Inilah Makna Sumpah Pemuda yang Wajib Kamu Ketahui

Sumpah pemuda tentunya sudah tidak asing lagi bagi kau sebagai warga negara Indonesia, terutama bagi kau yang masih berstatus sebagai pelajar. Sumpah pemuda ini dirumuskan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 oleh para pemuda dan pemudi bangsa Indonesia saat dilaksanakannya Kongres Pemuda Indonesia II yang saat itu dilaksanakan di Batavia. Lalu apa makna sumpah pemuda bagi kau gaes?
Sumpah pemuda ini mempunyai makna yang sangat mendalam karena berisikan cita-cita para pemuda dan pemudi ketika itu untuk dapat menyatukan seluruh rakyat dalam satu bangsa yaitu Indonesia.
Dengan Sumpah pemuda ini, para pemuda dan pemudi diajak untuk bisa menjaga tanah air dari segala ancaman dan bahaya apapun.
Makna sumpah pemuda untuk para pelajar antara lain:

1. Menegasakan untuk Menghargai Perjuangan Indonesia

Dengan adanya sumpah pemuda sebagai titik awal perjuangan Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dan terlepas dari para penjajah, maka apa yang dilakukan oleh para pemuda dan pemudi ini tidaklah main-main.
Mereka rela berkorban waktu, pikiran, tenaga, dan juga pengorbanan materiil dan moral demi mewujudkan Indonesia bersatu.
Sumpah pemuda ini sebagai semangat juang kita.
Perjuangan ini tentunya menjadi suatu nilai yang yang dapat digantikan oleh apapun.
Walaupun para pemuda dan pemudi ini harus mati dalam medan perang, namun mereka layak untuk disebut sebagai pahlawan karena telah berani berjuang membela Indonesia sehingga mendapatkan kemerdekaan.
Beberapa contoh makna lainnya adalah.
  1. Pelajar diharapkan dapat menghargai perjuangan para pemuda dan pemudi yang telah gugur sebagai pahlawan ketika mengawali perang perjuangan untuk kemerdekaan Indonesia.
  2. Sebagai pelajar yang saat ini duduk di bangku sekolah untuk menimba ilmu, diharapkan dapat menunjukkan rasa menghargai atas jasa para pahlawan yang telah berjuang segenap jiwa raga baik perbuatan maupun perkataan.
  3. Segala bentuk perkataan dan perbuatan yang menunjukkan sikap menghargai jasa para pahlawan ini, setidaknya dapat dijadikan contoh untuk adik-adik kelas dan bukan malah dijadikan bahan ejekan pada orang lain. Ejekan atau cemoohan yang dikeluarkan bukanlah sikap yang baik untuk menunjukkan rasa menghargai para pahlawan.
  4. Menghargai para pahlawan bukan hanya dapat kamu berikan secara materiil, namun juga bisa kamu berikan dengan dukungan secara moral.
  5. Jika kamu membaca berita beberapa waktu yang lalu, kamu pasti miris dengan kelakuan beberapa pelajar yang tidak bisa menghargai jasa pahlawan yang telah bertaruh nyawa dan bersusah payah untuk memperjuangkan Indonesia.
  6. Memberikan Semangat untuk Terus Berjuang
Makna sumpah pemuda yang di cetuskan oleh para pemuda dan pemudi saat itu telah memberikan semangat bagi generasi sekarang khususnya para pelajar.
Pada era sekarang, semua fasilitas yang kamu perlukan untuk kebutuhan harian kamu bisa dengan mudah kamu dapatkan.
Di bawah ini ada beberapa contoh betapa perjuangan mereka membutuhkan semangat tinggi untuk mendapatkannya.
  1. Kondisi ketika para pemuda dan pemudi di era sumpah pemuda saat itu tepatnya pada tahun 1928, kehidupan mereka tidak makmur seperti kondisi yang kamu rasakan saat ini.
  2. Para pemuda dan pemudi ini harus bersusah payah untuk bekerja dan bersekolah demi memenuhi kebutuhannya. Mereka mempunyai daya juang yang tinggi agar bisa memperoleh apa yang mereka inginkan.
  3. Jika kamu membandingkan dengan mental pelajar saat ini, apakah kamu juga merasakan berbanding terbalik. Dampak dari modernisasi dan globalisasi pada semua aspek membuat para pelajar menjadi kurang bersemangat untuk memperjuangkan sesuatu.
  4. Rasa ingin menyerah dan mengambil jalan pintas masih banyak dijumpai pada beberapa kalangan pelajar saat ini.
  5. Memberikan Makna Mencintai Indonesia Sepenuh Hati
Kemerdekaan Indonesia ini didapat bukan karena belas kasihan atau pemberian dari pihak lain, namun benar-benar murni dari hasil perjuangan rakyat Indonesia kala itu.
Banyak sekali pemuda dan pemudi yang gugur selama perang perjuangan.
Makna sumpah pemuda ini menunjukkan betapa besarnya rasa cinta pada Indonesia yang mereka tunjukkan bahkan rela bertaruh nyawa.
Mencintai bangsa Indonesia berarti mencintai segala bentuk keragaman yang ada dan terus hidup berdampingan dengan orang lain yang mempunyai perbedaan.
Semua perbedaan yang ada jangan sampai menjadikan konflik khususnya untuk para pelajar.

