9 Tips Menjual Ponsel Bekas dengan Harga Tinggi

Berbagai macam Type pengguna ponsel,ada yang type setia dan menggunakan ponsel sesuai kebutuhan dan sesuai dengan isi dompet. Tetapi ada juga yang pembosan atau tukang selingkuh yang mudah terbuai oleh promosi kecanggihan dan fitur² yang di tawarkan ponsel²terbaru.

Kira² anda type yang mana tuh?? Dan apabila anda  type yang kedua, tentunya banyak kesulitan untuk menjual sendiri ponsel anda dengan harga yang tinggi,dan tentunya anda gk mau rugi banyak kan?kalau dipikir memang gampang² susah sich,,

Tips Menjual Ponsel BekasSayangnya tidak semua orang paham dan tahu cara menjual ponsel second dengan harga yang tinggi,makanya kali ini kita akan bahas tentang 9 tips agar ponsel bekas kita dapat terjual dengan harga tinggi.

1. Bersihkan Seluruh Body dan Layar

Bagi anda yang suka ganti² ponsel yang hanya dalam hitungan bulan,pastikan harus merawat baik ponsel anda,misalkan gunakan case dan lapisan anti gores pada saatbeli.jika saat ingin di jual lepaskan case dan lapisan anti goresnya,serta bersihkan body ponsel agar terlihat kinclong dan minim goresan. Karena tampilan luar akan menentukan nilai jual ponsel.karena pertama yang dilihat pembeli adalah kemulusan body ponsel tersebut. Ponsel yang masih mulus akan mempunyai harga jual yang tinggi,sedangkan ponsel yang penuh dengan goresan akan mendapat harga yang hancur.

2. Periksa Keengkapan Bawaan

Ponsel yang dijual tanpa dus dan kelengkapan bawaan harga jualnya tentu murah dibanding dengan yang lengkap. Jadi jual ponsel lengkap dengan aksesoris bawaan seperti pertama anda beli, maka harga jualnya tidak akan mengecewakan.

3. Kemas dan Tata yang Rapi

Selanjutnya kemaslah dengan rapi semua peralatan ponsel,kalau bisa susun seperti saat baru beli agar terlihat baru,sekali lagi ini adalah strategi agar ponsel dapat terjual dengan harga yang tinggi, karena biasanya seseorang memberi harga sesuai dengan tampilan luar,apabila awal melihat sudah tertarik maka harga pun akan jauh lebih baik.

4.  Jual ke orang dekat

Bila kondisi memang sangat bagus dan tampak baru,tak ada salahnya menawarkan ke saudara,teman maupun tetangga,biasanya anda akan mendapatkan harga tinggi. Apalagi dengan diberi kemudahan bisa mencicil misalnya, pasti mereka tanpa pikir panjang akan  membeli ponsel anda dengan harga tinggi. Dengan catatan orang tersebut benar² dekat dengan anda

5.  Jual Online atau ke Counter HP?

Apabila memutuskan untuk menjual Online maka buatlah deskripsi tentang kondisi ponsel anda secara detil,tak perlu berlebihan apalagi berbohong,tulis saja apa adanya. Lengkapi juga dengan foto²  menarik dari ponsel anda,karena dengan adanya foto biasanya akan semakin menarik minat calon pembeli.

Sebaiknya cari moment yang pas, seperti  saat hari besar hari raya atau tahun baru,karena pada musim liburan permintaan akan ponsel bekas maupun baru biasanya akan meningkat,semakin banyak penawar yang masuk tentunya semakin bisa memilih tawaran dengan harga yg tinggi.

6. Beri Harga yang Wajar

Tentunya sebagai penjual kita ingin mendapat penawaran yang tinggi, meski begitu kita harus tahu diri dalam mematok harga,jangan disamakan dengan harga pas kita beli baru atau malah lebih tinggi karena ingin mendapat untung,cara seperti ini yang bikin pembeli malas baca apalagi menawar. Cek dulu harga dipasaran baru pasang harga. Beri harga wajar akan membuat ponsel cepat laku.

7. pilih Sistem Pembayaran

Ada tiga pilihan sistem pembayaran yang bisa kita pilih,yakni Cash On Delivery,rekening bersama dan transfer langsung. Ada kekurangan dan kelebihan di ketiganya. Untuk cash on delivery adalah bertemunya penjual dan pembeli secara langsung dengan melakukan perjanjian di tempat yang sudah di tentukan,jadi pastikan mencantumkan alamat lokasi pertemuan dan waktu yang disepakati. Kelebihan dari transaksi ini tentunya uang akan cepat dan langsung diterima,disisi lain pembeli juga bisa melihat langsung bentuk dan barang secara langsung. Kekurangannya,pembeli akan terbatas dan hanya pada wilayah yang sama,jadi sebaiknya bersikap hati².pilih lokasi etemuan yang aman,ditempat umum seperti kafe,jangan sampai melakukan transaksi dipinggir jalan atau ditempat sepi.

8. Beri Jaminan

Apabila memang yakin bahwa barang masih mulus dan tanpa cacat, jangan segan memberi jaminan. Misalkan 3 x 24 jam apabila ada masalah maka uang bisa kembali. Tentunya pembeli akan merasa aman sehingga mau membeli dengan harga tinggi.

9. Jangan lupa Hapus dan Bersihkan seluruh data

Peringatan, sebelum melakukan hal² diatas jangan lupa bahwa ponsel anda sudah di factory reset. Pastikan tidak ada data yang tertinggal,termasuk juga kartu MicroSD dan Kartu SIM. Karena keduanya merupakan privasi dari si pemakai,jadi jangan jadikan sebagai bonus kepada pembeli ponsel kita.

Hanya karena ponsel dibeli dengan mahal,jangan  pernah memberi kan bonus berupa kartuSD yang pernah kita pakai sebelumnya,meski sudah dalam keadaan kosong. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan nanti,bisa sajadia berbuat iseng dan mencoba mengembalikan data yang sudah kita hapus sebelumnya. Bahayakan?

Begitu juga kartu SIM,meskipun itu didapat karena bundling,tetapi kita sudah registrasi atas nama kita. Makanya untuk menjaga keamanan dihimbaukan untuk tidak memberikan kartu SD dan kartu SIM, sebaiknya kita simpan saja.

Demikianlah 9 tips untuk menjual ponsel  bekas dengan mendapat harga tinggi, apabila ada asumsi lain,silahkan komentar di kolom yang sudah tersedia dibawah ini.

Facebook Comments