6 Cara Mudah Backup Data pada Android

6 Cara Mudah backup data pada Android – Data pada perangkat seperti ponsel atau komputer merupakan aspek sangat penting untuk pengguna. Tentunya anda juga patut mewaspadai data Anda dapat “hilang” hanya dalam beberapa detik. Oleh karena itu backup data adalah salah satu solusi yang paling penting untuk memastikan semua data Anda selalu dalam keadaan aman dan tidak khawatir lagi kehilangan.

Pada kesempatan kali ini Caktekno akan membagikan tips bagaimana untuk membuat cadangan data dan aplikasi pada smartphone Android.

6 Cara Mudah backup data pada Android

6 Cara Mudah Backup Data pada Android1. Gunakan MobiKin Asisten Android

Dengan MobiKin Asisten Android, proses backup data jadi lebih mudah dari sebelumnya. Anda tidak lagi harus takut kehilangan data, seperti kontak, pesan, aplikasi, gambar, video, dll pada perangkat Android Anda lagi.

Anda dapat menyimpan semua data Anda dengan aman dan cepat dengan MobiKin, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah men-download aplikasi dan menginstalnya pada smartphone android anda.

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat men-download ke komputer Anda dan instal MobiKin disini.
Jika menggunakan Mac, Anda dapat men-download ke komputer Anda dan instal MobiKin disini.
Setelah men-download dan menginstal MobiKin selesai, ikuti langkah-langkah petunjuk pada layar untuk backup data pada perangkat Android Anda.

2. Google Backup

Dengan mengakses Settings => Backup & Reset. Di sini Anda dapat menemukan pilihan untuk membuat cadangan data Anda, termasuk Wi-Fi password, aplikasi data dll Semua pilihan ini “terkait” dengan akun Google, sehingga data akan secara otomatis dipulihkan ketika menginstal ulang aplikasi.

3. Aplikasi Backup (untuk perangkat root atau non-root)

Buka Google Play Store pencarian, Anda dapat menemukan puluhan aplikasi backup data untuk perangkat Android. Yang penting adalah pilihkan aplikasi terbaik. karena untuk aplikasi tertentu fiturnya hanya bisa menyimpan data berupa pesan sms dll, Pilihlah aplikasi lain yang memungkinkan pengguna untuk backup semua data.

Salah satu aplikasi untuk backup data gratis yang caktekno.com rekomendasikan ke Anda adalah Easy Backup & Restore. Easy Backup & Restore memungkinkan untuk membuat cadangan semua data seperti kontak, log panggilan, pesan, kalender dan bookmark.

Cara backup semua yang ada di perangkat Android Anda dengan Easy Backup & Restore:
1. Download dan install Mudah Backup pada perangkat Android Anda.

2. Bila Anda membuka aplikasi, pada perangkat layar Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuat cadangan atau tidak. Klik Yes.

3. Pada titik ini pada layar perangkat akan menampilkan berbagai pilihan Anda dapat membuat cadangan seperti SMS, MMS, log panggilan, kalender, bookmark, kontak, kamus.

Setelah memilih pilihan yang Anda ingin backup, klik OK.

4. Anda akan diminta untuk menyimpan posisi backup data. Pilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan data cadangan.

5. Jika Anda memilih salah satu layanan penyimpanan awan ini, Anda harus login ke akun Anda. Jika Anda memilih kartu memori SD, Anda harus mengkonfirmasi direktori.

6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk nama file backup. Tanggal dan waktu diatur secara default.

7. Pada titik ini layar perangkat Anda dapat melihat data yang didukung. Setelah proses ini selesai Anda akan mendapatkan menu popup dimana file backup yang berhasil dibuat.

8. Jika perangkat Anda sudah di root, Anda juga dapat menyimpan data pada sebuah aplikasi. Jika tidak, Anda dapat mengklik Main Apps Menu kartu Peralatan dan membuat file cadangan berupa file apk pada perangkat Anda.

