabir surya dengan indeks UV lebih dari 3 untuk sintesis vitamin D3 dalam jumlah yang cukup.
  • Vitamin D4 dihydroegocalciferol.
  • Vitamin D5 terdiri dari 7 dehidositosterol.

Dari semua vitamin D2 dan D3 ini yang terpenting. Meski Vitamin D biasa disebut Vitamin, pada dasarnya bukan vitamin makanan karena bisa disintesis dalam jumlah yang cukup oleh kebanyakan mamalia, kecuali kucing dan anjing. Senyawa organik hanya bisa disebut Vitamin jika tidak dapat disintesis dalam porsi yang cukup dan harus diperoleh dari makanannya. Sebelum masuk ke manfaat vitamin d, lihatlah sumber dan kekurangannya yang terbaik.

Baca Juga  10 Makanan Yang Bisa Meningkatkan Tinggi Badan Dengan Cepat

Selain itu, dokter mungkin menyarankan suplemen rutin untuk orang-orang dengan penyakit usus, ginjal dan hati tertentu dan memberi resep obat-obatan tertentu untuk orang-orang dengan kulit yang lebih gelap.

27 Manfaat Vitamin D

Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk kulit, rambut dan kesehatan. Manfaat vitamin D meliputi:

Manfaat Vitamin D Untuk Kesehatan:

Berikut adalah beberapa manfaat mengkonsumsi vitamin d.

  1. Vitamin D membantu usus menyerap nutrisi, kalsium dan fosfor. Ini memastikan tulang kuat dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.
  2. Vitamin D mencegah osteomalacia, yang menyebabkan kelemahan pada sistem otot dan tulang rapuh. Hal ini sebagian besar terjadi pada orang dewasa dengan kekurangan vitamin D.
  3. Vitamin D menyediakan keseimbangan kalsium dalam tubuh dan mencegah artritis.
  4. Vitamin D mengatur tekanan darah dan mengurangi stres dan ketegangan. Ini juga mengurangi nyeri tubuh dan nyeri dengan mengurangi kejang otot. Ini juga mengurangi infeksi saluran pernafasan.
  5. Vitamin D juga membantu membedakan sel-sel, membantu sekresi insulin dan membantu melawan depresi.
  6. Vitamin D dianjurkan dalam pengobatan beberapa penyakit. Ini bisa mencegah preeklampsia dengan memperbaiki fungsi ginjal.
  7. Vitamin D juga mencegah kanker dengan mengendalikan perkembangbiakan abnormal kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan tingkat vitamin D rendah memiliki risiko pengembangan kanker secara signifikan lebih rendah, dibandingkan dengan orang dengan tingkat vitamin D yang memadai.
  8. Vitamin D mengoptimalkan kemampuan tubuh kita menyerap nutrisi penurun berat badan penting lainnya, terutama kalsium. Jika tubuh kita kekurangan kalsium, hal itu dapat menyebabkan peningkatan sintesis asam lemak hingga 5 kali lipat, enzim yang mengubah kalori menjadi lemak. Dengan menggerakkan tubuh kita dengan nutrisi kaya vitamin D, Anda berpotensi menurunkan berat badan hingga 60%.
  9. Vitamin D adalah cara penting untuk mempersenjatai sistem kekebalan tubuh melawan kelainan seperti flu dan flu.
  10. Vitamin D juga meningkatkan penglihatan anak. Beberapa jam di luar rumah akan membantu bola mata tumbuh untuk berkembang dengan benar dan akan mencegah rabun jauh.
  11. Vitamin D juga mengurangi risiko pengembangan sklerosis. Multiple sclerosis jauh kurang umum di dekat daerah tropis dimana ada banyak sinar matahari.
  12. Vitamin D membuat otak tetap aktif bahkan pada tahap kehidupan selanjutnya. Ini juga membantu menjaga berat badan.
  13. Vitamin D mengurangi tingkat keparahan dan frekuensi gejala asma
  14. Bentuk vitamin D memberikan perlindungan terhadap kerusakan akibat radiasi tingkat rendah.
  15. Dosis tinggi Vitamin D juga membantu orang untuk pulih dari Tuberkulosis secepat mungkin.
  16. Vitamin D juga membantu meningkatkan ketajaman mental. Orang yang memiliki makanan dengan kandungan vitamin D tinggi memiliki kemampuan pemrosesan informasi dan memori yang superior daripada mereka yang memiliki tingkat vitamin matahari lebih rendah
  17. Tingkat vitamin D yang rendah dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan kematian dini.

