Apasih Miracast, Perbedaan DLNA, Wi-Fi Direct, Intel`s Widi, AirPlay dan Chromecast

Apakah  Miracast itu? Ibaratkan sebuah proyektor.bayangkan kita sedang presentasi menggunakan laptop yang terhubung dengan Proyektor digital. Data-data yang dibuka di laptop diproyeksikan ke layar yang lebih besar oleh proyektor digital sehingga semua yang hadir dapat melihat hasil presantasi kita. Apa saja yang ada di layar laptop, akan diproyeksikan ke layar yang lebih besar.

Sama juga dengan teknologi Miracast, fungsinya menampilkan apa saja ada pada layar sebuah perangkat ke layar perangkat yang lain. Misalkan kita menghubungkan smartphone dengan TV dengan teknologi Miracast. Apa yang muncul di layar TV adalah gambaran dari apa yang terdapat pada layar smartphone. Jika sedang browsing intenet dari smartphone, maka di layar TV pun akan menampilkan hal yang sama. Karena nya teknologi Miracast di sebut juga Screen Mirroring, cerminan layar. Namun istilah Screen Mirroring tidak hanya sebatas Miracast saja. Banyak teknik untuk Screen mirroring, diantaranya dengan menggunakan kabel HDMI. Karenanya Miracast dianggap sebagai “Wireless HDMI”.

Miracast

Maka Miracast adalah sebuah standar teknologi koneksi nirkabel yang memungkinkan sebuah perangkat mencerminkan isi layarnya pada layar perangkat yang lain. Standar ini ditetapkan oleh Wi-Fi Alliance yang mengacu pada spesifikiasi Wireless Display. Teknologi yang digunakan adalah teknologi Wi-Fi Direct sehingga ke dua perangkat dapat terkoneksi secara langsung tanpa memerlukan perantara.

Penggunaan Miracast.

1.Smart TV

Pada smart TV sudah tersedia tehnologi Miracast ini,karena sering dipakai sebagai layar penerima / cerminan dari laptop atau smartphone,fitur Miracast biasanya tertulis jelas hingga tak perlu mencarinya.

Home > Settings > Network.
Di dalam bagian ini terdapat Internet Connection, Wi-Fi Direct, Miracast dan lain-lain

2.Android

Pada android 4.2 keatas sudah didukung oleh Miracast,tetapi hanya nama yang berbeda tergantung produsen masing²,diantaranya: Play To / WirelessDisplay / Screen Mirror / Wireless Mirroring / Cast Screen /Screen Casting.  Semua itu bisa ditemukan di menu setting bagian wireless & Networkatau dibagian Display.

3.Windows

Fitur Miracast sudah digunakan pada Windows 8.1 keatas,tergantung komputernya.jika laptop dengan system operasi Windows 8.1 bisa dipastikan sudah Miracast compatible,jika menggunakan Windows upgrae dari Windows sebelumnya,kemungkinan belum didukung Miracast.

Intel mendukung Miracast dengan teknologi intel`s WiDi (wireless Display) komputer yang berlogo ini mampu menggunakan fitur Miracast, untuk menggunakannya komputer harus memenuhu ketentuan yang ada. Intel juga menyediakan tool untuk memeriksa apakah perangkat anda bisa menggunakan Intel`s WiDi atau tidak. Untuk itu downloadlah tool di website resmi Intel. Instal dan jalankan. Disarankan sebelum membeli laptop baru,periksa dan pastikan di laptopnya berlogo Intel`s WiDi.

Perbedaan Miracast dengan:

  1. Wi-Fi.

  • Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk koneksi internet atau perangkat lain melalui perantara berupa askes point atau wireless router.
  • Miracast juga menggunakan tehnologi yang sama tetapi tanpa menggunakan perantara untuk terkoneksi ke perangkat  lain.
  1. DLNA.

  • DLNA merupakan wujud lain tehnologi Wi-Fi, yang menggunakan askes point untuk terkoneksi ke perangkat lain.tetapi tanpa membutuhkan internet, hanya menumpang pada askes pointnya.dan tujuannya sekedar untuk berbagi konten media seperti audio,video dan foto.
  • Miracast tidak butuh askes point,dandapat terkoneksi langsung dengan perangkat lain tanpa perantara, dan miracast tidak berbagi konten media,tetapi hanya berbagi layar.

 

  1. Wi-Fi Direct.

  • WiFi Direct tetap menggunakan tehnologi WiFitapi tidah butuh perantara untuk terkoneksi dengan perangkat lainnya,penggunaannya yang luas termasuk pertukaran data secara langsung serupa bluetooth.
  • Miracast menggunakan tehnologi WiFi Direct hingga dapat berkomunikasi dengan perangkat lain secara langsung tanpa kabel. Tapi Miracast hanya digunakan sebagai cerminan isi layar dari perangkat lain yang sudah dipasangkan,seperti proyektor yang memproyeksikan layar laptop.Miracast disebut juga “Project”

 

  1. Intels`s WiDi.

  • Sama dengan Miracast, merupakan bentuk dukungan intel pada teknologi Miracast pada perangkat laptop/PC.

 

  1. AirPlay.

  • Merupakan wujud lain dari miracast,dan hanya di khususkan pada produk Apple dan berbasis Mac OS.

 

  1. ChromeCast.

  • Merupakan alat khusus dai Google yang dipakai untukkoneksi internet juga streaming multimedia.sepintas hasilnya mirip miracast,tapi tidak digunakan untuk screen Mirroring, dan difokuskan pada streaming multimedia dan askes internet. Jika anda belum mempunyai smart TV, alat ini berguna sekali. Cukup colokkan HDTV lama ke port HDMI.lalu install aplikasi chromecast dari play storedi smartphone anda,maka HDTV sudah seperti Smart TV,dan smartphone anda sebagai remotnya.

 

 

Facebook Comments