10 Makanan Kaya Vitamin C Yang Harus Anda Tahu - CakTekno

10 Makanan Kaya Vitamin C Yang Harus Anda Tahu

Makanan Kaya Vitamin CApa itu vitamin c?

Vitamin C penting untuk pertumbuhan dan perkembangan normal tubuh manusia. Adalah penting bahwa kita memasukkan Vitamin C dalam makanan sehari-hari karena tubuh manusia tidak dapat menyimpannya. Sistem kami hanya menggunakan jumlah Vitamin C yang dibutuhkan setiap hari, menghilangkan sisanya melalui urine.

Vitamin C secara ilmiah dikenal sebagai asam askorbat adalah nutrisi penting yang melayani sejumlah fungsi penting dalam tubuh kita:

Baca Juga  10 Makanan Yang Banyak Mengandung Serotonin

Vitamin C membantu dalam produksi kolagen, diperlukan untuk kalsifikasi tulang, gigi dan jaringan lainnya.
Vitamin C juga membantu penyerapan Besi dari makanan berbasis tumbuhan, mencegah kerusakan sel dan mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis tertentu.
Vitamin C melindungi tubuh dari infeksi seperti batuk dan pilek, menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.
Cara Mengkonsumsi Vitamin C?

Vitamin ini merupakan nutrisi yang sangat sensitif yang bereaksi terhadap udara, air & suhu. Yang terbaik adalah mengonsumsi makanan kaya vitamin C dalam bentuk mentahnya. Merebus atau mengukus makanan ini, akan mengurangi kualitas hingga 25%.

Gagal dan beku sayuran dalam jangka waktu yang lama juga menyebabkan hilangnya vitamin C.
Memasak sayuran selama 20 sampai 30 menit peregangan dapat menyebabkan hilangnya setengah dari nutrisi layaknya.
Pemanasan ulang dan pengalengan menurunkan kandungan vitamin C pada tanggal 2/3.

Dosis diet yang disarankan untuk Vitamin C untuk pria adalah 90 mg per hari & 75 mg untuk wanita. Namun, ibu hamil dan menyusui membutuhkan 85 sampai 120 mg per hari.

10 Makanan Kaya Vitamin C Yang Harus Anda Tahu

Ada sejumlah buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dalam bentuk alami. Ini juga tersedia dalam bentuk suplemen seperti bubuk, campuran minuman, tablet, kapsul & kristal. Sementara tanaman umumnya merupakan sumber vitamin C yang baik, jumlah vitamin C di dalamnya bergantung pada asal, varietas, tanah dan kondisi iklim dimana tanaman tersebut ditanam.

Sumber vitamin C lainnya adalah hewan. Mereka biasanya mensintesis vitamin C. Vitamin C sendiri sangat terkonsentrasi di bagian hati. Beberapa makanan umum mengandung vitamin c tinggi:

1. Buah Jeruk:
Jeruk adalah salah satu buah jeruk yang paling dikenal dengan kandungan vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi. Satu jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C dan 62 kalori. Jeruk lebih disukai dalam bentuk jus mereka, karena mengandung 61 sampai 93 mg vitamin C dan 80 kalori. Ini adalah salah satu makanan vitamin C favorit kami.

2. Cabe:

Ada 3 varietas cabe yang kami temukan di pasaran: merah, hijau dan kuning.
Cabe hijau memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya. Mereka menyediakan 182% kebutuhan harian kami. Cabe juga merupakan sumber penting dari beberapa antioksidan dan mineral.

Cabe merah & kuning mengandung sekitar 65 mg vitamin C dan memberikan 102% kebutuhan sehari-hari.

3. Bell Peppers:

Paprika merah adalah salah satu sumber vitamin C yang baik. Secangkir paprika mentah mengandung 142 mg vitamin C dan hanya 20 kalori. Paprika merah yang dimasak mengandung 116 mg vitamin C per cangkir dengan hanya 15 kalori.

Paprika hijau diketahui memiliki jumlah maksimum vitamin C. Dimasak paprika hijau menyediakan 51 mg vitamin C.
4. Rosehips:

Rosehips dianggap sebagai salah satu makanan vitamin c teratas. Fresh rosehips mengandung 200 mg vitamin C per 100 gram porsi. Tanaman ini tidak bisa dikonsumsi dalam bentuknya yang belum dimasak. Seringkali ini tersedia sebagai suplemen dalam bentuk kapsul, bubuk dan sirup.

5. Amla:
Amla, juga dikenal sebagai Gooseberry India mengandung vitamin C tingkat tinggi. Memiliki 600 sampai 1800 mg vitamin C per 100 gram penyajian.

7. Berries:
Raspberry, Stroberi dan Blackberry adalah pembangkit tenaga gizi. Meledak dengan senyawa sehat seperti folat, serat dan fitokimia, kaya akan vitamin C juga.
Berries membantu memperbaiki ingatan dan melindungi tubuh kita dari penyakit kanker & jantung.
Stroberi membuat cemilan ideal dengan rasa tajam dan nilai gizi tinggi. Mereka lezat dan membuat tambahan yang bagus untuk makanan pencuci mulut. Stroberi penuh dengan serat dan antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dan mengendalikan kolesterol.
8. Pepaya:

Satu pepaya medium mengandung 137 mg vitamin C kekalahan, yang setara dengan tiga kali lebih banyak dari yang dibutuhkan rata-rata orang.

Pepaya juga sarat dengan Vitamin A, Kalium dan Serat. Mereka juga sangat baik dalam menyembuhkan noda, bila dioleskan ke wajah Anda.

9. Nanas:

Nanas segar memiliki 79 mg vitamin C dalam gelas ukuran sedang. Ini merupakan sekitar 131% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan untuk kita.

Selain Vitamin C, nanas juga membantu meredakan sembelit dan masalah perut. Ini juga memiliki sifat anti-inflamasi yang meningkatkan penyembuhan dan meningkatkan kekebalan tubuh

Baca Juga 10 Makanan Kaya Karbohidrat Yang Aman Untuk Diet Anda

10. Jambu biji:

Jambu memberi setinggi 228 mg vitamin C per 100 gram porsi. Ini dianggap sebagai makanan super oleh banyak orang karena nutrisi seperti asam folat, potasium, mangan, dan serat.

Facebook Comments