Monday, May 6, 2019

Contoh Surat Kuasa Tanah Terbaru

Surat kuasa tanah ialah surat yang mengungkapkan dimana si pemilik tanah memberikan kuasa untuk memasarkan tanah miliknya terhadap pihak lain. Kelemahan dari surat kuasa tanah yaitu tak adanya batas waktu tertentu terhadap orang yang ditunjuk dengan tujuan mengakhiri masa pemberian kuasa memasarkan tanah.

Surat Kuasa Tanah umumnya dipakai pada dikala terjadinya progres jual beli tanah. Cara Penjualan tanah via kuasa terjadi umumnya dikarenakan adanya suatu alasan yang membikin sang pemilik tanah tak dapat memasarkan tanahnya secara seketika terhadap si pembeli sehingga kemudian mewakilkannya terhadap orang lain. Semisal si pemilik tanah sedang berada di luar kota, sedang sibuk, dan lain sebagainya.

Contoh Surat Kuasa Tanah Terbaru


Sebagai keautentikan untuk penerima kuasa, karenanya dibutuhkan surat kuasa penjualan tanah yang akan menerangkan bahwa pemilik tanah sudah memberi kuasa atau wewenang untuk memasarkan tanah miliknya. Surat kuasa ini wajib dijadikan dalam bahasa baku dan tatanan penulisan yang layak dengan surat legal. Sebab sifatnya yang penting karenanya identitas yang ditulis di dalam surat hal yang demikian hendaknya benar dan terang. Kecuali itu. Surat kuasa tanah ini sebaiknya dijadikan diatas kertas segel. Bila surat kuasa tak dijadikan diatas kertas segel, karenanya posisi materai di letakkan dan ditandatangani (beberapa tandatangan menimpa diatas materai dan beberapa yang lain menimpa diatas kertas) di posisi si pemberi kuasa.

Dalam membikin surat kuasa yang bagus kita wajib memandang regulasi biasa dalam pembuatan surat kuasa. Hukum – regulasi biasa hal yang demikian diantaranya yaitu sebagai berikut.

  • Cantumkan judul pada komponen atas adalah “Surat Kuasa”, yang seperti ini didalam undang-undang dapat berupa Surat Kuasa Khusus maupun Surat Kuasa Pengganti.
  • Cantumkan pihak yang terlibat didalam pengalihan suatu kuasa. Agar pertama tulis profil dan biodata singkat dari pemberi kuasa lalu profil singkat dari penerima kuasa.
  • Penutup surat.
  • Cantumkan tanggal serta daerah dibuatnya surat kuasa.
  • Cantumkan pertanda tangan serta nama jelas dari pemberi kuasa dan penerima kuasa.
  • memperkuat originalitas dari surat surat kuasa, sebaiknya sertakan selembar materai senilai 6000 rupiah.

Contoh Surat Kuasa Tanah Orang Tua


SURAT KUASA
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama                                    : Deni Anwari Ahmad
Tempat/tanggal lahir        : Bandung, 7 April 1970
NIK                                        : 3782358933877
Pekerjaan                             : Wiraswasta
Alamat                                  :  Jalan Sungai Putih Raya No. 10 Bandung
Dengan ini memberi kuasa penuh kepada:
Nama                                    : Mario Ikhsan
Tempat/tanggal lahir        : Bandung, 5 Juli 1980
NIK                                        : 7521762575212
Pekerjaan                             : Pegawai Swasta
Alamat                                  : Jalan Sungai Putih Raya No. 10 Bandung

Untuk menjual atas sebidang tanah yanng luasnya 550 m2 (Lima Ratus Lima Puluh Meter Persegi) dengan nomor SHM. 134 seri 227, yang terletak di Jalan Raya Anggrek Melati Raya Km. 38,5 Kelurahan Asam Manis Kecamatan Merah Jambu Kabupaten Bandung. Tidak ada seorang pun yang berhak memasarkan tanah tersebut atau menjual selain Bapak Mario Ikhsan. Apabila tanah tersebut laku terjual, maka Bapak Mario Ikhsan akan diberikan presentse sebesar 3% (Tiga persen) dari harga penjualan tanah.
Segala hal yang ditimbulkan dari pelimpahan kuasa ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab saya.
Demikianlah surat kuasa ini saya buat dengan sebenar – benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 28 Agustus 2016
Pemberi Kuasa                                                                                                 Penerima Kuasa
Deni Anwari Ahmad                                                                                      Mario Ikhsan


