Masalah Yang Sering Terjadi pada LG Magic Remote Control dan Solusinya

Para penggunakan Smart TV LG akan dibekali remote control yang berbeda dari remote control biasa. Bentuknya unik dan tidak direpotkan dengan banyaknya tombol-tombol. Hanya tombol-tombol yang pokok saja dan bekerja seperti sebuah mouse pada komputer atau trackpad atau touchpad pada laptop. LG menyebutnya dengan Magic remote control. Berikut beberapa issue atau masalah yang mungkin anda temukan saat menggunakan Magic remote control.

Masalah Yang Sering Terjadi pada LG Magic Remote Control dan Solusinya

Masalah Yang Sering Terjadi pada LG Magic Remote Control

  1. Baterai cepat habis

Magic remote control ini boros baterai. Berbeda dengan remote control biasa, yang boleh di bilang sangat irit menggunakan baterai. Remote control biasa baterainya bisa tahan 6 bulan hingga 1 tahun baru ganti. Magic remote control berkisar 1 hingga 2 bulan sudah minta ganti baterai,itu kalau menggunakan baterai biasa, karenanya kita disarankan untuk menggunakan baterai jenis Alkaline. Kalau baterai-nya mau habis akan ada peringatan di layar TV-nya, bahwa baterai minta di ganti. Kalau tidak segera diganti Magic remote control-nya jadi seperti “hang”, tidak berfungsi.

Sebagai penyebab cepat habisnya baterai pada magic remote control ini adalah banyaknya aktifitas pada Smart TV. Kita sering menggunakan magic remote untuk browsing, memilih konten di Youtube, atau bahkan main game. Frekuensi penggunaan magic remote ini lebih tinggi jika dibandingkan remote pada TV biasa. Keluhan tentang borosnya baterai pada magic remote control ini juga bisa ditemukan di beberapa forum atau situs review produk. Mereka istilahkan dengan ‘poor battery life‘.

  1. Kurang nyaman dengan magic remote control

Sudah dijelaskan di atas, Magic remote control bekerja seperti sebuah mouse atau trackpad/touchpad. Tapi cara menggunakannya berbeda. Kalau mouse atau trackpad/touchpad, posisinya tetap berada di atas pad atau landasan. Sedangkan magic remote bergerak bebas tanpa landasan. Terkadang ini terasa sulit memposisikan pointer pada pilihan yang kecil. Misalkan saat memilih huruf-huruf dari keyboard di layar TV (On-screen keyboard). Bagi yang tangannya suka gemetar, akan merasa kesulitan menggunakan magic remote control ini.

  1. Tidak ada “Clik Kanan” (right clik)

Pada umumnya mouse pada komputer memiliki scroll dan tombol scroll, tombol klik kiri dan klik kanan, Hampir sama dengan Magic remote memiliki scroll, tombol scroll dan klik kiri namun tidak memiliki klik kanan. Walaupun dapat dipergunakan untuk browsing internet, layaknya komputer atau laptop, Smart TV tetaplah sebuah TV yang dilengkapi beberapa kelebihan. Namun Smart TV tidak bisa disamakan dan diharapkan bekerja sempurna seperti halnya komputer atau latop. Atas pertimbangan ini mungkin developer tidak memberi fitur klik kanan pada magic remote. Jadi khusus masalah ini, memang tidak ada solusinya.

Berikut berapa tips yang mungkin sesuai dengan anda:

  1. Gunakan baterai cas ulang (Rechargeable Battery).
    Beli satu atau dua pasang battery cas ulang yang bagus beserta charger-nya, yang ukurannya sama dengan battery untuk magic remote yaitu ukuran AA ( Biasanya baterai cas ulang memiliki kapasitas arus yang lebih tinggi dari battery biasa sehingga akan lebih tahan lama.

Ikuti petunjuk cas ulang battery. Lamanya pengecasan disesuaikan dengan kapasitas arus yang dimiliki battery. Biasanya berkisar 7 hingga 12 jam. Setelah pengecasan selesai harus dilepas dan disimpan. Jangan terus dibiarkan di cas melebihi waktu pengecasan, ini akan merusak battery dan bisa mengganggu fungsi Magic remote control atau bahkan dapat merusaknya juga. Jika battery yang di magic remote sudah habis segera ganti dengan battery yang sudah dicas tadi. Dan jangan memasang battery yang belum di cas dengan battery yang sudah di cas. Ini juga akan mengganggu fungsi magic remote.

