Inilah Pengertian Analisis Sistem, Tahapan Analisis Sistem, Tujuan Analisis Sistem dan Fungsi Analisis Sistem

Analisis Sistem adalah penjelasan dari suatu sistem yang komplit ke bermacam-macam format elemennya dengan tujuan agar bisa mengenali dan mengukur bermacam-macam situasi sulit atau gangguan yang timbul pada sistem sehingga mendatangnya nisa dilaksanakan pencegahan, pemulihan dan peningkatan.


Pengertian Analisis Sistem Menurut Para Ahli
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian analisis sistem menurut para ahli, antara lain:

1. Menurut Mc Leod
Analisis Sistem adalah suatu studi dari sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem yang baru atau memperbaiki kekurangan dari sistem yang telah ada.

2. Menurut Pressman
Analisis Sistem adalah kegiatan menemukan atau mengidentifikasikan masalah, mengevaluasi, membuat model serta membuat spesifikasi sistem.

3. Menurut Yourdan
Analisis Sistem adalah suatu kegiatan mentransformasikan dua masukan utama, yaitu kebijaksanaan pemakai dan anggaran proyek kedalam spesifikasi yang terstruktur. Kegiatan tersebut melibatkan alat dan model diagram aliran data, diagram antar entitas dan komunikasi data.

Tahapan Analisis Sistem
Dibawah ini terdapat beberapa tahapan analisis sistem, antara lain:

1. Mengidentifikasi Masalah
Identifikasi masalah merupakan langkah awal dari analisis sistem. Dalam tahap ini didefinisikan masalah yang harus dipecahkan dengan munculnya pertanyaan yang ingin dipecahkan.

2. Memahami Kerja Sistem yang Ada
Langkah ini dilakukan dengan mempelajari secara rinci bagaimana sistem yang sudah ada berjalan. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan melakukan penelitian terhadap sitem.

3. Menganalisis Sistem
Berdasarkan data yang sudah diperoleh maka dilakukan analisa hasil penelitian yang sudah dilakukan untuk mendapatkan pemecahan masalah yang akan dipecahkan.

4. Membuat Laporan
Laporan perlu dibuat sebagai dokumentasi dari penelitian. Tujuan utamanya adalah sebagai bukti secara tertulis tentang hasil analisa yang sudah dilakukan.

Tugas Seorang Analis Sistem Informasi
Dibawah ini terdapat beberapa tugas seorang analis sistem informasi, antara lain:

1. Mengidentifikasi Penyebab Masalah

Analis sistem harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang aplikasi yang sedang dianalisisnya. Untuk aplikasi bisnis, analis sistem perlu mempunyai pengetahuan tentang sistem bisnis yang diterapkan di organisasi, sehingga dapat mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah ini. Tugas mengidentifikasi penyebab masalah dimulai dengan mengkaji ulang terlebih dahulu subyek permasalahan yang telah diutarakan oleh manajemen atau yang telah ditemukan oleh analis sistem ditahap perencanaan sistem.

2. Mengidentifikasi Titik Keputusan

Setelah penyebab terjadinya masalah dapat diidentifikasi, selanjutnya juga harus mengidentifikasikan titik keputusan penyebab masalah tersebut. Titik keputusan menunjukkan suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi. Analis sistem bila telah dapat mengidentifikasi terlebih dahulu titik-titikkeputusan penyebab masalah, maka dapat memulai penelitiannya dititik-titik keputusan tersebut. Sebagai dasar identifikasi titik-titik keputusan ini, dapat digunakan dokumen paperwork flow atau form flowchart bila dokumentasi ini dimiliki oleh perusahaan.

3. Mengidentifikasi Personil-personil Kunci

Setelah titik-titik keputusan penyebab masalah dapat diidentifikasi beserta lokasi terjadinya, maka selanjutnya yang perlu diidentifikasi adalah personil-personil kunci baik yang langsung maupun yang tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya masalah tersebut. Identifikasi personil-personil kunci ini dapat dilakukan dengan mengacu pada bagan alir dokumen perusahaan serta dokumen deskripsi kerja (job description).

Tujuan Analisis Sistem
Dibawah ini terdapat beberapa tujuan dari sistem analisis, antara lain:

Menyusun hasil apabila sistem saat ini problem ataupun tidak berfungsi dengan baik dan keputusan penguraiannya dipakai sebagai dasar untuk memulihkan sistem
Memahami medan pekerjaan yang akan diparafkan
Mengenai problem dan mencari penyelesaiannya
Mengartikan sistem yang sedang berproses saat ini

Fungsi Sistem Analisis
Dibawah ini terdapat beberapa fungsi dari sistem analisis, antara lain:

Bisa mengenali beragam persoalan dari penggunanya
Bisa memastikan secara benar mengenai tujuan yang perlu diperoleh supaya bisa melengkapi keperluan penggunanya
Bisa mempunyai cara pilihan dalam menyelesaikan persoalan pada sistem
Bisa menyusun ataupun mengonsep penjadwalan sistem yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh penggunanya
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment