Cara Gampang Mengatasi “Windows has detected an IP address conflict”

Jika anda mengalami masalah konflik alamat IP atau yang biasanya berupa pesan seperti ini “Windows has detected an IP address conflict” dalam jaringan lokal komputer anda,yang walaupun ada DHCP yang selalu memberikan alamat IP unik pada masing² komputer,itupun bukan jaminan untuk tidak adanya masalah.Tapi anda jangan khawatir karena ada Cara Mengatasi Windows has detected an IP address conflict.Berikut adalah cara atau langkah² untuk mengatasinya:

Windows has detected an IP address conflict

Jika ada pesan error seperti ini:

Network Error Windows has detected an IP address conflict

Another computer on this network has the same IP address as this computer. Contact your network administrator for help resolving this issue. More details are available in the Windows System event log.

Makna dari pesan diatas ialah:bahwa ada komputer atau perangkat lain dalam jaringan yang sama (jaringan lokal atau WiFi) yang memiliki alamat IP yang sama.Dampaknya ialah ķoneksi internet yang akan terganggu atau mati pada semua perangkat yang terpengaruh.Untuk itu anda bisa memilih langkah² dibawah ini.

Menggunakan alamat IP statis

Gunakan alamat IP statis yang jarang dipakai dan tidak urut,misalnya: 192.186.1.144.  Melalui Network Adapter anda bisa  menSetting IP Windows.Sebab jika kita memakai layanan DHCP (alamat IP dinamis) terkadang bisa menjadi konflik saat ada perangkat lain yang memakai alamat IP yang sama.

Reset setting DHCP Windows

Untuk mereset setting DHCP Windows anda tidak usah mengakses network adapter,hanya dengan menjalankan Command Prompt hak administrator kemudian ketik perintah²  di bawah ini:

  1. ipconfig /release – Ini untuk melepaskan konfigurasi jaringan Windows.
  2. ipconfig /renew – Ini untuk memperbarui setting IP Windows, jadikomputer ini akan mendapatkan informasi barudari modem atau router yang ada.

Restart modem atau router

Sebenarnya jarang sekali konflik Alamat IP yang dikarenakan konfigurasi router atau modem.Namun terkadang masalah itu disebabkan  oleh konfigurasi router atau modem tadi,sebab ada setting yang tersangkut dan membuat kerja DHCP terganggu.Jadi cara ketiga ini sangat mudah yaitu hanya dengan mematikan dan menghidupkan kembali perangkat,modem atau router anda.

Facebook Comments