Contoh Surat Kuasa Tanah Warisan


SURAT KUASA
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                    : Alexander Suwiryo
Nomor KTP        : 2889800001200
Alamat                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung
Selanjutnya sebagai “Pemberi Kuasa.”
Pemberi kuasa bersama ini memberikan kuasa kepada:
Nama                    : Maria Restiani
Nomor KTP         : 2887787292990
Alamat                 : Jalan Harimau Belang No. 13/ 40B Kota Bandung
Selanjutnya sebagai “Penerima Kuasa.”
-KHUSUS-

Untuk dan atas nama Pihak Pertama tersebut diatas, maka Pihak Kedua dapat melakukan penjualan tanah seluas 20 hektar di Jalan Raya Edelwis Km. 30,5 Kelurahan Asam Manis, Kecamatan Melodi Indah Kabupaten Bandung, atas nama Bapak Alexander Suwiryo.
Selanjutnya untuk maksud tersebut di atas, Penerima Kuasa berhak untuk menandatangani Akta Jual Beli Tanah, menerima uang pembayaran dan membuatkan tanda bukti pembayaran atau kwitansi, melakukan tidakan hukum dengan pihak ketiga lainnya berkaitan dengan harta warisan berupa tanah, serta melakukan tindakan lain yang dianggap perlu dan patut sehubungan dengan diberikannya kuasa ini.

Demikian surat kuasa ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 28 Agustus 2016
Yang menerima kuasa                                                                                  Yang memberi kuasa
Maria Restiani                                                                                                  Alexander Suwiryo

Surat Kuasa Tanah Terbaru Yang Benar


Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Imam Mujiono
No. Pen. : 0123-456-789
No. Telp. : 021-1234567
Agama : Islam
Alamat : Jl. Contoh Surat Resmi No. 99, Cibinong Bogor
Memberikan Kuasa kepada :
Nama : Tri Sulamun
Tempat, tangal lahir : Magelang, 23 mei 1963
NIK : 9876543210
No. Telp. : 0251-1234567 / HP. 0812345789
Agama : Islam
Alamat : Jl. Contoh Surat Kuasa No. 99, Cibinong Bogor
Diberi kuasa penuh untuk menjual atas sebidang tanah yang luasnya 200 m2 dengan nomor SHM. 134 seri 2453A Yang terletak di Jl. Contoh Surat Kuasa No. 99, Cibinong Bogor Tidak ada seorang pun yang berhak memasarkan tanah tersebut atau menjual selain Bapak Sulamun .Apabila tanah tersebut laku terjual, maka Bapak Sulamun akan diberikan presentase sebesar 3 % dari Harga Penawaran Tanah sebesar 200 / m2.
Demikianlah surat ini saya buat dgn sebenar-benarnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun dan dlm keadaan yang sehat jasmani serta rohaninya, dan apabila Pemberi Kuasa melanggar maka akan diberikan sanksi sesuai dgn hukum yang berlaku.
Cibinong, 29 September 2016
Yang Memberi Kuasa,                                    Yang Diberi Kuasa,

Materai 6000                                                    Materai 6000
(Imam Mujiono)                                               (Tri Sulamun)
Saksi,

Materai 6000
(Fredy Hutagalung)
Notaris



Demikian itu untuk Contoh Surat Kuasa Tanah Terbaru yg seandainya kami bisa berikan terhadap anda, amat gampang bukan untuk membikin surat kuasa tanah hal yang demikian. Bagi anda yg kiranya berharap memberikan hak kuasa tanah yg anda miliki terhadap orang lain, karenanya kini ini anda telah dapat membikin sendiri surat kuasa tanah hal yang demikian. 

Dan bila anda merasa masih berharap kembali mengamati sebagian model surat lainny yang mungkin kini ini belum anda kenal. Karenanya tak ada salahnya bila anda mencoba untuk mengamati model surat pencabutan kuasa, barang kali saja diantara anda-anda sekaligus ini masih ada yg belum mengenal bagaimana metode membikin surat pencabutan kuasa yg benar. Karenanya dari itu tak ada salahnya bila anda mencoba untuk mengamati kembali model surat kuasa lainnya yang telah pernah kami sajikan pada kans sebelumnya itu.

Advertiser