Tips Memilih Modem USB Terbaik

Anda yang tidak memiliki jaringan WiFi pribadi di rumah anda mungkin memnafaatkan Modem USB untuk koneksi internet anda. Jenis modem USB sendiri bermacam-macam, mulai dari yang biasa-biasa saja sampai pada yang sangat bagus. Mulai dari berharga murah sampai mahal. Kualitas modem USB anda merupakan salah satu factor yang menentukan kualitas koneksi internet anda. Modem sendiri secara garis besar dibagi menjadi dua jenis yaitu modem CDMA dan Modem GSM. Modem CDMA tentu saja compatible dengan sim card CDMA seperti flexy, esia dan starone. Begitu juga dengan modem GSM, compatible dengan sim card GSM seperti telkomsel, indosat,XL dan lain-lain.
Saat anda membeli modem USB hendaknya anda memperhatikan beberapa kriteria termasuk kecepatan maksimal, fitur tambahan dan tentu saja harga. Modem USB yang baik biasanya tahan lama, dan mudah diperasikan. Dalam artikel ini akan diulas modem-modem terbaik dari kalangan CDMA ataupun GSM.

Bagaimana Cara Menentukan Modem CDMA Dan GSM yang Baik?
1. Yang pertama anda lakukan adalah memilih jenis modem yang akan anda pakai. Mau modem CDMA atau Modem GSM.
2. Selanjutnya reset jaringan provider pilihan anda. Pastikan di daerah anda tersedia sinyal dari provider yang anda pilih.
3. Pastikan anda mengetahui kecepatan maximal yang dapat dicapai modem. Untuk modem GSM, pilih HSDPA. Untuk CDMA, pilih EVDO.
4. Pastikan budget anda cukup untuk membeli modem sesuai keinginan anda. Biasanya harga modem bawaan lebih murah dibandingkan dengan modem yang compatible dengan semua sim card(dari jenis jaringan yang sama CDMA atau GSM). Sebagai contoh, modem khusus Flexy akan labih murah dibandingkan modem Prolink.

Tips Memilih Modem USB Terbaik
5. Jika anda tertarik dengan modem yang compatible dengan modem yang compatible untuk semua sim card, maka merek-merek seperti Huawei, Siera, Prolink atau merk terkenal lainnya layak anda pertimbangkan
6. Pilih Modem USB yang memiliki fitur tambahan seperti SMS dan telepon
7. Anda harus memastikan bahwa modem yang anda beli dapat digunakan untuk semua sistem operasi sepeti windows, Mac OS dan lain lain.
8. Jika anda tidak terlalu paham tentang instalasi, maka belihlah modem dengan plug and play. Karena untuk menggunakan modem jenis ini, anda tidak perlu melakukan instalasi secara manual.
9. Perhatikan garansi modem. Siapa tahu produk yang anda beli adalah produk cacat atau rusak
10. Jangan sungkan untuk bertanya pada teman anda yang terbiasa menggunakan moden tentang kualitas tiap modem.

Baca Juga:

Cara Membuka Website Yang Di Blokir di Android
Cara Merubah Tampilan SMS Android Seperti iPhone
Cara Cepat Cek Resi Di Android

Sekian tips tentang memilih modem yang baik. Jangan lupa untuk menyimpan kuitansi pemabayaran modem karena kuitansi diperlukan untuk mengklaim garansi. Dan juga, jangan mudah tergiur dengan tawaran bonus paket data modem bawaan.

Facebook Comments