Cara mengatasi “USB Device Over Current Status Detected!!”

Pernahkah dapat pesan error “USB Device Over Current Status Detected”? Muncul pada BIOS? Kemudian”System Will Shutdown After 15 Seconds”.dan komputer blank atau mati sendiri. Ternyata penyebabnya tak lain adalah daya listrik (voltase) yang berlebihan pada port USB, dan mengakibatkan resiko merusak motherboard anda.

Solusi apakah yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini? apakah harus membongkar Komputer atau laptop kamu mari kita coba cara dibawah ini.

USB Device Over Current Status DetectedBerikut Adalah mengatasi pesan “USB Device Over Current Status Detected!!” tanpa harus bongkar Matherboard: 

1. Perangkat USB rusak 

Cek hardware komputer anda terlebih daulu seperti keyboard, mouse, flashdisk, DVD Driver, kabel data dsb. jika port USB rusak, coba lepas seluruh perangkat yang memakai USB dan nyalakan lagi komputernya, Apabila pesan tadi masih muncul maka cek satu persatu perangkat USB anda dan cari kerusakannya.

2. Port USB rusak 

Seperti cara sebelumnya,kalau berhasil booting tanpa ada USB yang terpasang maka coba pasangkan satu per satu di slot USB yang berlainan. mungkin kerusakannya pada port USB yang tersedia. Kalau ini yang anda alami maka lepaskan kabel USB bila port yang bermasalah ada di depan (front panel), mungkin karena pin USB bengkok. Apabila berada dibelakang maka sebaiknya matikan port USBnya melalui BIOS atau slotnya ditutup selotip dan beri label rusak.

3. Jumper listrik USB 

Berbagai jenis motherhood punya jumper untuk pengaturan daya listrik ke port USB. Pastikan voltasenya benar berdasarkan manual book dari motherhood anda.

4. Port USB Korsleting 

Bisa jadi masalah ground pada motherhood akan mempengaruhi port USB. jika anda berani membongkar PC anda maka lepaskan motherhood dari casingnya dan taruh diatas papan kayu atau kardus untuk mencegah konduksi listrik, lalu hidupkan lagi. Bila error tidak muncul lagi maka beri alas pada motherhoodnya komputer sebelum memasangnya kembali .

Bila keseluruham cara yang kami berikan diatas masih belum berhasil, Mungkin matherboard komputer kamu memang harus diganti tidak ada salahnya jika kamu beli matherboar baru.

Facebook Comments