4 Cara mudah Melawan “Cyber Bullying” di Jejaring Sosial

Pernahkah anda, teman atau kerabat anda menjadi korban bully di media sosial,tentunya bikin kesal bukan, yaa,,,Cyber bullying atau bully saat ini sangat marak terjadi,dan bikin gerah hati. Meski tindakan tersebut tidak dilakukan secara nyata,tetapi dampak dari bully justru lebih besar dan berkepanjangan kepada korban bully nya.

Banyak jenis dari tindakan Cyber Bullying yang dilakukan pembully di media sosial, cara² nya bisa berupa ledekan yang ditulis dikolom komentar akun medsos korban, hingga cara yang paling tidak etis yang dilakukan,yaitu menjahili akun medsos korban dengan konten yang tidak sesuai.

Cyber BullyingTentunya tindakan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja,dan harus dilawan. Dan sebagai pemilik akun medsos jangan biarkan Cyber Bullying mengakar dan merusak kehidupan penggunanya.

Untuk menciptakan kehidupan yang baik dan tenang di kehidupan nyata maupun di dunia internet, berikut  caktekno.com mempunyai kiat² ampuh untuk melawan Cyber  Bullying di media sosial:

1. Jangan Respon

Tidak usah merespon komentar yang kesannya mengejek,mencaci,menghina atau mencela.jika sedikit saja kita bereaksi maka akan membuat pembully merasa puas dan akan melakukannya terus menerus.

2. Jangan Balas Dendam

Seperti pepatah, anjing menggonggong Khafilah tetap berlalu. Tidak usah dihiraukan terlebih lagi dimasukkan kehati yang bisa bikin dendam,tidak perlu membalas perbuatan mereka,karena jika terang terangan anda melawan maka mereka akan mencari sekutu untuk membully kita.

3. Simpan Bukti Bullying

Langkah berikutnya adalah meng-capture Bukti²bullying yang dilakukan di medsos anda baik itu berupa komentar,foto,atau pesan agar bisa jadi bukti yang bisa di tunjukkan ke pihak yang berwenang.

4. Lapor pada pihak berwajib

Apabila aksi para bullying masih berlanjut dan makin meresahkan kini saatnya anda memberitahu pada pihak pengelola medsos,guru,orang tua dan kerabat dekat. Dan terakhir lapor pada pihak yang berwajib bahwa anda merasa terganggu,dengan membawa semua bukti² yang anda simpan tadi.

Selain kiat² diatas,anda harus bisa menjaga keamanan privasi anda,dengan jangan terlalu detail menulis informasi data diri anda seperti alamat dan nomer telpon. Dan disarankan untuk selalu log out dari semua akun medsos milik anda agar menjaga dari hal² yang tidak diinginkan.

Hidup ini terlalu indah untuk dinikmati,jadi jangan terlalu larut dalam keputus asaan, jangan biarkan diri anda terhanyut oleh komentar² yang mengintimidasi anda,bangkitlah dan lawan siapapun yang mencoba merusak hidup anda baik di dunia maya,maupun di dunia nyata!

Facebook Comments