Ini Perbedaan Antara Browser dan Search engine? - CakTekno

Ini Perbedaan Antara Browser dan Search engine?

Browser merupakan penjelajah internet, sedangkan Search engine adalah sebagai Mesin pencari. Sebagian besar orang begitu mengenal Google,bukannya Yahoo atau Bing,sedangkan kita mencari informasi diinternet adalah search engine,itu karena istilah Google begitu erat dengan dunia internet.
Apa bedanya antara browser dan search engine

Search engine seperti: Google, Yahoo dan Bing merupakan sebuah program yang digunakan untuk mencari informasi berdasarkan kata-kata yang kita ketikkan dikotak pencarian mesin pencari tersebut. Program search engine ini berbentuk website (halaman website) yang tidak terdapat pada komputer atau perangkat kita. Adanya di internet dan seperti halaman website lainnya, search engine ini berformat; www.google.com, www.yahoo.com, www.bing.com agar bisa dibuka oleh sebuah Browser. Tanpa aplikasi browser kita tidak akan bisa membuka search engine google, yahoo atau bing.

Untuk mengakses atau membuka halaman website search engine ini dibutuhkan sebuah Browser, yang diartikan sebagai Penjelajah internet. Browser atau penjelajah internet ini adalah sebuah software program yang terinstall di perangkat kita yang berfungsi untuk mengakses halaman website. Halaman website harus berbentuk World Wide Web (WWW) agar bisa dibuka oleh sebuah browser. Jika tidak maka tidak bisa dibuka oleh browser. Cukup banyak jenis browser yang bisa kita gunakan, di antaranya seperti Chrome, Firefox, Opera, Edge, Safari dan lain-lain.

Sulit bagi kita untuk menghafal halaman website yang begitu banyak dan berformat www.****.com lalu kita ketikkan di kotak address bar dari browser tersebut. Di sinilah peranan search engine. Kita jalankan dulu aplikasi browser, kemudian gunakankan search engine yang disediakan oleh browser tersebut, lalu kita ketikkan kata yang kita cari, maka search engine akan menampilkan daftar website-website yang memuat kata-kata tersebut. Kita klik salah satu website tersebut yang kemudian akan ditampilkan di halaman browser.

Kesimpulan:

  • Browser adalah software yang di install di komputer kita, sedankan search engine adalah program yang terdapat di internet.
  • Browser dipakai untuk membuka halaman web yang berformat www, sedangkan search engine dipakai untuk menampilkan daftar web yang memuat kata² yang kita cari.
  • Tanpa browser tidak bisa membuka search engine,karena ia bagian dar objek internet yang bisa diaskes memakai browser,sedangkan browser adalah aplikasi search engine.
  • Sekarang browser sudah terintegrasi dengan search engine masing²,sehingga sulit dibedakan mana search engine dan mana browser.

 

Facebook Comments