Ini Dia Software CCleaner untuk Linux - CakTekno

Ini Dia Software CCleaner untuk Linux

Siapa yang tahu CCleaner? Para ahli komputer tentunya tidak asing lagikan?
Yup,,,software murah alias tanpa bayar yang bisa menghapus PC dan juga sebagai pelindung privasi nya. Well CCleaner sangat terkenal bagi pengguna Windows. Wiih,,,kaya artis bisa terkenal he he… Tapi tahukah anda kalau CCleaner itu kini punya saudara kembar yang mirip banget? Mau tahu??

BleachBit
BleachBit. Kembaran CCleaner ini berfungsi sama,hanya saja BleachBit bisa juga digunakan pada komputer bersistem operasi Linux. Jadi BleachBit adalah mesin pembersih file² sampah yang tidak dipakai lagi. Oww,,, gitu to..
Manfaat dari fitur BleachBit sebagai berikut:

  1. Menghapus daftar recent documents di openoffice
  2. Membersihkan file tidak berguna agar disk space tetap terjaga
  3. Menghapus broken shortcut di Linux
  4. Menghapus bahasa yang tidak digunakan di Linux
  5. Menemukan dan menghapus file sampah seperti Thumbs.ds dan Ds.store
  6. Membersihkan APT untuk Debian,ubuntu,kubuntu,xubuntu danLinux Mint
  7. Menjalankan yum clean di CentOS,Fedora dan Red Hat untuk Membersihkan cache package
  8. Meningkatkan perfoma sistem
  9. Menjaga privasi dengan membersihkan cache,cookies dan log files
  10. Overwrite Free disk space untuk menyembunyikan file terdahulu
  11. Swap dan membersihkan memori di Linux
    Wooww….lengkap bangeet,,

Apabila anda pengguna ubuntu langsung saja meng-install BleachBit via Software center.Dan untuk menghemat waktu anda juga bisa mengunduh langsung BleachBit dari situs utama di bawah ini:
http://bleachbit.sourceforge.net/download

Cara mengfungsikan BleachBit

Anda bisa menentukan data apa saja yang ingin dihapus, misalnya di firefox, banyak pilihan data yang ditampilkan dan bisa dihapus berdasarkan aplikasi dan itu hanya bisa anda temui di BleachBit.

Lakukan scanning file sampah,kemudian menhapusnya.

Untuk memastikan bahwa anda tidak salah hapus sebaiknya preview terlebih dahulu sebelum menghapusnya.

File Shredding

Selain dari cara diatas, BleachBit dapat juga digunakan untuk menghapus file komputer secara permanen,yang artinya data yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan oleh software file recovery.
Langkah² untuk mengaktifkannya, askes Edit->Preference,kemudian √ saja “Overwrite file to hide contents”. Dengan diaktifkannya fitur ini masa bersih² akan menjadi lebih lama.

Menghapus system Files.
Pada saat mencoba memghapus system files,contohnya Localizations,biasanya akan muncul error disebabkan permission denied.ini terjadi karena anda mengoperasikan BleachBit dengan standard user account.
Supaya tidak terjadi error anda perlu mengoperasikannya sebagai root. Kalau di Ubuntu anda tinggal tekan Close BleachBit,tekan ALT+F2, lalu ketik gksu bleachbit
Setelah itu BleachBit langsung berjalan dengan privilage sebagai root sehingga mempermudah anda menghapus berbagai system file yang sudah anda pilih.

Meski secara umum fungsinya diperuntukkan bagi pengguna Linux, namun software ini juga mempunyai versi Windows ,jadi para pengguna Windows yang ingin mencoba di persilahkan saja.

Facebook Comments