Inilah Perbedaan Hibernate, Sleep, Hybrid Sleep dan Shutdown

Sleep,Hibernate,Hybrid Sleep dan shutdown merupakan mode²  untuk mematikan komputwer di windows.

Apa kekurangan dan kelebihannya??

Perbedaan Sleep vs Hibernate vs Hybrid Sleep vs Shutdown

Perbedaan Hibernate, Sleep, Hybrid Sleep dan Shutdown

Sleep

Menggunakan mode Sleep,komputer anda tidak benar² mati ,sebab proses yang berjalan akan tersimpan di RAM, untuk itu mode Sleep tetap menggunakan energi meskipun rendah,gunanya untuk menjalankan RAM. Kelebihan darimode ini adalah pada saat men- start sangat instan karena komputer akan langsung beroperasi dengan cepat. Sedangkan kekurangannya adalah,mode Sleep selalu membutuhkan energi rendah,jadi jika komputer anda kehilangan power,mati lampu atau baterai habis maka data yang tersimpan di RAM akan hilang. Setiap proses dan state dan berbagai data kerja yang belum sempat anda simpan juga akan hilang.

Mode ini sangat pas saat anda ingin istirahat kerja hanya beberapa saat saja.

Hibernate

Pabila anda menggunakanmode Hibernate saat mematikan komputer, maka setiap proses yang berjalan akan tersimpan di hardisk.semua komponen komputer dimatikan jadi komputer anda akan benar² istirahat,

Men- start kembali komputer yang di Hibernate membutuhkan waktu yang agak lama karena dibutuhkan waktu untuk memindahkan  proses yang disimpan di hardisk ke RAM.itulah yang menjadi kelemahannya, dan untuk kelebihannya adalah tidak perlu kehabisan power dan kehilangan data proses yang disimpan.

Mode ini cocok di gunakan pada saat ingin  berhenti lebih lama dari pekerjaan.

Hybrid Sleep

Hybrid Sleep merupakan gabungan dari Hibernate dan Sleep,jadi saat komputer dimatikan  data proses berjalan akan tersimpan di hardiskdan segaligus tersimpan di RAM

Bila masih ada energi yang mengalir maka proses di RAM tetap tersimpan,tapi jika komputer kehilangan power maka data proses di hardisk masih ada.jadi mode ini menggabungkan  kelebihan Sleep dan Hibernate menjadi satu.

Jika dinyalakan lagi komputer akan mendeteksi proses yang tersimpan di RAM,jika masih ada maka akan menggunakannya,tapi jika hilang maka komputer akan menggunakan proses yang tersimpan di Hibernate.

Hybrid Sleep memang tak ada tombolnya, tapi anda bisa menyalakan  atau mematikannya ( on secara default ) apabila Hybrid di nyalakan maka proses Sleep  akan otomatis menggunakan Hybrid Sleep.

Pengaturan bisa diaskes melalui Control Panel-> Hardware and Sound-> Power Opotions->Change whan computer sleep->Change advanced power settings->sleep->Allow Hybrid Sleep->on/off.

Shutdown

Mode shutdown akan mematikan komputer secara total,bisa digunakan saat ingin meninggalkan pekerjaan dalam waktu yang lama atau juga ketika selesai dalam pekerjaan, karena komputer menghentikan setiap proses yang berjalan lalu mematikan seluruh komponen komputer.

Itulah beberapa mode yang tersedia dan silahkan pilih mana mode yang cocok untukmematikan komputer sesuai kebutuhan anda.

Sleep,Hibernate,Hybrid Sleep dan shutdown merupakan mode²  untuk mematikan komputwer di windows.

Facebook Comments