Inilah 10 Hal yang Kini Mulai Ditinggalkan Banyak Orang Akibat Hadirnya Smartphone

Perkembangan teknologi tidak lepas dari hadirnya Smartphone yang merupakan sebuah alat komunikasi pintar yang sekarang ini banyak diganderungi oleh masyarakat umum. Namun, dengan kemajuan teknologi tersebut membuat setiap orang lupa akan kebiasaan masa lalu yang dulunya sering mereka lakukan

Yah, teknologi sendiri telah menggeser beberapa kebiasaan unik yang sebenarnya kebiasaan tersebut terasa menyenangkan dan indah pada jamannya dahulu. Untuk mengingat masa-masa menyenangkan dahulu, pada artikel kali ini penulis tertarik untuk kembali mengingatkan kalian akan beberapa hal yang mulai ditinggalkan akibat hadirnya smartphone

Inilah 10 Hal yang Kini Mulai Ditinggalkan Banyak Orang Akibat Hadirnya SmartphoneBerikut Adalah 10 Hal yang Kini Mulai Ditinggalkan Oleh Banyak Orang Akibat Hadirnya Smartphone: 

1. Surat Menyurat 

Pada jaman dahulu untuk bertanya kabar dan membalas sebuah kabar dari saudara jauh maupun keluara yang ada ditempa berbeda bisa dilakukan dengan surat menyurat melalui kantor pos maupun yang lainnya. Bahkan kita pun diajarkan etika surat menyurat di tempat kota belajar atau di sekolah. Namun dengan adanya smartphone surat menyurat tidak algi dibutuhkan dan digantikan dengan SMS yang lebih praktis dan cepat sampainya.

2. Kamera

Dahulu, untuk mengambil gambar kita harus mendatangi tempat khusus untuk berfoto dan hasil dari foto tersebut juga tidak bisa langsung jadi, diperlukan 2-5 hari untuk mencetak dan mengeluaran hasil dari foto tersebut. Namun dengan adanya smartphone kini kalian bisa mengambil foto dimanapun dan kapanpun juga serta bisa menyimpannya di dalam smartphone kalian.

3. Radio amatir dan Intercom kabel 

Pada tahun 80-an radio merupakan sebuah tempat ngobrol dan curhat yang paling populer. Setiap orang dapat menelepon ke setiap radio kesayangannya kemudian menitipkan salam, curhat, hingga memesan lagu agar diputarkan lagu kesukaan. Namun dengan adanya smartphone masyarakat sudah dapat memutar lagu kesayangan mereka dalam handphonenya dan membagikan cerita mereka melalui sms dengan teman atau menulis status di media sosial.

4. Walkman 

Adanya walkman juga sudah sangat menghibur, tentunya bukan di jaman sekarang ini melainkan pda tahun 90-an. Walkman sendiri merupakan sebuah alat untuk memutar kaset berisikan musik. Dengan Walkman ini penggunanya juga dapat merekam suara mereka menggunakan sebuah kaset kosong. Akan tetapi dengan hadirnya MP3  membuat Walkman tersingkir dan akhirnya musnah dengan ditambah hadirnya handphone yang lebih canggih darinya.

Baca juga:

5. Navigasi

Dahulu jika tersesat dijalan hal yang akan dilakukan adalah bertanya pada orang sekitar maupun memilihat peta. Namun hal tersebut sekarang sudah tidak berlaku karena dengan adanya handphone kita bisa menemukan tempat tujuan dengan menggunakan GPS yang mana semua tempat dapat kita jumpai di dalamnya. Tapi untuk bertanya pada orang sekitar juga terkadang masih dilakukan oleh sebagian orang.

6. Jam Tangan dan Walker

Jam tangan memang digunakan sebagai alat pengukur waktu baik itu pada jaman dahulu hingga jaman sekarang. Namun tidak sedikit orang lebih memilih melihat handphone ketika ingin mengetahui waktu yang berlaku. Sedangkan, Walker sendiri biasanya digunakan untuk alarm yang juga ada dalam fitur handphone. Jadi keduanya bisa di dapatkan pada smartphone canggih pada jaman modern ini.

7. Kalkulator 

Kalkulator merupakan sebuah alat untuk menghitung atau mengkalkulasi. Dahulu alat ini cukup populer dijamannya, namun dengan adanya smartphone yang juga memiliki fitur kalkulator, alat ini mulai dinomor duakan jika sudah membawa handphone maka sudah tidak perlu membawa kalkulator pula. Mengingat di dalam handphone sudah ada fitur kalkulator ini.

8.  Buku Saku Catatan (Note)

Mencatat biasa dilakukan oleh pekerja sepertiwartawan dan semacamnya ketika menghadiri sebuah konferensi pers, diskusi, dll. Namun mencatat sudah tidak lagi digunakan pada jaman yang modern ini, mereka mulai beralih menggunakan handphone sebagai alat rekam maupun merekam video secara langsung menggunakan handphone untuk menyimpan  isi konferensi pers maupun diskusi tersebut.

9. Buku Agenda atau Jadwal Harian 

Dahulu untuk mengingatkan adanya janji diperlukan tulisan berkaitan jadwal harian atau buku agenda, namun dengan adirnya handphone atau smartphone membuat buka harian atau jadwal agenda tidak lagi bermakna. Kalian bisa mengaktifkan fitur pengingat jadawal harian pada samrtphone kalian, dan samtrphone pun akan atau memberikan bunyi alarm untuk mengingatkan adanya jadwal yang harus kalian lakukan.

10. Telepon Umum

Telepon umum merupakan sebuah alat komunikasi untuk menelepon yang bisanya terdapat di pinggir jalan raya dan tempat-tempat tertentu. Cara menggunakan telepon ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu memasukkan beberapa koin dan kalian pun dapat berbicara melalui telepon tersebut dengan waktu yang telah disesuaikan dengan nilai koin yang kalian masukkan. Namun kini telepon umum sudah jarang kita jumpai karena sudah tidak dibutuhkan dan sudah digantikan dengan handphone yang dapat digunakan kapanpun, dimanapun, serta tidak terbatas waktu.

Itulah 10 Hal yang Kini mulai ditinggalkan banyak orang Akibat Hadirnya Smartphone, Namun perlu kalian ketahui bahwa masa-masa seperti di atas merupakan masa-masa paling menyenangkan dan menggembirakan.

Facebook Comments