3 Tanda Android yang Terkena Virus dan Cara Mengatasinya

3 Tanda Android yang Terkena Virus dan Cara Mengatasinya – Selain iOS, Android adalah salah satu sistem operasi mobile paling populer saat ini. Oleh karena itu tidak ada yang terkejut ketika Android menjadi target dan “umpan” hacker.

Jika Anda menemukan bahwa perangkat Android Anda memiliki tanda-tanda di bawah ini, bisa jadi perangkat android kamu terserang virus dan serangan malware.

3 Tanda Android yang Terkena Virus dan Cara Mengatasinya1. Kecepatan perangkat semakin melambat
Seperti komputer, infeksi virus yang aktif di proses latar belakang akan membuat perangkat Android Anda semakin lambat.

Jika sebelumnya perangkat Android Anda bekerja cukup cepat dan kemudian tiba-tiba Lemot atau prosesnya sangat lambat, semua aplikasi yang Anda buka ditutup paksa, atau restart secara otomatis, mungkin perangkat Anda telah terkena virus atau malware.

2. Lalu Lintas Data Tidak Seperti Biasanya

Ketika virus spammer beroperasi di proses latar belakang perangkat Android Anda, dan tiba-tiba anda merasa bahwa penggunaan data anda meningkat drastis padahal anda tidak melakukan aktifitas apapun, hal iu bisa jadi adalah salah satu ciri Android anda terkena Virus.

3. Android Mudah Panas dan Baterai Cepat Habis
Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu baterai android anda gampang habis dari biasanya meskipun tidak dipakai. Untuk memeriksa aplikasi mana yang menyebabkan baterai anda cepat habis di perangkat Android Anda, Anda mengakses Settings => Battery

Bagaimana cara menghapus virus dan malware dari perangkat Android

Jika perangkat Android Anda memiliki virus atau aplikasi berbahaya, lebih baik Anda harus menghapus virus ini sesegera mungkin.

Untuk menghilangkan virus atau aplikasi berbahaya pada perangkat Android anda, Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Tugas pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengaktifkan modus penerbangan untuk mencegah virus domay tidak dapat mengirim informasi lain. Untuk melakukannya, tekan dan tahan tombol Daya sampai layar muncul pada menu pilihan boot, Anda memilih mode pesawat (Mode pesawat).
  • Langkah selanjutnya adalah menghapus aplikasi yang anda curigai mengandung virus. Untuk melakukan ini, Anda mengakses Settings => Applications. Menemukan aplikasi, klik Applications dan pilih Uninstall.
  • Dalam kasus jika Anda tidak dapat benar-benar menghapus virus yang sudah menyerang android kesayangan anda, pilihan terakhir Anda adalah Factory Reset Android Anda.
  • Memindahkan setiap penyimpanan foto dan data penting lainnya pada perangkat Anda yang belum disimpan di drive USB atau upload ke Dropbox. Kemudian Pengaturan akses => Backup dan reset.
  • Pastikan bahwa data aplikasi, password dan pengaturan telah dicadangan layanan Google. Setelah mengkonfirmasi cadangan, Anda pilih Factory data reset.
  • Setelah reset selesai, Anda melakukan login Account Google untuk mengembalikan data Anda. Sekarang Anda dapat men-download dan menginstal ulang aplikasi penting, gambar bergerak dan data penting Anda pada gadget.
  • Setelah Anda menghapus aplikasi berbahaya, untuk memastikan lebih lanjut, Anda mengakses Settings => Security dan hapus centang pada pilihan Unknow Source untuk melindungi ponsel Anda agar tetap aman, jauh dari aplikasi berbahaya.
Facebook Comments