Pilih Mana Processor Android Quad-Core Lebih Baik Dari pada Octa-Core?

Sebagian orang membeli smartphone Android tertuju pada spesifikasi Processor dan RAM. Dikira semakin besar Processor dan RAM Android maka smartphone tersebut semakin bagus. Apakah memang begitu??masih tanda tanya besar tentunya.

Quad-Core vs Octa-Core

Banyak pilihan smartphone Android yang bisa dibeli, tapi apakah processor menjadi patokan untuk membeli device Android? Produsen menggunakan istilah yang membingungkan pembeli, seolah-olah pilihan yang ditawarkan adalah yang terbaik. Jika berpikir kalau device Android dengan Processor Octa-Core lebih baik daripada Quad-Core, ternyata itu salah.

Quad-Core vs Octa-Core?

Processor dengan Core besar belum tentu baguss

Ternyata tidak se-sederhana yang kita pikirkan,trenyata  cara kerj tidak akan meningkat hanya dengan menambah banyak Core, ada banyak faktor untuk membuat processor kerja lebih cepat. Karena masing² Core processor adalah salah satu bagian kecil dari keseluruhan kinerja processor.

Masing²core melakukan pekerjaannya sendiri² ,lebih banyak Core yang bekerja akan lebih baik, dan penggunaan  core processor ditentukan oleh aplikasi,banyak aplikasi diperbarui dengan menggunakan lebih dari satu core,padahal tidak semua aplikasi membutuhkan core banyak,misal saja aplikasi game yang hanya butuh sedikit core,tapi sayangnya processor mengaktifkan semua core,sehingga membuat baterai cepat habis.

Processor ARM vs Intel

Meski bentuknya terlihat kecil,namun terdapat banyak sirkuit yang menempel,masing² processor mempunyai elemen seperti core,memory cache, logic gate dan lainnya.

Design processor sangat berpengaruh pada cara kerjanya. Memahami  kinerja logic gate, mengatur sirkuit antara cache dan core denhan beberapa tweaks,dual core bisa lebih baik dari quad core,dan quad core lebih baik dari octa core.

Banyak pengembang processor untuk Android,ada dua yang ternama, ARM & Intel,kedua arsitektur ini memiliki banyak ide tentang bagaimana agar processor bisa bekerja lebih baik.

Qualcom,Samsung,NVIDIA dan Mediatek menggunakan referensi dari design arsitektur ARM, sedangkan Intel menciptakan processor dari arsitekturnya sendiri…

Dipasaran sebagian besar android  mnggunakan processor ARM dan Intel berada di urutan kedua yang sangat jauh.

ARM memiliki  ide big.LITTLE untuk core pada processor,dimana chipnya memiliki dua quad core (8 core) yang terpenting adalah processor quad core memiliki cara kerja yang maksimal,sedang processor lain di fokuskan pada efisiensi,terutama  baterai yang tahan panas.

Intel

Didunia teknologi intel berperan besar dengan menyaingi processor berbasis ARM,meski masih jarang ditemukan smartphone yang menggunakan chip Intel, tapi sekarang bisa di jumpai di device smartphone android sepeeti Asus dan lenovo.

Langkah besar Intel terbaru adalah mengembangkan Intel Core M untul mobile,mereka memiliki sedikit processor quad core untuk smartphone,mengingat processory yang digunakan untuk laptop sangat berbeda dengan mobile.

Seperti apa sih processor Octa-Core yang bagus?

Octa yang berarti 8,processor Octa core yang mempunyai 8 core,biasanya core yang berjumlah 8 ini tidak berjalan secara bersamaan,maka itu para produen mengatakan “True Octa Core”,yang mana 8 core ini akan berjalan secara bersama sama.

Meski sangat jarang sekali ada aplikasi menggunakan 8 core yang bisa berjalan bersamaan,nyatanya game Android terbaru yang berjalan baik pada processor quad core tidak memiliki persyaratan 8 core.

Jadi processor Octa Core lebih baik dari Quad Core?secara teknis memang iya,tapi jika tugas bisa ditanggung Quad core,maka Octa Core akan sia sia.

Apakah semua Quad Core mampu menyaingi  Octa Core?

Terhitung dari jumlah core pada suatu processor,core sendiri mempunyai banyak mode,contohnya seperti: processor seri Cortex-A  adalah yang paling banyak di pakai di smartphone selama ini,seri Cortex-A mempunyai banyak pilihan, berikut urutan varian dari yang hebat sampai yang biasa: A72,A57,A53,A17,A15,A9,A7,A5.

Mediatek MT6592 processor  Octa Core yang banyak di pakai smartphone ditahun 2014,ia memiliki core ARM Cortex-A7 yang berjalan bersamaan,clock antara 1.7GHz sampai  2GHz.

Sedangkan NVIDIA Tegra,processor  Quad Coreyang menggunakan  core ARM A15.karena  A15 lebih baik dari A7 maka Tegra 4 lebih unggul dari MT6592.

Pilihan processor yang tepat saat  membeli smartphone.

Kita tidak tahu smartphone ,ana yang mempunyai processor yang baik,selain arsitektur processor yang rumit,banyak faktor lain seperti RAM,GPU dan sebagainya yang perlu diperhatikan juga. Intinya bukanlah processor quad core atau octa core,melainkan cara kerja device secara keseluruhanlah yang terpenting. Sebelum membeli smartphone baru, baiknya review dahulu di situs² terkenal,disana akan ditemukan komentar² dari user yang sudah membeli smartphone tersebut,bahkan akan didapatkan alternative lain dari smartphone yang di inginkan.

Facebook Comments