Inilah Pengertian Gaya

A. Arti Gaya

Pernahkah kamu mengamati mobil mogok dijalan raya? Apa yang dilaksanakan oleh pemilik mobil hal yang demikian supaya mobil mogok itu bisa menepi? Ya bener, pasti akan mendorongnya bukan? Menunjang mobil yaitu salah satu sistem menggerakkan benda.

Sistem menggerakkan benda pelbagai-variasi. Ada yang ditunjang, dilempar, ditarik, ditendang, diputar dan sebagainya. Tukang Bakso menunjang gerobak baksonya berkeliling. Pemain bola untuk mengoper bola kepada temennya. Tukang pisau memutar engkol untuk memutar gerinda. Anak melempar bola, lalu bola ditangkap temennya.

B. Beberapa Jenis Gaya

Selain itu, ada berbagai gaya yang disebabkan oleh hal-hal lain, misalkan gaya gesek, gaya mesin, gaya pegas, gaya magnet, gaya listrik, dan gaya gravitasi bumi. Gaya gravitasi mengakibatkan benda jatuh dari tempat lebih tinggi ke tempat lebih yang rendah. Jadi, akibat gaya gravitasi, benda selalu jatuh ke bawah. Gaya gravitasilah yang menyebabkan kelapa dan dedaunan jatuh dari pohon ke tanah. Gaya gravitasi juga membuat kamu turun ke bawah, walaupun kamu telah melompat ke atas sekuat-kuatnya. Kamu akan belajar gaya gravitasi pada sekolah kamu.

C. Pengaruh Gaya Terhadap Bentuk dan Gerak Benda

Apakah dirumah kamu ada benda-benda keramik seperti guci, cangkr, mangkuk atau benda keramik lainnya? Tahukah kamu, dari bahan aoa dan bagaimanakah benda-benda itu dibuat? Bahan dasar untuk membuat keramik adalah tanah liat yang maish basah bersifat lunak. Kemudian , tanah itu di bentuk sesuai dengan pada gambar dibawah ini.
Dengan gaya itulah, kita dapat membentuk tanah liat menjadi cangkir, kendi dan sebagainya.
Gaya dapat mengubah gerak benda, seperti menghentikan benda yang sedang bergerak. Misalnya, dalam permainan sepakbola, seorang penjaga gawang menangkap bola yang di tendang oleh lawan. Ketika bola ditangkap, bola bergerak melayang menjutu gawang. Sebelum bola masuk gawang, penjaga gawang menangkapnya. Tangkapan penjaga gawang tersbeut menyebabkan bola yang bergerak menjadi terhenti.
Selain itu, gaya juga dapat mengubah arah gerak benda. Misalnya, bola ditendang hingga bola melambung. Kemudian bola yang sedang melambung tersebut disundul oleh dengan kepala salah seorang temannya. Arah gerak bola pun akan berubah.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment