Notifikasi

Inilah Definisi Riset Operasi

Pendekatan ini menggabungkan dan menerapkan cara ilmiah yang betul-betul komplek dalam suatu pengolahan mangemen dengan menerapkan unsur-unsur produksi yang ada dan dipakai secara efisien dan tepat sasaran untuk menolong pengambilan keputusan dalam kebijakan perusahaan.

Definisi lain berdasarkan Operation Research Society Of America, Riset Operasi terkait dengan pengambilan keputusan secara ilmiah dan bagaimana membikin suatu contoh yang bagus dalam merancang dan mengerjakan cara yang via alokasi sumber energi yang terbatas. Inti dari sebagian inti sari di atas yaitu bagaimana progres pengambolan keputusan yang optimal dnegan menerapkan alat analisa yang ada dan adanya keterbatasan sumber energi.
  • Sejarah Perkembangan Riset Operasi

    Asal muasal dari riset operasi tidak terbatas dari adanya perang dunia II. Melalui perang adanya suatu kebutuhan, yaitu bagaimana mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbatas kepada berbagai setiap elemen operasi militer dalam kegiatan-kegiatannya secara efektif. Oleh karena itu, para pimpinan perang meminta saran kepada sejumlah ahli sains untuk menerapkan pendekatan ilmiah dalam menghadapi permasalahan dan bagaimana upaya pemecahannya secara strategis.
Pada tahun 1939, GA. Robert dan E.C. William mengembangkan pertama kali sistem komunikasi untuk angkatan udara Inggris. Pada tahun 1940, riset operasi digunakan oleh McClosky dan Trenfthen dari Inggris. Mereka mendapat tugas untuk menemukan suatu alat baru agar dapat mendeteksi kegiatan musuh. Mulai saat itu ditemukan suatu alat yang dapat melakukan pendeteksian, yaitu Radar. Langkah selanjutnya merekan melakukan penelitian-penilitian lebih lanjut pada bidang operasi militer.

Model-Model Dalam Riset Operasi

Model adalah suatu penyerderhanaan dari permasalahan yang kompleks menjadi lebih sederhana. Berikut beberapa klasifikasi model dalam riset operasi sebagai berikut:

1. Model Iconic (Psychical)

Model ini merupakan suatu model yang bentuk penyajiannya berupa fisik dari apa yang ada, misalkan buku, meja dan lain-lainnya. Model itu dapat diamati, diraba, dijelaskan, akan tetapi sulit untuk dimanipulasi.

2. Model Analog

Model ini memeliki kelebihan dari model sebelumnya, dalam model ini suatu kondisi dapat dianalogikan melalui ciri-ciri yang ada, misalkan pada jam dinding yang menunjukan jarum jam yang paling pendek menandakan waktu jam, yang lebih panjang menunjukan menit dan yang bergerak setiap detik menunjukan detik.

3. Model Matematik

Model ini menggunakan simbol-simbol matematika dalam penggunaannya. Terdapat dua model matematik, yaitu model deterministik (membahas untuk situasi yang pasti, misalnya 1+1=2) dan probablistik (membahas untuk situasi yang tidak pasti, misalnya pakah hari ini aku hujan?).

Tahap-Tahap Umum Dalam Riset Operasi

Terdapat lima tahap dalam riset operasi, anatar lain:

1. Merumuskan Masalah

Hal ini menggambarkan permasalahan yang sedang dihadapai perusahaan. Dalam perumusan masalah ditentukan variable keputusan (apa yang dapat dikendalikan perusahaan melalui sumber daya yang ada), tujuan (menentukan tujuan dari variabel keputusan yang ada, apakah akan memaksimalkan laba, meminummkan biaya dan lain-lainnya), dan kendala (pembatas-pembatas yang dihadapi perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut, misalnya mesin, tenaga kerja, bahan baku dan lain-lainnya).

2. Membentuk Model Matematis

Dari permasalahan yang ada dibuat dalam model matematis untuk membuat permasalahan lebih jelas dan dimengerti dalam mengetahui hubungan yang saling terkait.

3. Mencari Penyelesaian Masalah

Dari alat analisis yang ada pada riset operasi dipilih alat mana yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

4. Menguji Model

Menguji model merupakan proses pengecekan apakah model tersebut telah mencerminkan dari apa yang diwakili. Model ini digunakan sebagai dasar pengujian validasi dengan membandingkan hasil masa lampau dengan hasil masa kini dan harus memberikan hasil yang sama.

5. Melaksanakan Keputusan

Langkah ini merupakan langkah menjalankan keputusan sesuai dengan apa yang telah dibuat pembuat keputusan. Langkah ini sangat penting karena pelaksanaan keputusan memberikan bahwa permasalahan dapat diselesaikan dengan baik dan juga memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Tahap Dalam Riset Operasi


Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.