Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Rusak atau Error

Cara Mudah Memperbaiki Hardisk Rusak atau Error

Oleh -

Anda para pemilik PC/laptop tentunya sedikit banyak sudah mengerti tentang komponen komputer anda. Processor, RAM dan hardisk adalah tiga komponen utama pada sebuah komputer. Sebagai salah satu komponen yang paling vital, hardisk berfungsi sebagai tempat penyimpanan data anda. Lalu bagaimana jika hard disk tersebut rusak atau terjadi error? Kerusakan pada hard drive akan mempengaruhi kinerja komputer secara keseluruhan. Kinerja komputer anda akan terganggu. Akibat lain yang mungkin terjadi dari kerusakan hard drive adalah hilangnya data-data yang tersimpan dalam hard drive tersebut. Untuk mencegah kerusakan hard disk, dapat dilakukan dengan langkah-langkah sederhana termasuk pemeriksaan rutin. Pemeriksaan ini ditujukan untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi.

Saat hard disk anda rusak mungkin hal pertama yang anda pikirkan adalah membeli hard disk baru dan menggantinya. Namun, sebenarnya anda tidak perlu buru-buru untuk membeli hard disk baru karena pada artikel ini akan diuraikan cara untuk mengatasi kerusakan hard disk. Proses ini tidak ribet dan cukup mudah dilakukan. Windows akan mendeteksi error dan memperbaikinya secara otomatis.

Tutorial berikut dapat dilakukan jika komputer (berbasis windows) anda berada dalam keaadan normal yaitu berhasil melakukan booting.

Tips : lakukan pemeriksaan satu per satu dan khusus untuk drive C tempat windows terinstal, lakukan pemeriksaan paling akhir setelah semua drive selesai di check.

Kenapa demikian? Karena proses pemeriksaan dan perbaikan drive C dilakukan selama proses start up artinya sebelum masuk ke windows.

Tutorial Lengkap Cara Memperbaiki Hard disk Rusak Secara Mudah

1. Klik pada start menu (biasanya berada pada pojok kiri bawah) lalu pilih my computer.

2. Saat anda membuka menu computer, maka daftar (pastisi) hard disk anda akan ditempilkan beserta kapasitasnya. Kebanyakan komputer akan membagi hard disk dalam tiga bagian yaitu C,D, dan E. Pilih salah satu hard disk (Misal D) lalu klik kanan maka akan puncul daftar beberapa pilihan action. Pilih properties.

13. Pada jendela properties, klik tools lalu pilih check now pada menu error-checking.

2

4. Jendela baru check disk windows akan muncul dengan beberapa pilihan action.

3

o Automatically fix file system errors : pilihan ini bertujuan memperbaiki kerusakan pada file atau folder dalam drive tersebut.
o Scan for and attempt recovery of bad sectors : Pilihan ini berfungsi untuk memeriksa apakah ada bad sector kemudian melakukan recovery untuk mengatasi masalah tersebut.
o Anda dapat memilih salah satu atau kedua opsi dengan mencentang box yang disediakan kemudian klik start untuk memulai proses

4. Jika anda memilih kedua opsi, maka waktu yang dibutuhkan untuk proses pemeriksaan sekaligus recovery bergantung pada besarnya beban file yang tersimpan pada hard disk anda.

5. Saat proses selesai, laporan error atau perbaikan yang dilakukan windows akan muncul.

Note: Proses pemeriksaan di atas dilakukan pada sistem windows (Hard disk C) maka schedule disk check akan berjalan setelah komputer restart. Oleh sebab itu, pemeriksaan sistem windows sebaiknya dilakukan yang paling akhir di antara partisi hard disk anda.

Apakah Cara Ini Pasti Berhasil Untuk Memperbaiki Hard Disk yang Rusak?
Seperti yang saya katakana sebelumnya, proses ini hanya dapat dilakukan jika komputer anda berada dalam keadaan normal. Jika masalah pada komputer anda adalah gagal booting atau atau har disk tidak dapat dikenali, maka anda dapat melakukan langkah lain seperti mencopot kabel sata dan memasangnya kembali.
Namun begitu, tidak semua masalah terkait hard disk anda dapat diatasi dengan langkah di atas. Beberapa permasalahan yang dapat diatasi dengan cara ini adalah: Komputer sering macet, kinerjanya lambat atau masalah lain yang disebabkan oleh bad sector pada hard disk.

Baca Juga:

Cara Blokir SMS dan Telepon di Android
Cara Root Android dengan Mudah
Cara Merubah Font Android Tanpa ROOT
Cara Melacak Android Yang Hilang
Cara Merubah Tampilan SMS Android Seperti iPhone
Apakah Cara Ini Hanya Befungsi Untuk Perbaikan Saja?

hardisk rusak
Jawabannya adalah Todak. Saya sarankan anda untuk melakukan pemeriksaan hard disk secara berkala (dapat dilakukan setiap 1-3 bulan) dengan tujuan mencegah terjadinya kerusakan pada sistem atau mengantisipasi keberadaan bad sector sekaligus mempercepat kinerja komputer anda .

Untuk kasus dimana komputer anda gagal melakukan booting atau start up, anda dapat menggunakan Command Prompt dengan menuliskan perintah chkdsk C: /F (C adalah drive yang akan diperiksa dan F mengindikasikan perintah perbaikan ;fix)

Baca Juga:

Cara Nonton Channel TV Berbayar atau Premium Secara Gratis Acara nonton TV di rumah akan sangat membosankan, apalagi channel nya itu itu saja, sedangkan kita tahu diluar sana banyak sekali saluran atau channel...
Cara Mengaktifkan Copy Paste di CMD (command prompt) Cara Mengaktifkan Copy Paste di CMD (command prompt) - Pada Linux kalian tentu bisa melakukan copy maupun paste dala command prompt, namun tidak pada ...
Ini Perintah ‘Run’ Yang Penting Untuk Pengguna Windows Apakah anda pengguna windows? Pernakah anda mencoba mengakses command prompt, file explorer, registry editor tau lainnya? Jika ia tentunya anda tahu b...
Cara Menggabungkan dan MemproteksiFile PDF Menjadi Satu dengan PDF reDirect Jika anda seseorang yang suka membaca,atau barangkali anda adalah sesorang yang mempunyai file PDF yang banyak dalam pc,laptop,komputer atau gadget an...
Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Setting Printer Jikalau anda adalah seorang pemula yang baru bisa menggunakan komputer, tentunya masih kebingungan mengatasi pengaturan ukuran kertas saat hendak menc...
Daftar Laptop Murah, Handal dan Kuat Untuk Bermain Games Selain handphone, laptop juga memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari baik itu untuk berkomunikasi, bermain game, maupun untuk menyelesaika...