7 Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera HP

7 Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone - Tidak daapt dipungkiri bahwa keberadaan smartphone sangatlah membantu dan memberikan manfaat yang besar bagi setiap penggunanya. Misalkan untuk mengambil gambar atau foto, dengan memakai smartphone saja kita sudah bisa menghasilkan foto yang bagus layaknya jepretan kamera DSLR, namun diperlukan trik-trik tertentu untuk bisa mendapatkan hasil foto dari kamera smartphone layaknya dari kamera DSLR. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips dan trik untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal hanya dengan menggunakan kamera smartphone kalian saja.

Tips dan Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

Trik Fotografi Profesional Menggunakan Kamera HP

1. Kenali Kamera Smartphone Yang Digunakan
Yang pertama kalian harus memahami spesifikasi dari kamera smartphone yang kalian gunakan. Dari spesifikasi yang ada dalam kamera tersebut, kalian bisa mengotak atiknya mulai dari merubah resolusi, brightness, shooting mode, contrast, dan pengaturan lainnya yang ada pada kamera tersebut.
Dengan mengotak atik pengaturan yang ada pada kamera smartphone dengan baik dan benar maka, kalian sudah bisa mendapatkan hasilfoto yang tidak kalah bagusnya dari jepretan kamera DSLR. Untuk itu jangan takut untuk merubah atau mengatur kamera smartphone kalian.

2. Lebih Dekat dan Penuhi Viewfinder
Cara lainnya yaitu dengan tidak menggunakan fitur Zoom, karena dengan menggunakan fitur yang satu ini maka kalian hanya akan mendapatkan figure kecil yang kalah dari background tempat berfoto karena kalian berada jauh dari objek foto itu sendiri. Untuk itu jangan takut untuk berfoto lebih dekat serta memenuhi viewfinder maupun layar smartphone dengan objek dari foto yang kalian ambil. Dengan begini maka kalian pun akan mendapatkan hasil yang sangat bagus.

3. Selalu Ingat Komposisi Rule of Thirds
Rule of Thirds merupakan cara untuk memecah frame menjadi 3 bagian yang sama, baik secara horizontam maupun vertikal. Karena kalian tidak selalu dapat menempatkan objek foto di tengah-tengah frame, dan dengan menggunakan komposisi Rule of Thirds inilah kalian bisa menempatkan foto ditengah-tengah frame.
Setiap kamera memiliki pengauran untuk menempatkan garis-garis untuk memudahkan melihat komposisi terbaik ketika pengamblan gambar. Dengan garis-garis yang berpotongan ini maka kalian dapat menempatkan objek foto di frame, dan tentunya foto yang akan kalian dapatkan akan sebagus kamera DSLR. Silahkan mencobanya.

4. Dapatkan Pencahayaan Terbaik
Banyak orang memilih fitur flash ketimbang menggunakan cahaya natural. Namun sebenarnya cahaya yang natural atau alamilah yang menjadikan hasil foto tersebut terlihat sangat bagus. sebagai contoh, ketika kalian ingin mengambil foto di dalam ruangan, kalian bisa mencari cahaya buatan aau cahaya natural kecil karena ini dapat merefleksikan hasil foto agar terlihat seperti nyata.

5. Gunakan Objek Manusia Untuk Hasil Yang Lebih Baik
Untuk bisa mendapatkan hasil foto yang baik lainnya kalian bisa menggunakan objek manusia. Ini bisa menyebabkan hasil foto terlihat lebih memorable dan memberikan nilai lebih dalam pemandangan foto tersebu karena pada dasarnya pemandangan yang indah yang dapat kita lihat dengan jelas akan mudah kita abadikan dengan kamera jika objek dari foto tersebut merupakan manusia.

6. Jaga Lensa Kamera Selalu Bersih dan Jernih
Pastikan bahwa lensa dari kamera smartphone kalian bebas dari debu maupun embun. Karena dengan adanya debu yang menutupi lensa kamera juga dapat merusak atau memberikan hasil foto yang tidak bagus dan seakan-akan foto tersebut memiliki bayangan, dan sebagainya. Ada baiknya jika kalian menggunakan casing pada kamera smartphone kalian guna menghindari masuknya debu pada lensa kamera. Dan jika lensa kamera sudah terkena debu, segera bersihkan debu tersebut sebelum menggunakannya untuk mengambil foto.

7. Tambahkan Sentuhan Aplikasi Olah Foto
Jika masih kurang puas dengan hasil foto dari kamera asli smartphone kalian, maka kalian bisa mengolahnya lagi dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Photoshop dengan menggunakan laptop maupun aplikasi yang bisa kaliandapatkan di Google Play Store lainnya yang juga untuk mengedit foto. Atau jika cukup puas dengan fitur edit dari kamera itu sendiri kalian bisa menggunakannya dengan melakukan crop, menambahkan fiter, enhance colors, brightness and contras, dll.
Itulah beberapa tips dantrik untuk mendapatkan hasil foto yang bagus hanya dengan menggunakan smartphone biasa kalian, jadi kalian tidak perlu memanggil fotografer terkenal atau menggunakan kamera DSLR yang bagus untuk bisa mendapatkan hasil foto yang indah karena dengan menerapkan tips di atas kalian sudah bisa mendapatkan hasil foto layaknya jepretan fotografer terkenal. Nah, sekian dari kami semoga dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil

Facebook Comments