Inilah Negara-Negara dengan Biaya Nelpon Termurah di Dunia

Telepon menjadi salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh setiap orang guna menghubungi keluarga maupun teman yang keberadaannya tidak dapat dijangkau dalam waktu dekat. Dengan menelepon setiap orang dapat menjalin komunikasi dengan sesering mungkin dan sedekat mungkin. Namun setiap Negara memasang tarif yang berbeda dari setiap telepon yang digunakan. Misalkan pada Negara Jepang, yang mana biaya telepon di sana per menitnya bisa mencapai Rp 10.000. Biaya tersebut terbilang sangat mahal jika dibandingkan dengan Negara-negara lain seperti Indonesia sendiri.

Biaya Nelpon Termurah di Dunia

Lembaga Riset Frost & Sullivan membuat sebuah daftar perbandingan tarif telepon khususnya non voice tariff antar Negara. Dan hasil yang didapatkannya sangat mengejutkan. Yang mana kebanyakan setiap Negara-negara maju di Eropa dan Amerika Utara lebih condong membayar biaya telepon jauh lebih mahal ketimbang Negara yang berada dalam kawasan Asia Pasifik.

Keadaan yang seperti itu bisi dibilang wajar oleh Analis Frost & Sullivan Bhat. Karena setiap Negara melakukan pembayaran telepon dengan menggunakan pascabayar sehingga pengguna telepon tidak mengetahui biaya yang akan mereka keluarkan sebelum mereka melakukan pembayaran pascabayar tersebut. Sedangkan tarif telepon pada Negara berkembang cenderung lebih murah dikarenakan jumpalh penduduk yang banyak dan banyaknya pula operator yang menawarkan jasa telekomunikasi seluler.

“Faktor demografi, aturan pemerintah, dan jumlah pemain di bisnis ini sangat menentukan tarif telepon,” ujarnya di Senayan, Jakarta, Rabu (6/2).

Menurut Bhat, sistem roaming merupakan salah satu penyebab biaya telepon di sana mahal, karena pengguna telepon membayar untuk setiap panggian masuk. Dan kebannyakan operator telekomunikasi di Amerika Serikat menggunakan sistem roaming ini untuk pelanggan pascabayar. Jadi tidak heran jika biaya telepon di sana sangat mahal. Selain itu kesediaan infrastruktur yang kurang memadai dan jaringan telepon yang tidak bagus di Negara Afrika seperti Nigeria, Tanzania juga menjadi salah satu penyebab mahalnya biaya telepon, bahkan pengeluaran yang harus di keluarkan oleh setiap pemilik ponsel bisa mencapai 35% .

Namun masih ada beberapa Negara yang bisa menikmati layanan telepon lokal maupun interlokal dengan harga yang relative murah, dan berikut daftar Negara yang memiliki biaya telepon murah tersebut :

  1. Swedia

Telepon dengan biaya murah yang pertama adalah Negara Skandinavia, baiaya yang dikelaurkan untuk menelepon bahkan berada jauh di bawah Negara Eropa seperti Perancis dan Inggris yang terkenal dengan mahalnya biaya telepon disana.

Data yang dihasilkan dalam penelitian Frost & Sullivan menyatakan bahwa berbicara di telepon di negera ini hanya sekitar Rp 300/menit. Biaya ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Negara Ingggris yang memasang tariff mencapai Rp 3.800/ menit.

Dengan murahnya biaya telepon ini, maka masyarakat Swedia dapat menggunakan telepon tanpa dibebani biaya dan pengeluaran yang besar. kebanyakan Negara ini menerapkan sistem tagihan sesuai pemakaian, atau pascabayar dan tidak ada biaya roaming atau biaya minimum per bulan.

  1. Thailand

Negara Thailand juga merupakan Negara dengan biaya telepon yang murah. Pengguna telepon hanya dikenai biaya sekitar Rp 250 hingga Rp 300 per menitnya. Sistem pembayarann yang dilakukan di Negara ini adalah dengan menggunakan prabayar. Namun juga ikut menerapkan pola pembayaran seperti yang dilakukan oleh Negara Swedia.

  1. Hong Kong

Surge telepon yang paling murah adalah Hong Kong. Dari penelitian yang dilakuakn oleh Frost & Sullivan menyatakan bahwa untuk melakukan panggilan telepon masyarakat Hong Kong hanya perlu  mengeluarkan baiay sekitar Rp 300 saja per menitnya. Tarif murah ini bisa didapatkan oleh pengguna prabayar maupun pascabayar. Setaip bulannya masyarakat di Negara ini hanya mengeluarkan tagihan telepon bulanan sekitar Rp85.000 saja atau setara dengan 600 menit berbicara lewat telepon.

  1. India

Dulu, Negara India ini pernah memasang tarif telepon dengan biaya yang lumayan mahal yaitu sekitar Rp 8.000/ menit. Namun tidak untuk sekarang karena India kini telah masuk pada jejeran Negara yang memasang tarif telepon termurah dengan biaya Rp 1/ detiknya. Biaya ini baru diterapkan dua tahun yang lalu dan akhirnya membuat lega para pengguna telepon untuk dapat menggunakan dan berkomunikasi melalui telpon.

“Sekarang tarif menelepon di India disesuaikan, menjadi sekitar USD 1 sen (Rp 90-100) per menit, karena operator harus meningkatkan kualitas jaringan,” ujar Ninit Bhat dari Frost & Sullivan.

Negara ini dinobatkan sebagai negra dengan surganya telepon murah dengan menggunakan sistem prabayar pada setiap pengguna telepon.

  1. Indonesia

Tentu kalian sudah mengeahui tarif yang ada di Negara kalian sendiri ini. Yah, tarif telepon yang ada di Negara Indonesia ini juga sangat murah, yaitu antar Rp 90 hngga Rp 100 setiap 60 detik.

Ninit Bhat dari lembaga Frost & Sullivan mengatakan, “saat ini belum ada negara lain yang memiliki skema tarif komunikasi semurah di Indonesia,”

Dia juga menambahkan, “Sulit dicari bandingannya, bahkan di Asia Pasifik tarif telepon Indonesia dan India paling murah,”

Dahulunya , biaya telepon di Indonesia tidaklah semurah sekarang meskipun sesame operator. Tidak hanya itu, hanya orang yang berpenghasilan banyak atau orang kayalah yang bisa menikmati atau memiliki telepon rumah dan telepon genggam yang tentunya masih jadul. Namun seiring berkembangnya jaman dengan adanya sistem prabayar banyaknya pengguna handphone menciptakan sebuah perang tarif antar setiap operator.

Perusahaan telekomunikasi tersbesar seperti Telkomsel, Indonsat, XL, dan lain sebagainya berlomba-lomba memberikan tarif termurahnya guna menarik perhatian para pengguna telepon agar menggunakan operator mereka. Inilah yang menjadi salah satu penyebab murahnya tarif atau biaya telepon di Negara Indonesia.

Itulah informasi yang bisa kami sampaika terkait Negara-negara yang memiliki biaya telepon termurah saat ini. semoga artikel yang kami tulis ini dapat bermanfaat bagi kalian semua khhususnya para pembaca. Sekian dan terima kasih.

Facebook Comments