Cara Sharing Data Lewat WiFi Hotspot

Sharing Data Lewat WiFi – Sudah menjadi rahasia umum bahwasaya anak kuliahan yang memiliki tugas pasti akan saling tukar jawaban, tidak terlebih ketika memiliki pekerjaan rumah yang diberikan oleh dosen maka bisa dijamin tukar jawaban aka dilakukan oleh para mahasiswa ini. Namun bagaimana jika jawaban tersebut ada didaam laptop dan harus memindahkannya ke laptop yang lainnya? Sedangkan kamu tidak membawa Flashdisk atau hardisk eksternal lainnya?

Sebenarnya caranya gampang kok, kalian tidak perlu membutuhkan Flashdisk ataupun USB lainnya. Kalian bisa mengirimkannya lewat Bluetooth apabila laptop kamu dan teman kamu terdapat fitur Bluetoothnya, atau mungkin lewat kabel LAN, koneksi Wireless ad hock, dll. Namun disini kami memberikan cara lain yang berbeda yaitu dengan menggunakan Wifi Hotspot. Jika ditempat kalian berada terdapat jaringan internet maka yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan Wifi Hotspot saja untk memindahkan folder tugas tersebut.

Kenapa menggunakan Wif Hotspot? Karena cara ini dianggap mudah dan lebih cepat dalam proses pengiriman data, yang perlu dilakukan hanyalah menyeting pada folder yang akan di kirim atau di share, namun kedua laptop harus terhubung pada koneksi hotspot yang sama. Untuk lebih jelasnya kalian bisa menyiak dan memperhatikan cara-caranya berikut:

Cara Sharing Data Lewat WiFi Hotspot

Cara Sharing Data Melalui WiFi Hotspot
Kita ambil contoh 2 laptop yang akan berbagi file. Laptop pertama yang akan membagikan file dan laptop kedua yang akan menerima file. Berikut caranya:

1. Tentukan Folder mana yang akan di share dari laptop pertama, misalkan folder dengan nama “doc”. Kemudian klik kanan pad folder tersebut dan pilihlah Properties. Selanjutnya klik Advanced Sharing pada tab Sharing dan centang pada Share This Folder kemudian Apply/OK
2. Masuk pada Contol Panel kemudian masuk pada Windows Firewall dan matikan Windows Firewall tersebut
3. Agar laptop kedua dapat menerima file yangakan dikirim tadi maka laptop kedua harus mengetahui IP Address dari laptop pertama tadi. Caranya yaitu dengan membuka Command Prompt yang ada pada menu Run (Logo Window + R ) dan tulis CMD kemudian klik OK. Apabila muncul jendela Command Prompt, tulis ipconfig kemudian tekan Enter. Mislakan IP Addressnya adalah 192.168.1.100
4. Akses file dari laptop kedua dengan masuk ke menu RUN. Caranya yaitu tekan Logo Windows+ R lalu tulis tanda backlash 2x (\\) dan dilanjut dengan IP Laptop pertama yang kami berikan tadi (\\192.168.1.100) Klik OK maka akan muncul folder yang telah di share dari laptop pertama ke laptop kedua
5. Untuk mengecek hasilnya apakah berhasil atau tidak, maka silahkan buka folder tersebut. Jika isinya sudah sesuai maka proses yang kalian lakukan sudah berhasil dan kalian pun bisa mengcopu atau memindahkan ke Driver di laptop kedua.

Baca Juga:

Itulah cara mudah untuk share data menggunakan Wifi Hotspot. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Facebook Comments