Bagaimana Nasib Ponsel BlackBerry Sekarang?

Siapa yang tak kenal dengan nama BlackBerry, Smartphone ini sempat menjadi idola kaum muda pada tahun 2000an, Tapi siapa sangka, karena kalah persaingan dan inovasi membuat BlackBerry kini namanya semakin tenggelam di pasaran. Orang lebih suka menggunakan ponsel Android atau iOS dibandingakan dengan BlackBerry.

Menurut informasi yang kami kutip dari Business Insider, Jumat (17/2/2017) Pada kuartal keempat tahun 2016 ada lebih dari 431 juta smartphone yang terjual di seluruh dunia namun hanya 207.900 saja perangkat yang menggunkan sistem operasi BlackBerry, Itu artinya perusahaan smartphone BlackBerry hanya mendapat pangsa pasar kurang dari 1 persen saja.

Blackberry

Posisi pertama ditempati Android yang mengusai pangsa pasar global dengan penjualan perangkat sebanyak 352,7 juta unit atau sekitar 81,7 persen. Sedangkan untuk posisi kedua ditempati oleh iOS dengan 77 juta unit perangkat atau sekitar 17,9 persen.

Ditahun emasnya Blackberry banyak digunakan oleh kalangan mahasiswa dan sempat menjadi gaya hidup para professonal. Yang paling menarik dari smartphone ini pada kala itu adalah adanya tombol qwerty fisik serta fungsi email dan messaging, yang hampir ponsel lain belum memiliki fitur ini.

Sayangnya, perusahaan ini kehilangan pesona di mata penggunanya setelah Apple meluncurkan iPhone di tahun 2007. Lambat laun, penjualan ponsel BlackBerry pun kian hari semakin menurun karena kalah dalam persaingan.

Akhirnya, pada tahun 2016 BlackBerry mengumumkan bahwa perusahaannya tak akan lagi memproduksi ponsel sendiri dan membuka kemitraan dengan pihak ketiga untuk memprosuksi ponselnya.

Facebook Comments