8 Cara Untuk Memperbaiki Google Play Store Tidak Bekerja/Error

Apa yang Harus Dilakukan Saat Google Play Store Tidak Bekerja? – Google Play Store adalah toko aplikasi mobile Google yang terintegrasi pada perangkat andorid. Namun, selama penggunaan, mengakses Google Play Store untuk mengunduh aplikasi, Banyak juga pengguna sering mengeluh tentang Google Play tidak bekerja intinya mengalami eror atau aplikasi tidak bisa terbuka.

Dalam artikel di bawah Caktekno.com akan memandu Anda melalui sejumlah cara untuk memperbaiki hal ini.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Google Play Store Tidak Bekerja?

play store error1. Kosongkan cache Google Play Store

Dalam kebanyakan kasus, solusi pertama ini untuk memperbaiki kesalahan dengan membersihkan cache. Untuk membersihkan sampah pada Google Play Store ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Buka Pengaturan => Apps. Klik Semua => Google Play Store, dan kemudian menemukan dan klik tombol Clear Cache.

2. Bersihkan Data Play Store

Mirip dengan cara membersihkan cache, kadang-kadang dalam beberapa kasus, menghapus data Play Store dapat membantu Anda memperbaiki kesalahan Play Store tidak bekerja.

Buka Pengaturan => Apps => Google Play Store, cari dan klik pilihan Hapus Data.

3. Uninstall pembaruan Play Store

Kadang-kadang update (pembaruan) Google Play Store dapat menyebabkan lebih banyak masalah daripada yang Anda bayangkan. Jika setelah memperbarui Play Store kesalahan itu, lebih baik bahwa Anda harus menghapus pembaruan pergi.

Buka Pengaturan => Apps => Google Play Store, kemudian cari dan klik update pilihan Uninstall. Proses ini akan membawa Google Play kembali ke versi asli (versi pertama diinstal pada perangkat Anda).

4. Hapus cache dan data Layanan Google Play

Buka Pengaturan => Apps => Semua => Google Play kemudian klik Clear Cache.

Jika kesalahan berlanjut, ikuti langkah-langkah yang sama tetapi pencarian, lalu klik opsi Hapus Data.

5. Pasang Play Services Google versi terbaru

Kadang-kadang versi baru dari Google Play akan stabil dan memiliki kompatibilitas yang lebih tinggi, sehingga solusi lain untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan men-download dan menginstal Google Play versi terbaru di perangkat Android Anda.

6. Atur akun Google Anda di perangkat Android Anda
Jika Play Store masih tidak berhasil, Anda bisa menyegarkan akun Google Anda di perangkat Android Anda. Untuk melakukan ini, Anda ikuti langkah-langkah di bawah ini:

– Buka Pengaturan => Account dan kemudian klik Google.

– Klik account Google yang ingin Anda hapus, kemudian klik ikon di sudut 3 titik di kanan atas lalu klik Hapus. Lakukan hal yang sama dengan akun Google yang berbeda pada perangkat Anda.

– Sebelah Settings => Account => Tambahkan Akun => Google, kemudian ikuti petunjuk pada langkah layar untuk menambahkan akun Anda.

7. Aktifkan Download Manager
Kadang-kadang Play Store tidak bekerja kemungkinan besar penyebabnya adalah karena Download Manager telah dinonaktifkan. Dengan hal ini:

– Pergi ke Pengaturan => Apps / Application Manager => Semua => Download Manager.

– Jika Download Manager dinonaktifkan, pada layar perangkat Android Anda Anda dapat melihat tombol Enable. Yang Anda butuhkan adalah dengan menekan dan pilih Aktifkan tombol untuk mengaktifkan Download Manager.

Jika layar Anda melihat tombol Berhenti dan tombol Disable (abu-abu seperti yang ditunjukkan di bawah ini), yang berarti bahwa Download Manager tidak dinonaktifkan dan Anda dapat mengecualikan kasus ini.

8. Reset Pabrik (mengembalikan pengaturan pabrik) data pada perangkat Anda

Jika Google Play Store masih tidak berhasil, Anda bisa menggunakan solusi factory reset (mengembalikan pengaturan pabrik) data pada perangkat Anda.

Catatan: Ketika reset pabrik (mengembalikan pengaturan pabrik), semua data Anda akan terhapus, jadi sebelum melakukan reset Anda harus membuat cadangan dari semua data.

Untuk melakukan hal ini:

– Buka Pengaturan => Backup & Resore dan memastikan bahwa cadangan slider data saya dalam mode ON. Klik Back up akun untuk memilih akun yang ingin backup data ke.

– Setelah Anda selesai, kunjungi Backup & Restore, cari dan ketuk Pabrik tombol Reset data. Konfirmasikan bahwa Anda ingin menerapkan proses ini. Setelah proses selesai, perangkat Anda akan kembali ke negara seperti saat dikirimkan. Semua data Anda akan dikembalikan setelah Anda masuk Akun Google Anda.

Facebook Comments