Cara mengatasi “Selected boot image did not Authenticate pada Laptop atau Notebook

Pernakah kamu mengalami masalah ketika saat menyalakan komputer tiba² muncul pesan error, “Selected boot image did not Authenticate. Press <Enter> to continue”.tapi jika di tekan Enter maka akan langsung mati dan tidak bisa dilewati. Namun masalah ini hanya terjadi pada laptop dengan merek Hewlett-Packard (HP) yang menggunakan Windows 8.

Gagal booting dengan pesan error itu dikarenakan fitur Secure Boot yang lazim terdapat dalam UEFI di BIOS, yang berfungsi untuk mengamankan komputer agar tidak bisa booting dari media yang ilegal. Terkadang ada kerusakan atau masalah yang menghalangi fungsi booting komputer. Solusi untuk mengatasi masalah error ini bisa diketahui yaitu dengan mematikan fitur Secure Boot di BIOS.

Cara untuk mematikan fitur Secure Boot BiosBerikut adalah Cara untuk mematikan fitur Secure Boot Bios di Laptop atau notebook dengan merk HP: 
  • Nyalakan komputer dan akses ke BIOS, dengan menekan tombol Escape, F2 atau Delete tergantung BIOSnya.
  • Buka system Configuration dan cari Boot Options.
  • Temukan Opsi Secure Boot, rubah nilainya dari Enabled menjadi Disabled.
  • Tekan Enter dan simpan konfigurasi BIOS baru ini.
  • Keluar dari menu BIOS dan akan otomatis komputer kamu akan reboot sendiri

Itulah cara mudah Cara mengatasi “Selected boot image did not Authenticate, Semoga dengan mengikuti cara diatas, pesan error yang sebelumya muncul pada notebook atau laptop HP kamu sudah berhasil diatasi. Selamat Mencoba!!!

Facebook Comments