5 Tips Mencegah virus Trojan di Android

5 Tips Mencegah virus Trojan di Android – Kalian pasti virus Trojan, malware yang bernama trojan memang hal yang sangat sering menjangkit PC atau laptop. Namun Tahukah anda bahwa virus Trojan sudah bisa menyerang android. Lantas Bagaimana cara untuk mencegah virus Trojan agar tidak menjadi momok menyeramkan yang menjangkit HP Android.

Seperti yang kita ketahui virus Trojan mampu mengambil informasi atau data penting pada device sudah terjangkit virus ini.

Mulai sekarang sebaiknya Anda harus berhati-hati dengan cara jangan mendownload aplikasi yang tidak Anda kenal atau belum terpercaya. Karena bisa saja dalam aplikasi tersebut disisipi virus torjan oleh pembuatnya.

Nah maka dari itu, kali ini Caktekno.com akan berbagi tips tentang cara agar smartphone atau hp Android kita aman dari virus Trojan.

Mencegah virus Trojan di Android5 Cara Mencegah virus Trojan di Android

1. Jangan Mengaktifkan Unknown Sources

Pada pengaturan Android terdapat pengaturan untuk mencegah aplikasi aplikasi yang tidak jelas agar tidak bisa diinstal pada hp Android kita, hal ini dimaksudkan agar HP Android kita selalu aman nulis virus-virus yang biasanya ada dalam aplikasi aplikasi Android yang belum terverifikasi oleh Google Play Store.

Jika kita tidak mengaktifkan Unknown Source pada setingan android akan sangat berguna untuk menutup sedikit celah virus untuk masuk ke dalam sistem operasi Android kita

2. Selalu Baca Review Aplikasi Sebelum Download

Banyak sekali aplikasi Google Play Store yang dapat kita download secara gratis namun Tahukah Anda dari beberapa aplikasi tersebut tidak semuanya aman untuk kita install. Nah mulai sekarang bacalah review dari cerita sebelumnya sudah mendownload aplikasi tersebut. Dengan membaca review sebelum kita mendownload aplikasi kita akan tahu apa saja yang membuat user nyaman atau tidak memakai aplikasi tersebut.

3. Waspada Permissions
Permission memang hal yang biasa muncul pada saat kita menginstal aplikasi di hp Android, hal ini dimaksudkan agar kita benar-benar tahu apa saja yang dibutuhkan aplikasi dan hal apa saja yang bisa diakses oleh aplikasi tersebut.

Misalkan sebuah aplikasi yang kita instal membutuhkan akses jaringan atau internet maka sebelum kita menginstall aplikasi tersebut pasti ada izin akses aplikasi untuk membuka jaringan internet.

4. Jangan Instal Aplikasi Selain dari Google Play Store

Seiring berjalannya waktu banyak sekali aplikasi selain Play Store yang menyediakan banyak kontent yang bisa kita download. Namun keamanan pada aplikasi pihak ketiga tidak seketat keamanan pada Google play Store, saidah besar kemungkinan aplikasi dalam toko pihak ketiga tersebut disisipi virus-virus yang akan membayarkan keamanan HP Android anda.

5. Install Anti Virus

Cara yang terakhir untuk meminimalisir atau mencegah virus masuk ke dalam HP Android anda adalah dengan memasang antivirus yang sudah banyak digunakan oleh user lain dan sudah terbukti ampuh untuk menangkal serangan virus terhadap hp Android kita.

Semoga dengan 5 tips di atas hp Android kita akan sulit diserang oleh virus yang membahayakan data di Android kita. Selamat mencoba

Facebook Comments