Dengan demikian kita tidak perlu khawatir lagi kehabisan battery dan tentunya akan lebih irit.

  1. Gunakan smartphone atau tablet.
    Di play store terdapat cukup banyak aplikasi yang dapat memfungsikan smartphone atau tablet sebagai remote control TV. Anda bisa memilih sesuai dengan merk TV anda. LG menyediakan aplikasi remote sendiri untuk produk-produk LG. Ini bentuk support LG terhadap produk-produk LG. Syaratnya Smart TV dan perangkat android yang digunakan harus terhubung ke wi-fi modem yang sama. Silahkan anda install aplikasi ini di perangkat android anda.

Masalah Yang Sering Terjadi pada LG Magic Remote Control

Keterangan gambar:

  1. Touchpad
    Menggunakan smartphone atau tablet sebagai remote control pengganti persis seperti menggunakan trackpad/touchpad pada laptop. Cukup dengan menggeser-geser ujung jari di atas layar smartphone atau tablet untuk menggerakkan pointer pada smart TV.
  2. Tombol-tombol pilihan
    Sama seperti pada magic remote control di tambah tombol daftar channel TV, Channel favorit dan tombol Capture/screenshot. Hasil screenshot tersimpan di dalam folder gallery smartphone. Namun fitur ini hanya bisa digunakan untuk merekam gambar tayangan TV dan video. Tidak bisa merekam gambar saat browsing internet. Hasilnya blank alias gelap. Ketiga tombol ini tidak terdapat pada Magic remote control.
  3. Dari layar Mini home anda bisa langsung menuju ke Menu Premium, My Apps dan Smartshare seperti gambar di bawah ini. Dari menu Smartshare anda bisa langsung memilih video yang tersimpan pada laptop atau flashdisk.
  4. Tombol keyboard
    Yang menarik adalah jika browsing internet. Saat mengetikkan sesuatu di kotak pencarian Google muncul tombol keyboard, sehingga kita cukup mengetikkannya dari layar smartphone atau tablet. Dan ini lebih mudah dan menyenangkan dari pada memilih huruf satu-satu dari keyboard di layar TV (onscreen keyboard) dengan menggunakan magic remote. Seperti terlihat pada gambar di bawah sisi kanan.
  5. Game pad
    Satu kejutan lagi dari aplikasi android remote ini adalah adanya fitur Game pad. Smart TV LG menawarkan cukup banyak aplikasi game baik yang gratis maupun yang bayar. Ada dua pilihan game pad ini,basic dan full dengan cara menggeser tombol dipojok kiri atas.

Download saja aplikasi ini di ke komputer atau laptop, kemudian di install di smartphone atau tablet android anda. Atau langsung install dari smartphone atau tablet anda dengan mengunjungi  Playstore. Bagi pengguna iPhone atau iPad (iOS) atau windows phone silahkan download aplikasi LG Remote control ini di

[appbox googleplay com.lge.tv.remoteapps]

Dari fitur-fitur yang ada pada aplikasi android LG remote control, sepertinya bukan sekedar alternatif dari Magic remote control, tapi lebih kepada dukungan terhadap magic remote control. Karena beberapa fiturnya tidak terdapat pada magic remote control, seperti game pad atau screenshot/capture misalnya. Segera download mumpung belum di hapus.

  1. Gunakan tombol joystick (Joystick Button).
    Merupakan solusi darurat, ketika magic remote controlnya rusak, hilang atau kehabisan battery di tengah malam sementara toko-toko sudah pada tutup. Smart TV LG memiliki tombol joystick yang terletak di sisi tengah paling bawah layar TV dibelakang sensor remote control atau logo LG. Untuk kecil-besarkan suara atau volume gerakkan ke kiri-kanan, untuk memilih channel gerakkan ke atas – bawah. Untuk mematikan TV, tekan tombol joystick agak lama. Untuk menghidupkan TV.
Facebook Comments