10 Makanan Kaya Karbohidrat Yang Aman Untuk Diet Anda - CakTekno

10 Makanan Kaya Karbohidrat Yang Aman Untuk Diet Anda

sumber-karbohidratKarbohidrat adalah sumber energi utama tubuh dan terutama diperoleh dari tanaman dan produk susu. Ada tiga jenis karbohidrat – pati, gula dan serat.
Pati terbuat dari rantai gula kecil. Rantai ini rusak untuk memberi energi. Setiap gram pati mengandung 4 kalori. Gula adalah karbohidrat sederhana yang bisa dengan mudah dicerna oleh tubuh. Serat tidak menyediakan kalori karena tubuh kita tidak merusak serat selama pencernaan.

Baca Juga 10 Buah Yang Dapat Mencegah dan Dapat Dimakan Oleh Penderita Diabetes

Makanan yang mengandung gula tingkat tinggi adalah permen, jeli, soda, kue dan buah-buahan. Makanan yang mengandung pati meliputi mie, roti, biji-bijian dan sayuran. Mengkonsumsi sehat, karbohidrat serat tinggi secukupnya akan membantu kita menjaga berat badan yang sehat. Tapi mengkonsumsi terlalu banyak kalori bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan tekanan darah tinggi, terutama orang yang menderita diabetes.

Kebanyakan orang memilih diet rendah karbohidrat untuk menurunkan berat badan. Tapi asupan makanan karbohidrat kita harus seimbang karena bisa berbahaya bagi tubuh. Setiap gram karbohidrat mengandung 3,75 kilokalori. Tubuh kita membutuhkan 40 sampai 60% kalori dari karbohidrat dan apapun yang lebih rendah dari ini tidak sehat. Tunjangan harian yang disarankan untuk karbohidrat adalah 130 gram untuk orang dewasa. Jadi, sekarang mari kita tahu apa makanan yang karbohidrat di detail disini.

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Aman Untuk Diet:

Berikut adalah daftar contoh makanan berkarbohidrat.

1. Kentang:

Kentang juga mengandung karbohidrat dalam jumlah baik dalam bentuk pati. 1 cangkir sajian kentang rebus mengandung 31 gram karbohidrat dan secangkir kentang tumbuk termasuk 36 gram karbohidrat. Hash browns memiliki jumlah karbohidrat tertinggi dengan 35% sedangkan kentang goreng mengandung 27% karbohidrat. Kentang juga kaya potassium. Satu kentang berukuran sedang hanya memiliki 110 kalori dan benar-benar bebas dari sodium, kolesterol dan lemak yang membuat mereka benar-benar tidak dapat disangkal untuk diet apapun. Mereka juga mengandung Vitamin C, Vitamin B6, serat dan zat besi.

2. Biji-bijian utuh:

Biji-bijian utuh merupakan sumber yang sangat baik untuk karbohidrat kompleks dan serat makanan. Hampir setiap butir mengandung karbohidrat kompleks tingkat tinggi dan setiap butir mengandung dedak dan endosperma yang memberi nutrisi dan komponen lain yang berbeda yang berkontribusi terhadap kesehatan. Beberapa butir yang mengandung karbohidrat meliputi nasi, jagung, gandum, jelai, gandum dan soba. Beras merah mengandung 38 mg karbohidrat per porsi. Karas beras tidak hanya memberi tubuh kita energi yang meningkatkan karbohidrat namun juga mengandung serat dalam jumlah yang baik yang membantu pencernaan. Biji-bijian utuh memiliki jumlah yang sama dan terkadang lebih banyak bahan kimia melawan penyakit daripada banyak buah dan sayuran khas. Gandum utuh meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu pengelolaan berat badan.

3. Buah Jeruk:

Telah diketahui dengan baik bahwa produk sitrus adalah sumber vitamin, mineral dan serat makanan yang baik, yang berkontribusi terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan gizi tubuh yang sehat. Energi utama yang menghasilkan nutrisi pada buah sitrus adalah karbohidrat. Jeruk mengandung karbohidrat sederhana, fruktosa, glukosa dan sukrosa serta asam sitrat yang memberi kita energi. Sebuah jeruk berukuran sedang mengandung 18,5 karbohidrat dan 2,7 gram serat. 151 gram jeruk mengandung 14 g karbohidrat.

4. Berries:

Berry manis dan berair kaya akan pigmen dan antioksidan alami antosianin. Berries seperti stroberi, blueberry dan blackberry juga mengandung sejumlah besar karbohidrat. Baik blackberry dan stroberi mengandung 14 gram karbohidrat sedangkan blueberry memiliki jumlah karbohidrat lebih tinggi dari 21 gram selama 1 cangkir. Buah ini juga membantu menyingkirkan oksigen berbahaya dari tubuh dan melindungi tubuh dari kanker dan infeksi lainnya.

5. Semangka:

Selain rasanya enak dan rendah kalori karena kandungan airnya yang tinggi, water melon adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yang merupakan antioksidan dan beta karoten utama sehingga memberi cukup banyak vitamin A yang mencegah katarak dan memperbaiki penglihatan mata. ½ cangkir semangka diola mengandung 5,5 gram karbohidrat dan memiliki indeks glisemik rata-rata 72.

6. Apel:

Apel lezat dan renyah adalah salah satu buah yang paling populer dan merupakan favorit pecinta kebugaran sadar kesehatan. Mereka juga mengandung sejumlah karbohidrat yang sehat. Satu apel mengandung 23 gram karbohidrat. Anda juga bisa minum jus apel jika Anda tidak banyak menyukai apel. Satu 8 oz Jus apel mengandung 30 gram karbohidrat. Ini juga mengandung fitonutrien dan antioksidan yang sangat diperlukan untuk kesehatan optimal.

Baca Juga 27 Manfaat Tersembunyi Vitamin D Untuk Kulit, Rambut dan Kesehatan

7. Kentang Manis:

Ubi jalar memberi kita banyak karbohidrat untuk memberi kita energi. Sebuah delapan ons ubi berisi 240 kalori dan 55 gram karbohidrat. Ubi manis rendah sodium, dan sangat rendah lemak jenuh dan kolesterol. Ini adalah sumber serat Diet yang baik, Vitamin B 5, Kalium, Vitamin A, vitamin C dan mangan.

9. Sereal:

Sereal adalah cara yang sehat untuk memulai hari tapi mengukur jumlahnya dan sadar akan kandungan karbohidrat. Sebagian besar sereal siap saji mengandung gula dalam jumlah cukup meskipun mereka mengklaim sebagai gandum utuh. Sereal ini mengandung 98% karbohidrat berbeda dengan serealia buatan sendiri seperti gandum atau gandum hitam yang mengandung 13-15% karbohidrat. Nutrisi lain dalam serealia meliputi serat, protein, seng, zat besi dan vitamin B. Oat adalah pilihan paling sehat saat sarapan pagi untuk memulai hari.

10. Buah kering:
Buah kering seperti kiwi, plum dan kurma mengandung sejumlah karbohidrat yang baik bersama dengan serat dan vitamin penting lainnya sehingga bisa digunakan secukupnya untuk memuaskan gigi manis Anda. Makanan kering seperti apel, plum, pisang adalah 88% karbohidrat sedangkan buah persik kering, aprikot dan kismis mengandung sekitar 75% jika karbohidrat. 1/4 cangkir kismis menyediakan 45 gram karbohidrat. Saat menambahkan karbohidrat pada makanan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan buah kering dalam salad, dan makanan penutup yang dipanggang.

Facebook Comments