Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen pada Komputer - CakTekno

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen pada Komputer

Bluecreen merupakan sebuah masalah menakutkan pada komputer maupun laptop. Tidak jarang para pengguna perangkat PC ini panik ketika PC mereka dinyatakan terkena Bluescreen, pasalnya Bluescreen ini terjadi tanpa ada sebab yang jelas dan pasti sehingga membuat penggunanya panik dan bingung.

Blue Screen of The Dead (BSOD) atau yang lebih akrab dikenal dengan Bluescreen adalah sebuah notifikasi yang berasal dari Sistem Operasi Windows apabila Windows tersebut mengalami error pada sistem serta tidak dapat diperbaiki. Biasanya masalah Bluescreen datang secara tiba-tiba tanpa diketahui penyebab terjadinya Bluescreen itu sendiri, dan untuk memperbaikinya pun tidak semudah membayangkannya. Yang paling sering membuat pengguna PC panik adalah ketika Bluescreen terjadi di tengah-tengah sedang mengerjakan tugas penting yang berakibat dengan tidak tersimpannya pekerjaan tersebut.

Namun kami disini hadir untuk memberikan dan berbagi informasi mengenai beberapa penyebab serta cara dalam mengatasi masalah Bluescreen pada komputer maupun laptop.

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen pada KomputerBerikut Adalah Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen pada Komputer Windows:

1. IRQL NOT LESS OR EQUAL (0X0000000A)

Penyebabnya dikarenakan sebagai berikut :

  • Belum tersedianya VGA Card atau ketidak cocokan yang terjadi ketika penginstalan driver
  • Tidak cocoknya Driver Audio maupun Driver Audio tidak terpasang dengan benar
  • Driver hardware yang terinstall pada komputer tidak sesuai

Solusinya yaitu dengan memastikan bahwa Driver Hardware cocok dengan komputer kalian, kemudian lepaskan dan pasang kembali VGA Card dan Audio Card. Dan pastikan semua terpasang dengan benar

2. NTFS FILE SYSTEM atau FILE SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebabnya dikarenakan adanya kerusakan yang terjadai pada partisi maupun file sistem, akan tetapi tidak pada hardisknya.

Solisinya yaitu dengan memeriksa kabel SATA atau IDE hardisk sudah benar-benar terpasang dengan tepat kemudian mengecek partisi dengan melakukan chkdsk.

3. UNEXPECTED KERNEL MODE TRAP (0X0000007F)

Penyebabnya dikarenakan sebagai berikut :

  • Suhu pada komputer terlalu panas (Overheat)
  • BIOS yang corrupt
  • Berlebihan pada Overlocking
  • Corrupt pada Processor

Solusinya yaitu dengan mematikan komputer maupun laptop kemudian mengecek kipas atau sistem pendingin dari komputer atau laptop tersebut dalam keadaan baik-baik saja, namun jika terjadi masalah maka sebaiknya kalian menambahkan komponen pendingin lainnya.

Baca Juga:

4. DATA BUS ERROR

Penyebabnya bisa diakibatkan terjdainya kerusakanpada memory RAM atau Slot. Dan untuk solusinya sendiri bisa dilakukan dengan cara memeriksa slot tersebut atau mengganti RAM yang lama dengan RAM yang baru.

5. PAGE FAULT IN NONPAGED AREA

Penyebabnya bisa dikarenakan adanya kerusakan yang terjadi pada hardware yang khususnya pada RAM, VGA, serta memori pada Processor (L2 cache).

6. INACCESSIBLE BOOT DEVICE

Penyebabnya dikarenakan salah dalam memposisikan dan menempatkan Jumper maupun kesalahan pada Driver IDE controller serta adanya Virus Boot Sector. Dan untuk solusiya sendiri yaitu dengan memeriksa keadaan kabel IDE, kemudian membersihkan virus pada boot sector dan mengatur kembali jumper pada hardisk.

7. VIDEO DRIVER INIT FAILURE

Penyebabnya bisa diakibatkan adannya masalah ketika melakukan instalisasi Driver VGA. Solusinya dnegan menginstall ulang Driver VGA, namun sebelumnya pastikan bahwa Driver telah kalian update terlebih dahulu.

8. BAD POOL CALLER

Penyebabnya dikarenakan proses instalisasi OS yang mengalami kesalahan dan biasanya terjadi pada Windows XP. Untuk solusinya sendiri yaitu dengan memastikan bahwa kaset CD untuk installer tidak bermasalah ataupun corrupt.

Dan cara terakhir untuk memperbaiki masalah Bluescreen adalah dengan melakukan install kembali komputer kalian, namun pastikan terlebih dahulu bahwa CD Windows maupun ISO tidak corrupt. Apabila komputer masih mengalami masalah Bluescreen setelah kalian menginstal ulang komputer, maka masalah yang terjadi terletak pada hardware komputer kalian dan segeralah untuk membawanya ke Service Center terdekat

Facebook Comments