Cara Mudah Mengatasi “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.” - CakTekno

Cara Mudah Mengatasi “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.”

Sudah berusaha belajar mengenai program java dan mencari cara untuk mengatasinya tapi pesan error “javac is not recognized as an internal of external command,operable program or batch file”, masih tetap muncul.

Pesan error ini disebabkan Windows tidak mengenali perintah javac (java compiler) yang berfungsi mengkomplikasi sources code java menjadi program,dari ekstensi.java menjadi .jar tapi jika ingin menjadi exe lain lagi ceritanya.

Mengatasi “‘javac’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file.”

Kesalahan ini sering muncul karena kesalahan java yang di install,yang di install adalah Java Runtime Environment (JRE) untuk menjalalankan program yang dibuat bukannya Java Development Kit (JDK)yang dipakai untuk mengembangkan software berbasis platform Java solusinya adalah? Silahkan install JDk untuk Windows.

Ingat,pilihlah jenis dan versi JDKyang sesuai dengan keperluan.

Memang repot memperbaikinya,tapi yang memudahkan belum disettingnya variable PATH Windows mengarah ke folder JDK yang sudah diinstall sebelumnya. Untuk mengeceknya dengan menjalankan system Properties yang bisa diaskes melalui Control panel, pindahkan ke tab Advance dan Clik tombol Environment Variables.

1

Pastikan anda menemukan PATH dalam kotak system variables,lali double-Clik atau Clik Edit untuk membukannya.

2

Menambah lokasi folder bin dari instalasi JDK yang berisikan javac dalam kotak variable value,dan pemisah antara variable adalah ; (titik koma) dan baru isikan.

3

Contohnya:  ” cmd;c:\Program File\Java\jdk1.8.0_17\bin “.

Lalu Clik OK untuk menyimpan konfigurasi yang baru. Untuk memastikan Windows telah mengenali variable Path baru ini silahkan me restart komputernya,maka error yang dialami sudah berhasil diperbaiki.

Semoga Bermanfaat!!!!

Facebook Comments