Inilah Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia - CakTekno

Inilah Bangunan Islam Paling Menakjubkan di Dunia

Begitu banyak bukti bangunan yang menunjukkan peninggalan sejarah Islam yang tersebar di seluruh dunia. Mulai dari masjid, benteng, jembatan bahkan istana semua bangunan ini menunjukkan betapa besarnya agama islam berkembang di daerah tersebut. Kesemuanya itu berdiri dengan begitu kokoh, unik dan terlihat begitu megah. Tak jarang tempat-tempat ini menjadi pusat perhatian dunia baik sebagai media pariwisata religi dan juga sebagai sarana ibadah.

Masjid Selimiye – Edirne, Turki

Masjid-Selimiye-Edirne-Turki

Bangunan ini dianggap sebagai karya terbaik dan mencapai penghargaan tertinggi dari arsitektur islam. Masjid Selimiye masuk kedaftar situs warisan dunia oleh UNESCO. Selain itu, gambar masjid ini juga terdapat pada pecahan uang kertas 10.000 lira Turki.

Jembatan Si-o-se Pol – Isfahan, Iran

Jembatan-Si-o-se-Pol-Isfahan-Iran

Bangunan ini dibangun sejak tahun 1599 dan terbuat dari batu dan batu bata. Jembatan yang berdiri dengan kokok dan terbentang di atas aliran Sungai Zayandeh. Panjang dari jembatan ini sekitar 297,76 meter dan memiliki lebar seluas 13,75 meter.

 

Masjid Suleiman – Istanbul, Turki

Masjid-Suleiman-Istanbul-Turki

Masjid Suleiman memiliki enam buah menara dan kubah yang bertingkat-tingkat. Disekeliling bangunan ini dihiasi dengan taman yang sangat indah. Jemaah yang sering beribadah di sini kebanyakan berasal dari seluruh dunia.

 

Masjid Rüstem Pasha – Istanbul, Turki

Masjid-Rüstem-Pasha-Istanbul-Turki

Meski tidak terlalu besar, Masjid ini tetap terlihat begitu kokoh dan megah. Di dalam bangunan yang berdiri di atas pilar-pilar dengan formasi segi delapan ini, terdapat pintu-pintu yang diukir dengan indahnya.

 

Benteng Agra – Agra, India 

Benteng-Agra-Agra-India

Agra merupakan benteng yang paling penting di India. Di dalamnya tersimpan berbagai kekayaan negara. Selain itu, benteng ini juga sering dikunjungi oleh para pelancong, duta negara asing dan orang-orang penting lainnya.

 

Masjid Al-Azhar – Kairo, Mesir

Masjid-Al-Azhar-Kairo-Mesir

Masjid yang memiliki lima menara ini kemudian berfungsi sebagai Universitas dan tepat pada tahun 1961 sudah memiliki banyak fakultas. Disana juga terdapat sebuah perpustakaan yang sangat besar. Al-Azhar diangggap sebagai pusat pemikiran Islam, politik dan ilmu-ilmu agama di Mesir dan dunia.

Facebook Comments