10 Error/Kesalahan di Google Play dan Cara Mengatasinya

Untuk pengguna Android, pemasangan aplikasi dari Google Play memang tampak mudah, namun seringkali banyak terjadi error atau kesalahan saat proses download sedang berlangsung di Google Play, Nah jika anda baru-baru ini mengalami masalah yang sama kali ini caktekno akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki error/kesalahan yang sering terjadi di Google Play Store.

10 Error/Kesalahan di Google Play dan Cara Mengatasinya

google play error1. Item ini tidak tersedia di negara Anda (This item isn’t available in your country)

– Untuk mengatasi Item ini tidak tersedia di negara Anda pada Google Play Store, pertama-tama buka Google Play Store, kemudian masukkan kata kunci “VPN” untuk menemukan VPN klien, download dan diinstal pada perangkat mobile Anda.

Anda dapat menggunakan SuperVPN, tapi aplikasi ini hanya menawarkan 20 hari trial. Atau alternatifnya Anda dapat menggunakan aplikasi alternatif seperti TunnelBear VPN dll.

– Instal aplikasi dan tunggu sampai selesai. Klik ikon di sudut 3 titik pada perangkat layar kanan atas, lalu pilih Pilih Lokasi. Dari daftar yang ada klik/pilih negara Amerika Serikat.

– Selanjutnya klik tombol Connect di tengah dan tunggulah sampai aplikasi benar-benar terkoneksi untuk membuat Private Network (jaringan pribadi).

-Langkah berikutnya adalah proses menghapus data Play Store. Buka Pengaturan => Apps => Google Play Store => Hapus Data untuk menghapus semua data yang telah Anda siapkan di Play Store.

– Buka aplikasi Play Store dan klik Terima. Sekarang Anda dapat men-download dan menginstal aplikasi yang telah diblokir di beberapa negara.

Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas dan masih tidak berhasil mengatasi masalah This item isn’t available in your country, Anda dapat menggunakan ID email yang berbeda. Anda dapat menambahkan beberapa ID email dengan pergi ke Settings => Account => Tambahkan akun.

2. Mengatasi Kesalahan Error 491 Google Play Store

Penyebab: download dan update tidak dapat dilakukan

Solusi: Hapus akun Google, restart perangkat, kemudian login kembali akun google anda.

3. Mengatasi Kesalahan Error 498 Google Play Store

Penyebab: download dari google tidak berhasil

Cara memperbaikinya: karena cache perangkat penuh, sehingga Anda harus menghapus aplikasi (file) tidak diperlukan. Boot perangkat ke modus recovery mode (tekan tombol volume – tombol power dan tombol home pada saat yang sama – untuk perangkat samsung | atau tombol pengatur volume – dan tombol power – contoh untuk perangkat Android lainnya), kemudian pilih wipe cache.

4. Mengatasi Kesalahan Error 919 Google Play Store

Penyebab: Download selesai, aplikasi tidakdapat terbuka.

Solusi: Perangkat Anda penuh, hapus beberapa file (foto, musik, film) atau aplikasi yang tidak perlu.

5. Mengatasi Kesalahan Error 413 Google Play Store

Penyebab: download dan update tidak dapat dilakukan. Jika Anda menggunakan proxy, Cobalah untuk tidak mengaktifkan proxy ntuk koneksi internet anda.

Solusi: Hapuslah cache browser Internet Anda, dan cache aplikasi Google Play.

6. Mengatasi Kesalahan Error 923 Google Play Store

Penyebab: download gagal, kesalahan sinkronisasi akun google atau memori cache.

Solusi: menghapus (drainase) akun google, menghapus aplikasi yang tidak berguna (tidak digunakan) untuk memlonggarkan kapasitas penyimpanan. Reboot perangkat ke recovery mode pilih wipeCache.

7. Mengatasi Kesalahan Error 921 Google Play Store

Penyebab: gagal memuat aplikasi.

Solusi: menghapus cache dari google play store, jika tidak maka menghapus seluruh data aplikasi, atau instal ulang aplikasi. Selanjutnya Hapus akun Google, restart perangkat, kemudian Masukan akun Google Anda kemali untuk menggunakannya.

8. Mengatasi Kesalahan Error 927 Google Play Store

Penyebab: gagal memuat karena aplikasi sedang diperbarui.

Solusi: menunggu update dari aplikasi / game selesai, dan kemudian jalankan kembali.

9. Mengatasi Kesalahan Error 101 Google Play Store

Penyebab: Aplikasi ini tidak memuat karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang.

Solusi: Hapus beberapa aplikasi yang tidak terpakai.

10. Mengatasi Kesalahan Error 481 Google Play Store

Penyebab: akun Google rusak.

Cara untuk memperbaiki: menghapus account lama, menggunakan akun lain (atau daftar akun baru).

google play error

Facebook Comments