Notifikasi

Inilah Pengertian Metode Grafik Terlengkap

Konsep Dasar Linier Programming
Berdasarkan Frederick S. Hiller dan gerald J. Liebermen, Linier Programming merupakan suatu teladan matematis untuk membuktikan persoalan yang dihadapai. Linier berarti bahwa seluruh fungsi matematis dalam teladan ini patut merupakan fungsi-fungsi linier. Programming merupakan persamaan kata untuk kata perencanaan.

Dengan demikan membikin agenda kegiatan-kegiatan untuk mendapat hasil yang optimal, merupakan suatu hasil untuk menempuh tujuan yang diatur dengan cara yang paling baik di anatar smua pilihan yang mungkin.
Dalam linier programming dikenal dua macam fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi Tujuan

Menggambarkan apa yang ingin di capai perusahaan dengan menggunakan sumber daya yang ada, fungsi tujuan digambarkan dalam bentuk maksimal (misalnya untuk laba, penerimaan, produksi dan lain-lainnya atau minimasi (misalnya untuk biaya) yang biasanya dinyatakan dalam notasi Z.

2. Fungsi Kendala

Menggambarkan kendala-kendala yang dihadapi yang dihadapi perusahaan dalam kaitannya dnegan pencapaian tujuan tersebut, misalnya mesin, tenaga kerja, dan lain-lainnya. Untuk linier programming kendala yang dihadapi berjumlah lebih dari satu kendala.
Bentuk umum tabel linier programming:
Sumber Daya
Keigatan
Kapasitas
1
2
…..
N
1
a11
a12
…..
a1n b1
2
a21
a22
…..
a2n b2
…..
…..
…..
…..
…..
…..
m
am1
am2
….. amn bm
Z/unit
C11
C2
….. Cn
Tingkat Kegiatan
X11
X2
….. Xn

Model Matematis

Secara umum model matematis untuk kondisi maksimal dan minimasi terdapat perbedaan pada kendala. Untuk kasus maksimaasi umumnya kendala berbentuk pertidaksamaan ≤, sedangkan kasus minimasi berbentuk pertidaksamaan ≥.

a. Kasus Maksimasi

Maksimumkan : Z=C1X1+C2X2+…..+CnXn
Kendala/Pembatas : 1. a11X1+a22X2+…..a1nXn≤b1
2. a21X1+a22X2+…..a2nXn≤b2
:
m. am1X1+am2X2+….+amnXn≤bm
X1′X2′Xn’≥0

b. Kasus Minimasi

Minimumkan : Z=C1X1+C2X2+…..+CnXn
Kendala/Pembatas : 1. a11X1+a22X2+…..a1nXn≥b1
2. a21X1+a22X2+…..a2nXn≥b2
:
m. am1X1+am2X2+….+amnXn≥bm
X1′X2′Xn’≥0

Langkah-Langkah pengerjaan Metode Grafik

  1. Terdapat tujuh langkah dalam pemecahan masalah grafik, yaitu:
  2. Identifikasi tujan dan kendala
  3. Formulasikan dalam model matematis
  4. Membuat grafik kendala dalam satu gambar
  5. Menentukan daerah layak dan titik koordinatnya
  6. Memilih variabel keputusan
  7. Pergeseran garis tujuan
  8. Metode trial eror
Pendidikan
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar
komentar teratas
Terbaru dulu
Daftar Isi
Tautan berhasil disalin.