Manfaat Vitamin D Untuk Kulit:

Keadaan kulit Anda merupakan indikasi kesehatan Anda. Vitamin D tidak hanya menawarkan berbagai manfaat kesehatan namun juga bermanfaat bagi kulit.

18. Vitamin D2 dan Vitamin D3 paling bermanfaat untuk kesehatan kulit.

19. Vitamin D Cream atau suplemen bisa efektif untuk pengobatan psoriasis. 20. Vitamin D juga memperbaiki kerusakan kulit mencegah infeksi yang mungkin disebabkan karena luka kulit dan meremajakan kulit.

21. Salah satu kegunaan vitamin D yang paling terkenal dalam hal kulit adalah pengobatan psoriasis. Gejala psoriasis meliputi kulit gatal dan keriput, yang dapat disembuhkan dengan aplikasi krim Vitamin D topikal atau dengan memberi suplemen vitamin D.

22. Vitamin D3 mengandung sifat anti-inflamasi yang kuat yang membuatnya efektif untuk mengobati luka bakar, luka kulit, kerusakan kulit dan stretch mark. Jadi, vitamin D banyak ditambahkan pada krim dan losion untuk sifat anti-inflamasinya.

23. Kandungan anti-oksidan dalam Vitamin D mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini pada kulit saat dikonsumsi melalui suplemen atau disertakan dalam makanan. Paparan kulit yang adekuat juga bisa memberikan kelegaan dari gejala tersebut

24. Ilmuwan berpandangan bahwa Vitamin D yang diserap melalui paparan sinar matahari yang terbatas dapat mencegah kerusakan kulit dan sengatan sinar matahari dengan memperkuat kulit. Penentang teori ini berpendapat bahwa kelebihan paparan sinar matahari cenderung menjadi penyebab utama kebanyakan kanker kulit. Masalah ini telah menyebabkan perselisihan besar dalam komunitas ilmiah. Jadi kebanyakan profesional medis menyarankan orang untuk membatasi paparan sinar matahari dan mengonsumsi suplemen vitamin D untuk mencegah kekurangan vitamin D.

Vitamin D juga membantu mengobati eksim dan merupakan penyelamat potensial penderita rosacea. Enzim di kulit penderita rosacea dapat menyebabkan mereka menghasilkan peptida antimikroba dalam bentuk abnormal.

Baca Juga 10 Makanan yang Membantu Anak-anak Tumbuh Lebih Tinggi

Manfaat Vitamin D Untuk Rambut:

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pertumbuhan rambut yang kuat dan tebal adalah dengan menyertakan makanan kaya vitamin D dalam makanan Anda. Manfaat vitamin d untuk rambut adalah sebagai berikut:

26. Kurangnya vitamin D juga bisa menyebabkan rambut rontok. Vitamin D ditemukan di folikel rambut sehat dan umumnya kurang folikel tidak sehat. Vitamin mengurangi stres, dan depresi sering dikaitkan dengan rambut rontok dan berbagai masalah lainnya. Itu selalu baik untuk mengurangi stres dan menjalani hidup bahagia.

27. Vitamin D juga merupakan pendahulu siklus pertumbuhan rambut. Vitamin D bekerja pada keratinosit untuk memulai siklus folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. 28. Vitamin D diubah menjadi calcidiol bila ada di hati. Hal ini selanjutnya akan dikonversi oleh calcitriol ginjal yang merupakan bentuk vitamin D. aktif mengatur apoptosis seluler yang membantu mengatur siklus folikel rambut. Secara teknis, siklus folikel rambut beralih dari:

  • Anagen
  • Catagen
  • Telogen

Ada juga reseptor vitamin D pada folikel rambut. Banyak proses yang berbeda terlibat dalam pembentukan rambut baru dari folikel dan Vitamin D memainkan peran utama. Reseptor vitamin D pada folikel rambut harus diumpankan pada fase pertumbuhan

Facebook Comments