Minuman Berenergi, Apakah Layak Untuk Dikonsumsi?

Pastinya sudah banyak yang tahu bahwa minuman berenergi tidak baik untuk kesehatan, tapi adakalanya pasti kita masih ingin meminumnya sebagai tambahan tenaga, Lantas, bagaimana efek yang ditimbulkan, berbahayakah?

Menurut penelitian yang dilakukan Rainbow Light Nutritional Systems, menyatakan bahwa sepanjang minuman itu tidak dikonsumsi secara berlebihan dan hanya diteguk sekali-sekali dan dalam jumlah sedang, kamu tidak perlu takut dan khawatir.

Efek samping minuman berenergi

Dilansir Caktekno.com dari Shape.com, Menurut Marci Clow, direktur riset di Rainbow Light Nutritional Systems menyatakan bahwa, minuman berenergi memiliki beberapa kandungan diantanya kafein, gula, dan pemanis buatan.

Bahkan dalam beberapa minuman berenergi mengandung 10 sendok teh gula atau sama dengan sekaleng minuman soda. Itulah sebabnya minum satu atau dua kaleng minuman berenergi dapat membuat berat badan naik drastis akibat banyaknya kandungan gula.

Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi pemanis buatan secara terus menerus dapat menyebabkan ketagihan, itulah sebabnya orang yang sudah terlanjur sering minum, minuman berenergi akan cenderung sulit untuk berhenti.

Bicara soal kafein yang ada dalam minuman berenergi dapat memberikan dampak yang berbeda dikalangan peminumnya, beberapa ada yang sering merasa gugup tapi ada juga yang tidak merasakan efek apa apa.

Sebenarnya minuman berenergi dapat memberikan tambahan energi yang bersifat sementara, ketika efeknya sudah hilang, kita akan merasa lelah dan letih lagi bahkan bisa lebih payah dari sebelumnya.

Menurut penelitain lain yang dilakukan jurnal Advances in Nutrition. menyebutkan bahwa dampak yang bisa terjadi apabila terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi dapat memicu masalah kesehatan lain, seperti kerusakan otak. Bahkan ada temuan yang menyatakan, mencampur minuman alkohol dengan minuman berenergi ternyata 3 kali lebih memabukkan.

Bagi kamu yang membutuhkan tambahan energi buat menghadapi aktifitas padat, ada baiknya kamu minum secangkir kopi hitam saja, selain harganya yang relatif lebih murah, kopi pun tidak mengandung pemanis buatan.

Facebook Comments