9. Jenis Hanya dipilih di daerah dialog terletak di sebelah aplikasi yang ingin menyimpan dan kemudian klik Backup.

10. Bila Anda ingin mengembalikan aplikasi atau data, Anda cukup menekan tab Restore. Anda akan diminta untuk menyiapkan cadangan Mudah sebagai aplikasi default SMS.

11. Pilih file backup yang ingin anda restore. Pada layar perangkat Android akan menampilkan popup window yang berisi rincian dari data yang akan dikembalikan. Tugas Anda adalah untuk klik OK untuk menyelesaikan.

4. Aplikasi Backup (untuk perangkat root)

Jika perangkat Android Anda telah di Roor, gunakan Titanium Backup yang memungkinkan Anda untuk membuat cadangan seluruh data di telepon.

5. Back up semua data pada komputer Anda (PC backup)

Helium adalah salah satu alat yang hebat untuk menciptakan cadangan data tanpa membutuhkan akses root. Yang Anda butuhkan adalah untuk menginstal aplikasi Helium pada perangkat Android Anda, dengan menggunakan versi Desktop untuk perangkat pasangan.

Setelah koneksi selesai, Anda dapat membuat cadangan data seperti Titanium backup tanpa akses root.

Instal Helium pada perangkat Android dan PC:
1. Download aplikasi Helium pada perangkat Android Anda dan instal.

2. Download Helium pada komputer Anda dan instal.

3. Gunakan kabel USB untuk menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer Anda.

4. Aktifkan USB Debugging pada perangkat Android Anda.

5. Anda akan diminta untuk mengganti koneksi USB ke PTP (modus modus kamera).

6. Anda akan diberitahu penerimaan komputer dengan kunci RSA.

7. Sekarang di Helium pada jendela komputer akan muncul tanda biru memberitahu Anda terhubung dengan sukses dan cadangan telah diaktifkan Helium

8. Pada layar perangkat Android Anda akan menerima pemberitahuan yang sama. Sekarang Anda dapat memutuskan perangkat Android Anda di komputer.

9. Perhatikan bahwa sebelum melepaskan kabel USB yang Anda butuhkan untuk membangun konektivitas antara perangkat Android dan komputer Helium.

Cara Backup data pada Android dengan Helium:
1. Pada layar Helium pada perangkat Android Anda, Anda akan melihat adalah Backup dan Restore menu pertama yang memungkinkan Anda untuk memilih aplikasi yang ingin Anda back up dengan mencentang kotak yang terletak di sebelah area aplikasi.

2. Jika Anda ingin menyimpan semua aplikasi, Anda geser ke bawah layar. Cari dan pilih Pilih Semua.

3. Anda dapat memilih untuk membuat cadangan semua (aplikasi dan data) atau hanya backup data.

Catatan ada beberapa aplikasi yang tidak dapat didukung oleh Helium.

4. Pada jendela berikutnya ketika Anda klik Backup, Anda akan diminta mana setiap lokasi yang diinginkan dari penyimpanan cadangan: memori internal, memori eksternal atau layanan could lainnya (hanya untuk versi Pro) .

5. Pada Restore dan Sync Anda dapat terhubung ke layanan cloud untuk menyimpan dan mengakses backup Anda. Atau Anda dapat mengakses backup dalam memori dari atau sehubungan dengan perangkat lain.

6. Dalam proses implementasi Anda akan diminta untuk memasukkan password atau PIN ke perangkat Anda jika Anda menetapkan password atau PIN untuk perangkat Anda.

7. Jika Anda ingin mengembalikan backup, begitu sederhana Anda hanya perlu membuka Restore & Sync kartu dan menemukan cadangan. Anda juga dapat menghubungkan untuk men-download Helium komputer Server.

6. Gunakan kabel USB untuk menghubungkan komputer ke perangkat Android Anda

Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan kabel USB untuk menghubungkan komputer ke perangkat Android Anda, kemudian buka Windows Explorer dan arahkan untuk menemukan perangkat Android Anda. Di sini Anda dapat melihat folder seperti gambar, video, musik dan dokumen.

Hanya membuka setiap folder dan copy dan paste data yang Anda ingin menyimpan di komputer selesai.

Facebook Comments