5 Dampak Buruk Insomnia Bagi Kesehatan - CakTekno

5 Dampak Buruk Insomnia Bagi Kesehatan

Dampak Insomnia

Gangguan susah tidur atau yang bisa disebut dengan Insomnia merupakan masalah tidur yang paling umum dijumpai. Kadang kala, orang yang mengalami Insomia kuat berhari hari tidak tidur.

Dilansir Caktekno.com dari Telegraph.co.uk, Berikut adalah 5 dampak buruk insomnia bagi kesehatan

1. Meningkatkan kecemasan

Gejala susah tidur atau Insomia bisa berakibat seseorang lebih muda merasa cemas atau khawatir terhadap sesuatu. Kurang tidur, akan mengakibatkan hormon kortisol (hormon stres) akan semakin meningkat. Dampaknya akan membuat detak jantung dan tekanan darah tinggi juga meningkat. Usahakan untuk selalu bisa rileks dan tidak stres untuk mencegah insomnia.

2. Marah marah tanpa alasan yang jelas

Penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi kesehatan otak, orang yang terkena insomnia akan cenderung lebih sensitif, akibatnya mereka akan mudah marah dengan hal-hal sepele saja.

3. Penuaan Dini

Saat tidur, Sebenarnya adalah merupakan proses regenerasi sel-sel dan jaringan kulit. Apabila, Kita kurang tidur dapat mengakibatkan produksi kolagen menurun, Dampaknya, penuaan akan lebih cepat terjadi.

4. Menambah Nafsu Makan

Ternyata memang ada kaitannya antara insomnia dengan kegemukan, Sebab kurang tidur dapat memicu seseorang jadi lapar, Akibatnya, Keinginan makannya juga akan meningkat.

5. Susah Berkonsentrasi

Orang yang susah tidur, akan sangat rentan dengan penurunan fungsi kognitif. Mereka akan sulit berkonsentrasi tatkala sedang mengemudi, itulah sebabnya orang yang mengantuk dilarang untuk mengendarai kendaraan karena akan sangat beresiko menimbulkan kecelakaan.

Facebook Comments