Gara-Gara Update Telegram Ini WhatsApp Kehilangan 1 Juta Pengguna - CakTekno

Gara-Gara Update Telegram Ini WhatsApp Kehilangan 1 Juta Pengguna

Gara-Gara Update Telegram Ini WhatsApp Kehilangan 1 Juta Pengguna – Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi smartphone yang bernama WhatsApp? Bisa dipastikan bahwa setiap pengguna smartpphone pastilah menggunakan aplikasi media sosial yang satu ini. Tampilannya yang sederhana, fitur yang banyak dan cepatnya dalam mengirimkan pesan menjadikan aplikasi ini banyak diminati dan digunakan oleh para pengguna smartphone dalam berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang jauh. Tidak hanya itu semenjak di perbarui lagi WhatsApp juga bisa digunakan untuk menelepon kontak telepon yang juga menggunakan WhatsApp.

Namun sepertinya kini WhatsApp akan memiliki saingan yang berat, yaitu Telegram. Tidak berbeda jauh dengan aplikasi WhatsApp. Aplikasi Telegram ini juga memiliki fungsi untuk mengirimkan pesan, gambar, suara, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, tampilan dari aplikasi Telegram ini juga sama segarnya dengan WhatsApp dengan menggunakan warna biru segar. Dan semenjak di update nya aplikasi Telegram ini pada tanggal 13 Februari 2016 lalu membuat aplikasi ini semakin mengungguli WhatsApp.

Sebenarnya Telegram ini bukanlah aplikasi baru karena sudah resmi diluncurkan pada tahun 2013 lalu hanya saja pada waktu itu Telegram belum memiliki fitur yang sejajar dengan WhasApp. Lalu adakah kelebihan-kelebihan yang dimiliki Telegram yang bisa membuat para pengguna smartphone beralih menggunakan Telegram? Nah, disini kalian akan tahu kelebihan apa yang dimiliki Telegram yang mungkin bisa membuat kalian meninggalkan WhatsApp. Langsung saja berikut penjelasannya yang lebih lanjut.

4 Alasan Ninggalin WhatsApp Demi Telegram

telegram android

1.      Fitur Keamanan dan Enkripsi Pesan yang Luar Biasa

Kelebihan pertama dari update Telegram yang tidak dimiliki WhatsApp adalah adanya fitur Secret Chat. Fitur ini memiliki fungi sebagai sistem keamanan dari setiap pesan yang kalian kirim pada lawan chat kalian. Dengan menggunakan fitur ini maka pesan yang kalian kirimkan pada teman akan dienkripsi sehingga tidak aka nada yang bisa membancanya termasuk server Telegram sendiri karena hanya si penerima pesanlah yang bisa membaca pesan tersebut. tidak hanya itu pada aplikasi Telegram juga disediakan fitur Self-Destruct (penghancur dan penghapusan pesan secara otomatis sesaa sesudah pesan dibaca). Dengan fitur ini maka pesan akan hilang secara otomatis dan tidak akan dapat di baca, dicari untuk selamanya dengan cara apapun.

Pada versi terbarunya ini, mode Secret Chat bisa mengirimkan berbagai bentuk pesan baik itu tulisan, suara, gambar, link url, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini sangat cocok bagi yang suka main rhasia-rahasia. Fitur-fitur ini juga tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp. Dan siapa tahu dengan mengetahui ini maka kalian mulai beralih dan meninggalkan WhatsApp kemudian berganti ke Telegram.

2.      Edit Foto dan Gambar Sebelum Dikirimkan

Kelebihan lain yang diberikan oleh telegram setelah melakukan update adalah adanya fitur untuk mengirimkan gambar nammun sebelum gambar dikirim bisa di edit terlebih dahulu. Sebenarnya pada WhatsApp juga memiliki fitur untuk mengedit gambar namun hanya untuk rotate dan crop saja. Sedangkan pada Telegram fitur edit fotonya lebih lengkap lagi yaitu Enchance, Exposure, Contrast, Warmth, Saturation, Tint, Fade, Shadows, Highlights, Grain, Vignette, Curves, Sharpen, dan Blur. Jadi jika kalian ingin mengedit foto kalian bisa menggunakan aplikasi ini sebagai edit foto kalian.

3.      Fitur Supergroup yang Bisa Menampung Hingga 1000 Orang

Selanjutnya yaitu adanya fitur Supergroup. Fitur ini merupakan fitur untuk membuat dan menampung grup pada Telegram. Dan sebenarnya pada WhatsApp juga memiliki fitur group ini, Hanya saja pada WhatsApp anggota dari sebuah group dibatasi hanya 250 pengguna saja. Sedangkan pada Telegram kalian bisa menampung lebih banyak pengguna pada group hingga mencapai 1000 pengguna Telegram. Jumlah yang sangat banyak tentunya.

Group yang bisa kalian ciptakan juga terserah, sama halnya WhatsApp. Mulai dari teman SD, SMP, SMA, Kuliah, Komunias, dll. Selai itu kalian juga bisa mengatur siapa saja yang bisa memasukkan kalian ke dalam sebuah group, berbeda pada WhatsApp yang mana kalian tidak bisa mengatur dan siapa saja bisa memasukkan kalian pada setiap grup yang akhirnya membuat kalian keluar dari group tersebut dengan rasa yang tidak enak.

4.      Fitur Pesan Suara “Rise and Speak”

Dan yang terakhir yaitu adanya fitur Rise and Speak. Fitur ini memiliki fungsi sebagai merekam suara kalian dengan cara menempelkan smartphone kalian pada telinga, dan mulailah untuk merekam suara. Apabila sudah selesai merekam maka letakkan kembali smartphone kalian dan Telegram pun akan berhenti merekam. Fitur ini menggunakan sensor pada smartphone yakni Gyrosope,Accelerometer, dan Proximity. Hanya saja pada Aplikasi Telegram ini tidak memiliki nelpon gratis layaknya yang ada pada fitur WhatsApp.

Baca Juga:

Dan itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Telegram setelah melakukan update pada tanggal 13 Februari kemarin. Dari beberpaa update-annya ini mungkin bisa membuat para pengguna samrtphone beralih menggunakan Telegram dalam melakukan caht dengan teman di kontak telepon. Dan sekian informasi yang bisa kami bagikan kali ini, dan semoga dapat bermanfaat bagi semuanya khusunya para pembaca.

Facebook Comments