2. Pengakuan diri untuk selalu mencintai Indonesia

  1. Sebagai pelajar yang sedang menimba ilmu di Indonesia, sudah menjadi keharusan untuk diajarkan tentang kiat-kiat mencintai Indonesia. Kecintaan ini tidak hanya cukup diungkapkan dengan kalimat “I Love Indonesia” atau kalimat-kalimat lainnya.
  2. Bentuk kecintaan kita terhadap Indonesia yang paling mungkin bisa kamu lakukan sebagai pelajar adalah dengan belajar yang baik agar dapat membawa nama Indonesia dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.
  3. Belajar adalah salah satu cara yang dapat kamu tunjukkan sebagai rasa cinta kepada tanah air Indonesia. Kamu dapat meningkatkan ilmu yang kamu dapatkan dan menerapkan ilmu tersebut untuk kemajuan bangsa Indonesia.
  4. Memberikan Penegasan untuk Bangga Menjadi Bagian dari Bangsa Indonesia
Ketika para pemuda dan pemudi dulu dengan bangganya mengikrarkan Sumpah Pemuda, kamu sebagai pelajar masa kini juga harus bangga melanjutkan perjuangan mereka.
Salah satu contohnya adalah dengan bangga atas prestasi dari teman kamu dan menjadikannya motivasi agar kamu dapat melakukan hal positif.
Makna sumpah pemuda agar kita bangga sebagai bangsa Indonesia adalah.
  1. Negara Indonesia ini memiliki keragaman bahasa yang begitu banyak.
  2. Negara Indonesia adalah negara kepulauan yang artinya memiliki ribuan pulau dalam satu wilayah negara.
  3. Negara Indonesia mempunyai beragam kebudayaan dari berbagai suku.
  4. Masyarakat Indonesia ini terkenal sebagai masyarakat yang ramah, bahkan terkenal di mata dunia.
  5. Indonesia mempunyai banyak prestasi di tingkat Internasional dari berbagai cabang perlombaan.
  6. Sumpah Pemuda Memberikan Penegasan Mencintai dan Bangga Berbahasa Indonesia
Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa resmi negara Indonesia dan telah tercantum dalam UUD 1945 pasal 36.
Namun beberapa waktu belakangan ini, bahasa Indonesia telah tergeser dengan beberapa bahasa tidak resmi lainnya atau yang sering disebut kekinian.
Bahasa gaul yang menjadi bahasa harian para pelajar telah mengalahkan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.
Padahal, bahasa Indonesia ini adalah bahasa yang unik dan memiliki struktur khusus yang menjadi pembeda dengan bahasa lainnya.
Bahkan tidak sedikit warga asing yang ingin belajar bahasa Indonesia.
Sebagai pelajar, kamu harusnya bangga dengan bahasa Indonesia.

3. Berkaitan dengan cara kehidupan berbahasa Indonesia sehari-hari

  1. Munculnya globalisasi yang ikut memengaruhi cara berbahasa di kalangan pelajar dan kadang menimbulkan konflik di dunia pendidikan.
  2. Hingga saat ini, masih banyak ditemui nilai mata pelajaran bahasa Indonesia yang justru lebih rendah dibandingkan dengan nilai pelajaran bahasa asing lainnya.
  3. Bagi beberapa pelajar, struktur dalam bahasa Indonesia ini sulit dipahami. Dengan lunturnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga terpengaruh dari kebiasaan pelajar itu sendiri dalam kehidupan hariannya.
  4. Terkadang para pelajar mencampurkan antara bahasa gaul dan bahasa Indonesia, sehingga keberadaan bahasa Indonesia menjadi luntur.
  5. Mengajak Menjaga Keutuhan NKRI
Dalam negara Indonesia ini, kita menganut paham demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air selama ini.
Demokrasi ini berlandaskan asas-asas pokok demokrasi sehingga pelaksanaan demokrasi dapat berjalan dengan baik demi keutuhan bangsa.

4. Mengajak untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia dengan inisiatif

  1. Pelajar adalah tonggak negara Indonesia untuk bisa menjaga keutuhan NKRI. Hal ini disebabkan karena dalam proses pendidikan, pelajar akan diberikan pelajaran tentang penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan berbangsa bertanah air Indonesia.
  2. Makna dari perjuangan dalam menjaga keutuhan negara Indonesia dalam ikrar sumpah pemuda masih terasa hingga saat ini.
  3. Sebagai kaum pelajar, sudah menjadi kewajiban untuk kamu menjaga keutuhan NKRI dari berbagai macam gangguan dan bahaya yang bisa mengancam timbulnya perpecahan.
  4. Pelajar diharapkan dapat selalu menjaga keutuhan NKRI baik melalui perkataan dan perbuatan sehari-hari. Ciptakan kedamaian bukan malah menciptakan perpecahan.

Peristiwa Sumpah Pemuda yang di ikrarkan oleh para pemuda dan pemudi Indonesia saat itu membawa pesan dan makna.
Sumpah pemuda yang mendalam terutama bagi para pelajar sebagai generasi muda bangsa Indonesia yang akan meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan sebelumnya yang mungkin telah gugur di medan perang.
Semangat sumpah pemuda ini akan selalu bergema di setiap jiwa para pelajar Indonesia.

Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment