Inilah Jenis-Jenis OS Smartphone

Disaat beli laptop atau PC, pilihan kita cuma 2, mau yang pake sistem operasi Windows atau Mac OS. Tapi saat beli Smartphone banyak pilihan sistem operasinya. Berikut beberapa sistem operasi pada smartphone yang mungkin perlu kita ketahui.

Inilah Jenis-Jenis OS Smartphone

Inilah Jenis-Jenis OS Smartphone

  1. Apple’s iOS.

Sistem operasi dari Apple Inc atau iOS. khususnya smartphone keluaran Apple juga, yaitu iPhone. Sejak di rilis di bulan Juni 2007 bersamaan dengan keluarnya iPhone pertamakali. Hingga saat ini cukup banyak seri iOS yang telah di keluarkan dan yang terakhir adalah iOS 8, dirilis September 2014 kemarin untuk smartphone terbaru Apple, yaitu iPhone 6 dan iPhone 6 plus.

Kecanggihan iOS 8 dengan iPhone 6-nya tak perlu diragukan lagi. Fitur yang di tawarkan sistem operasi ini diantaranya, Shazam yang terintegrasi dengan Siri, HealthKit dan HomeKit dengan tetap mempertahankan kelebihan yang ada pada iOS 7. Untuk applikasinya dapat di unduh di Apple’s App Store baik yang gratis maupun yang bayar dan seperti biasa, sangat user friendly.

Apple’s iOS dianggap sistem operasi yang exklusive karena tidak bisa dipergunakan oleh produk smartphone merk lain selain smartphone buatan Apple sendiri.

  1. Android.

Smartphone yang berbasis Android sangat banyak, karena sistem operasi Android ini gratis dan open source sifatnya. Android diciptakan oleh Google dan bekerja dengan google produk seperti Gmail, Google Drive dan Google Search. Andaipun tanpa akun Gmail, smartphone yang berbasis Android tetap bisa di fungsikan, namun akan lebih baik jika menggunakan akun Gmail.

Dirilis pada September 2008 dengan nama Astro, dan smartphone pertama berbasis android adalah HTC Dream yang dirilis pada Oktober 2008. Kemudian versi selanjutnya dari Android ini berturut-turut adalah Bender, Cupcake, Donut, Éclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean  dan terakhir adalah Kitkat.

Ditahun 2010 Google-pun merilis gadget seri Nexus. Deretan Smartphone dan Tablet yang berbasis sistem operasi Android hasil bekerjasama dengan produsen-produsen ternama. Seperti smartphone pertama besutan Google adalah Nexus One, hasil kerjasama dengan HTC.

Aplikasi-aplikasinya tersedia di Google Play Store dan banyak yang gratis,Smartphone yang berbasis Android diantaranya, Samsung Galaxy, Sony, LG, Asus dan lain-lain. Karena sifatnya yang open source, terdapat banyak aplikasi unik dan menarik tergantung kreatifitas dari masing-masing produsen smartphone.

  1. Windows phone.

Sedangkan Windows phone adalah sistem operasi dari Microsoft untuk smartphone, sebagai pengganti dari sistem operasi pendahulunya, yaitu Windows mobile. Ciri khas dari Windows phone adalah penggabungan dari Onedrive (untuk Microsof Exel dan Outlook) Xbox dan Bing di dalam sistem operasinya. Juga terdapat Live Tiles, yang merupakan fitur utama pada Windows 8 PC, yang akan selalu meng-update anda secara real time tentang berita, cuaca bahkan acara TV.

Sama halnya iPhone, Windows phone pun memiliki asisten pribadi digital yang bernama Coa, yang dapat membantu anda menghindari jalur lalulintas yang padat, pengingat hari Ulang tahun dan sebagainya.
Pemakai utama dari OS windows phone ini adalah Nokia Lumia. Software aplikasi untuk Windows phone dapat diunduh di Windows’s Phone App Store.

Sistem operasi Windows phone yang terakhir adalah  Windows 10 (mobile)  yang dirilis 2015 kemarin. Dengan dirilisnya Windows 10 ini, microsoft  ini sebagai pengganti  nama Windows phone seperti nama Windows 10 untuk PC.

Mungkin ini bagian dari strategi Microsoft agar kita beralih ke smartphone berbasis Windows 10. Kenapa..? Alasan Microsoft masuk akal. Bukan kah selama ini kita sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows ? Laptop kita, PC kita semuanya berbasis Windows. Dan kita sudah sangat familiar dengan sistem operasi windows. Jika handset kita atau smartphone kita juga berbasis windows, tentu akan lebih memudahkan kita. Mungkin ini yang dimaksud Microsoft. Seperti apa smartphone berbasis Wondows 10, kita tunggu saja.

  1. Blackberry OS.

Blackberry OS diciptakan oleh  RIM (Research In Motion)  dan pertama kali dirilis pada tahun 1999. RIM mengembangkan sistem operasi ini untuk smartphone Blackberry nya. Blackberry OS berbeda dari sistem operasi lain. Ciri khas nya yaitu memiliki trackball untuk pindah menu dan keyboard qwerty. Namun pada perkembangannya Blackberry pun merilis perangkat yang murni touchscreen seperti Blackberry Z10 misalnya.

Seperti halnya Apple, Blackberry OS merupakan sistem operasi yang eksklusif khusus untuk smartphone Blackberry saja. Produsen atau merk smartphone lain dilarang menggunakan sistem operasi Blackberry ini. Keluaran terbaru dari sistem operasi ini adalah Blackberry 10 yang diperkenalkan pada januari 2013 dan digunakan dalam Blackberry Z10, Q10, Z30, Z3, Q5. Dan sampai saat ini versi terakhir dari sistem operasi Blackberry adalah versi 10.3.1

  1. Symbian OS.

Secara resmi Symbian OS adalah milik Nokia,yang berarti perusahaan lain harus minta izin dahulu sebelum menggunakan system operasi ini.  Semenjak Symbian digunakan,Nokia menjadi besar untuk ponsel menengah kebawah ,dan juga populer di kalangan ponsel dual sim.

Dua update terbaru yang sekarang di pakai smartphone Nokia ialah Symbian ANNA  dan BELLE,karena performa dari keduannya sangat baik dan user friendly. Tapi sayang grafik permintaan Symbian OS terus menurun eiring meningkatnya popularitas Android dan iOS.

Ponsel yang berbasis Symbian antara lain: Nokia 700, Nokia 808 pure view, Nokia E6 (ANNA) dan Nokia 701 (BELLE)

Facebook Comments