Cara Mudah Masuk Safe Mode Windows 8 / 8.1

Apabila Windows bermasalah, baik internal maupun karena terinfeksi virus biasa menggunakan  safe mode,di safe mode bisa membooting Windows tanpa masalah,sebab Windows tidak meload driver dan proses lain dikomputer selain core system Windows itu sendiri. Dengan begitu melalui safe mode permasalahan di Windows bisa teratasi.

Ada 5 cara safe mode di Windows 8/8.1,dan berikut beberapa panduan untuk bisa masuk ke safe mode tersebut….

Safe Mode Windows 8  8.1

Dengan menggunakan System Configuration (MSCONFIG)

  • Cara ini yang paling banyak di lakukan orang karena merupakan cara paling mudah,caranya:   buka WinKey+R/ kotak RUN lalu ketik msconfig> Ok.
  • Pilih tab Boot,pada Boot Options beri tanda √ pada   Safe Boot  dan defaultnya pilih Minimal,selesai baru Ok.
  • Perlu Restart untuk melakukan perubahan setting ini,pilih  Restart atau  Exit without restart. Tergantung merestartnya kapan.
  • Saat restart berikutnya Windows8/8.1 akan masuk safe mode.

Melalui Troubleshoot Options

  • Saat memakai Windows cara ini bisa dilakukan: buka Charmbar (Winkey+C) setting>power button,Restart dan pastikan menahan tombol (SHIFT)selama proses restart.
  • Bila sudah masuk pilih Troubleshoot.
  • Di Troubleshoot options pilih Advanced options.
  • Kemudian clik Startup Setting.
  • Maka system akan memberitahukan daftar perubahan ketika disafe mode,selanjutnya pilih lagi restart.
  • Maka akan muncul 9startup settings safe mode, safe mode with Networking dan safe mode with Command Prompt yang bisa di pilih dengan menggunakan tombol F1 sampai F9,untuk safe mode pilih F4.
  • Nanti beberapa saat maka akan masuk safe mode.

Dengan Menambahkan Opsi Safe Mode di Boot Manager

Untuk mengaskes safe mode di Windows 8/8.1  di booting dahulu kedalam windows apabila mengalami kegagalan saat booting dan kita masih ingin askes safe mode untuk memperbaikinya mata tambahkan opsi safe mode di boot Manager sekarang juga,jadi disetiap booting akan disuguhi opsi untuk booting ke Windows atau safe mode.jadi ini suatu alternatif bila suatu saat Windows gagal booting dan ingin booting di safe mode maka tinggal buka boot Manager.

Jika ingin mencobanya ikuti cara berikut :

Dengan Menambah Opsi Safe Mode di Konteks Menu

Mungkin inilah cara tercepat untuk masuk ke safe mode Windows. Dengan opsi safe mode di konteks menu (clik kanan) Windows,mudah saja tinggal ikuti cara menambah opsi safe mode di clik kanan Windows,maka saat meng-clik kanan Windows akan muncul opsi untuk masuk ke safe mode.proses ini aman dan cepat.

Melalui Tombol F8

Tidak seperti versi sebelumnya, Windows 8/8.1 tidak ada menu safe mode yang muncul saat ditekan tombol F8 saat booting ,untuk menampilkannya gunakan kiat² yang sudah dibahas di cara masuk mode Windows8/8.1 dengan tombol F8 maka ketika booting dan tekan tombol F8 opsi untuk masuk safe mode akan ditampilkan aeperti gambar diatas.

Jika ada komentar atau ada masukkan silahkan komentar di kolom komentar yang tersedia.

Facebook Comments