Cara Merekam Layar HP Android Tanpa ROOT - CakTekno

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa ROOT

Cara Merekam Layar di Android Tanpa ROOT – Tidak jarang aktivitas merekam layar Anroid harus dilakukan pada handphone Android yang sudah melalui proses root terlebih dahulu. Sedangkan tidak sedikit pengguna Android tidak menginginkan Androidnya di root. Hal inilah yang akhirnya membatalkan niat pengguna Android untuk merekam layar pada Androidnya.

Namun kini kalian tidak perlu cemas lagi, karena kami disini hadir dengan solusi yang kalian butuhkan khusus bagi yang ingin merekam layar Androidnya pada handphone yang masih belum ter-root. Hanya saja dibutuhkan aplikasi pihak ketiga sebagai penyalur penggunaannya yaitu dengan menggunakan aplikasi AZ Screen Recorder, aplikasi ini bisa digunakan pada Android Lollipop 5.0 keatas. Dan berikut cara merekam layar Android menggunakan aplikasi tersebut.

Cara Merekam Layar di HP Android Tanpa ROOT

Cara Merekam Layar HP Android Tanpa ROOT

  1. Pertama, download aplikasi AZ Screen Recorder pada Google Play Store kemudian install aplikasi tersebut pada Android kalian
  2. Mulailah untuk menjalankan aplikasi tersebut. Akan muncul 4 buah tombol di tengah-tengah layar dengan fungsi yang berbeda, yaitu Record, Seting, Output Directory, dan Exit
  3. Atur semua pengaturan yang berhubungan dengan aktivitas rekaman yang akan kalian jalankan sebelum memulai merekam layar. Caranya dengan menekan tombol Setting yang berada pada tombol kedua dari kiri. Pada bagian dalam inilah kalian bisa mengatur tingkat bit-rate video (semakin tinggi detail video maka semakin baik pula hasilnya, hanya saja ukurannya pun semakin besar), resolusi, frame rate (semakin tinggi frame rate maka video yang dihasilkan juga jalannya semakin mulus), output directory (memilih directori penyimpanan video), dll atur sesuai dengan kenginginan kalian.
  4. Mulailah merekan jika sudah kembali ke halaman yang sebelumnya. Tekan pada tombol Record yang ada pada bagian paling kiri. Apabila muncul esebuah notifikasi kalian bisa menekannya pada bagian Don’t Show Again supaya ketika kalian ingin merekam lagi notfikasi tersebut tidak muncul kembali. Dan untuk mulai merekam klik pada Start Now.
  5. Dengan menekan tombol Start Now tadi maka proses merekam sudah mulai berjalan.informasi mengenai perekaman dapat dilihat dengan adanya icon waktu. Lamanya perekaman tergantung pada besarnya kapasitas penyimpanan handphone kalian (memori internal maupun eksternal ketika kalian memilih direktori penyimpanan video pada menu Setting). Jika ingin mengehentikan aktivitas rekaman sejenak (pause) atau bahkan menyetop, lakukan dengan menarik bar notifikasi.
  6. Apabila kalian memilih untuk menyetop rekaman maka akan muncul sebuah notifikasi bahwa video telahberhasil direkam. Untuk memutar video tekan pada notifikasi. Akan ada tiga pilihan lain yaitu begbagi video, menghapus video, dan memotong video.
  7. Untuk melihat semua hasil video kalian bisa menekan pada tombol Output Directory yang ada pada bagian ketiga tombol menu. Disini kalian juga bisa menghapus video-video yang sebelumnya kalian rekam.

Baca Juga:

Itulah cara mudah merekam layar Android tanpa harus melakukan proses root terlebih dahulu pada Android kalian, selain itu video yang dihasilkan menggunakan aplikasi di atas juga dapat diputar menggunakan berbagai jenis video player. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Facebook Comments