Ini dia Pulau Kecil yang Jadi Rebutan 4 Negara - CakTekno

Ini dia Pulau Kecil yang Jadi Rebutan 4 Negara

Rockall adalah nama dari pulau batu tak berpenghuni yang sangat kecil dan biasa-biasa saja seperti pulau lainya, pulau ini terletak sekitar 480 km di lepas pantai barat daratan Skotlandia. Rockall memiliki lebar lebih dari 25 meter dan tinggi 21 meter, pulau yang dulu sebenarnya adalah plug vulkanik punah ini tampaknya tidak memiliki fitur yang menonjol entah dilihat dari sisi keindahan alamnya ataupun sisi lainya.

Namun, kabarnya kecil ini sudah lama menjadi perselisihan internasional selama lebih dari setengah abad. Empat negara itu adalah Inggris, Irlandia, Islandia, dan Denmark, semuanya mngklaim pulau ini adalah milik mereka. Mengapa negara-negara ini begitu tertarik pada sepotong batu di antah berantah ini? Jawabannya terletak pada banyaknya ikan di area sekitarnya dan cadangan minyak serta gas yang besar yang tersembunyi di dasar laut sekitarnya, pantas saja begitu banyak negara yang pengen mengakui pulau ini.

article-2696222-00033F7F00000258-761_634x394

Rockall adalah piramida granit vulkanik yang muncul dipermukaan Atlantik  bisa di ibaratkan seperti sirip hiu raksasa. Laut di sini sangat menggelora, sehingga hampir tidak mungkin untuk menentukan tinggi pulau kecil ini secara akurat.

obr5Tepat pada tanggal 21 September 1955, sebuah helikopter Angkatan Laut mendarat di Rockall dan menurunkan tiga tentara dan seorang ilmuwan, yang kemudian mengibarkan bendera Inggris dan menaruh plat semen yang menyatakan bahwa pulau kecil itu adalah milik Ratu Elizabeth II.

nick-hancock

Dan pada tahun 1972, Undang-undang inggris yang disahkan oleh parlemen, secara resmi menyatakan bahwa pulau Rockall adalah bagian dari Britania Raya. Tapi klaim tersebut tidak diakui oleh negara lain.

Facebook Comments